5 Web Hosting Gratis Tanpa Iklan, Ada cPanel!

/ / Dibaca : 57 views

Meskipun saat ini harga web hosting sudah sangat terjangkau, tetapi layanan web hosting gratis tetap ada yang membutuhkan. Biasanya web hosting gratis ini dibutuhkan bagi mereka yang baru belajar membuat website, untuk kebutuhan hosting website personal, atau sekadar untuk testing.

Karena kalau hosting gratis digunakan untuk kebutuhan bisnis rasanya tidak memungkinkan. Lagipula kami tidak merekomendasikan web hosting gratis digunakan untuk bisnis dalam jangka panjang. Faktor utamanya adalah karena keterbatasan yang membuat web bisnis Anda nanti tidak bisa berkembang.

Ya, hosting gratis memang punya keterbatasan dalam beberapa hal. Namanya juga gratis, jadi sudah pasti ada fitur yang dibatasi atau tidak disediakan layaknya ketika menggunakan web hosting berbayar.

Web Hosting Gratis

Beberapa Batasan Penggunaan Hosting Gratis

Sampai saat ini kami belum pernah menemui layanan web hosting gratis yang memberikan fitur tanpa batas. Menurut kami ini bukan sebuah kekurangan, justru hal wajar karena mereka (penyedia hosting) memang tidak memberikan biaya sama sekali kepada pengguna.

Berikut ini beberapa batasan fitur yang biasa diberlakukan untuk layanan web hosting gratis.

Kapasitas Penyimpanan

Untuk layanan hosting gratis biasanya kapasitas penyimpanan dibatasi tidak lebih dari 1GB. Meskipun kapasitasnya kecil, tetapi ini sesuai dengan kebutuhan.

Bandwidth

Bandwidth juga salah satu fitur yang mendapatkan pembatasan. Beberapa layanan ada yang memberikan bandwidth hingga 100GB per bulan, tetapi ada juga yang hanya 500MB per bulan.

Alokasi Sumber Daya

Untuk alokasi resource seperti Prosesor, RAM dan jumlah Inodes biasanya juga akan dibatasi. Tujuannya agar pengguna tidak terlalu menggunakan beban yang terlalu berat. Ya namanya juga gratis, kalau sampai memberatkan tentu juga bakal merugikan layanan hosting tersebut.

Layanan Support

Jangan berharap lebih kalau pakai web hosting gratis mendapatkan layanan support dari penyedianya. Jadi kalau ada masalah pada hosting siap-siap untuk ditangani sendiri.

Iklan pada Website

Sebenarnya ini bukan pembatasan, tetapi termasuk salah satu cara untuk pihak penyedia hosting mendapatkan penghasilan dari layanan gratis yang diberikan.

Jadi ketika Anda nanti menggunakan layanan hosting gratisnya, maka website Anda akan muncul iklan. Iklan ini tidak bisa dihapus, kecuali jika Anda sudah upgrade ke paket berbayar. Iklan di website ini tidak selalu ada di semua layanan web hosting gratis. Sebaiknya sebelum memilih, lihat dulu apa saja yang didapatkan nantinya.

Rekomendasi Web Hosting Gratis

Biasanya layanan web hosting gratis ini diberikan oleh layanan penyedia hosting sebagai bentuk promo. Ketika nanti ada users yang menggunakan layanan gratis ini, dan overall mereka puas, maka users akan melakukan upgrade ke paket berbayar.

Berikut beberapa rekomendasi web hosting gratis yang bisa Anda coba.

1. Hostinger

https://www.hostinger.com/free-hosting

Hostinger Hosting Gratis
Website1
SSD Storage300 MB
Email AccountTidak ada
Free SSLTidak ada
Bandwidth3GB
Database1
BackupTidak ada
GIT, SSHTidak ada
Support 24/7/365Tidak ada
FTP1
PanelCustom Control Panel
AdsTