6 Cara Mengelola Website Bisnis agar Lebih Optimal

/ / Dibaca : 139 views

Ketika bisnis Anda memutuskan untuk memiliki website, pastikan Anda tahu cara mengelola website bisnis yang benar. Jangan sampai Anda membiarkannya begitu saja ketika website sudah dibuat.

Kadang masalah yang sering terjadi bagi para pemilik bisnis adalah membuat website melalui jasa pembuatan website, kemudian setelah jadi ya dibiarkan begitu saja. Mereka (pemilik bisnis) beranggapan kalau sudah memiliki website urusan selesai.

Padahal ketika Anda memutuskan untuk memiliki website, di situlah awal untuk melakukan optimasi dan pengelolaan pemasaran internet melalui website dengan cara yang tepat.

Sayangnya tidak semua pemilik bisnis paham atau tahu cara mengelola websitenya.

Dampak Buruk Jika Website Tidak Dikelola Secara Rutin

Bayangkan saja ketika Anda membuka ruko atau tempat usaha, kemudian setelah jadi Anda biarkan begitu saja. Kira-kira apa yang akan terjadi?

Yang pasti ruko pasti akan sepi, tidak ada yang tahu jualan Anda, lama-lama ada bagian yang rusak atau butuh perbaikan, dan lain-lain.

Website pun juga demikian. Jika memiliki website tetapi jarang bahkan tidak pernah dikelola bahkan dibuka, maka website pun hanya sebatas nama saja.

Beberapa masalah yang timbul misalnya, website jadi lemot, website sepi pengunjung, tidak ada transaksi dari website, tidak mudah ditemukan di mesin pencari Google, dan lain sebagainya. Kami sudah pernah mempublikasikan artikel tentang dampak buruknya ini, silakan Anda baca.

Baca juga : Akibat Website Tidak Pernah Dikelola

Cara Mengelola Website

Cara Mengelola Website Bisnis itu Beda

Mengurus website bisnis itu berbeda dengan website pribadi. Website bisnis atau website profil perusahaan itu butuh threatment khusus agar bisa mendatangkan banyak pengunjung. Karena website profil perusahaan biasanya secara default hanya berisi konten statis saja, seperti halaman profil perusahaan, produk atau layanan, kontak, portofolio dan lainnya.

Sehingga untuk pengelolaannya juga butuh cara tersendiri agar bisa lebih optimal.

Lalu apa saja yang perlu dilakukan?

1. Pastikan Website Sudah Menggunakan Structured Data yang Tepat

Template website harus memiliki Structured Data yang tepat agar bisa bagus di hasil pencarian Google. Structured Data adalah kode snippet yang ada di template yang dapat membantu mesin pencari memahami konten website Anda.

Kadang pembuat website sudah mengatur soal structured data ini. Tetapi banyak juga yang tidak mengaturnya.

Implementasi Structured Data ini adalah bagian dari SEO On Page. Jadi sangat penting sekali.

2. Memperbarui Konten Secara Rutin

Salah satu cara agar konten website profil perusahaan terus up to date adalah dengan membuat kanal Blog yang berisi artikel-artikel pendukung.

Konten yang diperbarui ini bisa meliputi konten artikel, halaman, foto/gambar, produk, portofolio, dan lainnya.

Dengan memperbarui konten secara rutin, akan membuat website juga sering dibaca oleh Google. Dan ini akan membuat hasil pencarian di Google menjadi semakin banyak.

3. Buat Konten Artikel yang Related

Tetapi jangan asal mempublikasikan artikel secara random. Artikel yang diterbitkan harus sesuai dengan bidang bisnis Anda. Misalnya saja Anda memiliki website tentang layanan jasa arsitek bangunan, berarti Anda perlu mempublikasikan artikel-artikel yang berhubungan dengan rumah, desain interior, bangunan, dan sejenisnya.

Pastikan juga artikel yang diterbitkan memuat kata kunci baru. Agar semakin banyak kata kunci yang masuk ke website tersebut. Pada akhirnya kalau banyak kata kunci yang disasar, membuat trafik pengunjung semakin banyak.

4. Beriklan di Google

Karena ini website bisnis, maka Anda juga perlu beriklan di Google Ads. Selain mengoptimalkan dari sisi SEO (Search Engine Optimization), Anda juga perlu untuk beriklan di Google Ads.

Kombinasi SEO dan SEM (Search Engine Marketing) akan membuat website lebih optimal. Dengan beriklan, Anda akan mudah dan cepat menyasar kata kunci yang diinginkan. Sehingga akan lebih cepat mendatangkan pengunjung.

Beriklan di Google Ads tidak perlu dilakukan setiap hari, cukup beberapa hari dalam sebulan saja. Atau ketika Anda memiliki campaign atau promosi tertentu.

5. Hubungkan dengan Google Search Console dan Analytics

Website Anda harus dihubungkan ke Google Search Console dan Google Analytics. Ini merupakan layanan dari Google yang bisa memberikan analisa performa website Anda.

Google Search Console merupakan layanan untuk melihat performa website dari sisi pencarian. Selain itu menghubungkan ke Google Search Console juga akan membuat website lebih cepat terindex oleh Google.

Sedangkan Google Analytics merupakan layanan untuk melihat statistik kunjungan website. Di sini Anda bisa mengatur Goals dan tracking performa website dari aktivitas yang dilakukan pengunjung.

6. Optimasi Server atau Hosting

Yang jarang dilakukan oleh pemilik website bisnis adalah mengoptimasi server atau hosting. Server atau hosting tidak sekadar tempat untuk menaruh file website saja, tetapi juga mempengaruhi performa website secara umum.

Ketika server atau hosting website performanya kurang baik, maka akan berdampak pada loading website yang lambat. Dan dampaknya bisa ke penurunan performa SEO. Karena salah satu indikator SEO itu adalah kecepatan website.

Jadi masalah performa kecepatan website itu harus sangat diperhatikan.

Anda harus tahu cara mengaktifkan cache website, penggunaan CDN, kompresi gambar dan file, dll. Hal ini berlaku jika Anda menggunakan layanan hosting gratis.

Tidak Paham Cara Mengelola Website?

Sayangnya untuk mengelola website agar lebih optimal itu butuh waktu dan keahlian. Dari 6 cara di atas, masih ada detail pekerjaan yang lebih rumit lagi.

Kalau Anda sebagai pemilik bisnis harus mengurusi itu semua, rasanya tidak mungkin. Bisa-bisa bisnis malah tidak terurus karena Anda terlalu sibuk mengurusi urusan website.

Untuk itu Anda butuh solusi.

Solusi yang paling mudah adalah dengan bekerja sama dengan Jasa Kelola Website.

Jasa Kelola Website

Salah satu penyedia jasa admin website profesional dan amanah adalah Urusweb.com. Anda bisa menggunakan layanan Urusweb.com untuk membantu mengelola website Anda secara penuh. Sehingga Anda tidak perlu pusing lagi mengurusi masalah website.

Dengan pengalaman sejak 2008, Urusweb akan membantu Anda mengoptimalkan website dari A sampai Z. Anda tidak perlu khawatir masalah biaya, karena biayanya bisa dibayar bulanan dengan harga yang lebih murah dari gaji pegawai.

Jadi daripada merekrut pegawai baru untuk mengurusi website Anda, lebih baik minta kelola Urusweb.com saja.

Anda juga bisa meminta bantuan Urusweb untuk menangani masalah website Anda. Bisa dengan sistem harian.

Menurut kami, ini adalah solusi cara mengelola website terbaik di era sekarang ini. Kolaborasi dengan ahlinya tanpa harus repot mengurusinya sendiri.

Jika Anda tertarik, Anda bisa konsultasi dulu dengan Urusweb.com. Konsultasi Gratis via WhatsaApp Chat di https://wa.me/628563820901 atau bisa akses websitenya di https://urusweb.com.


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.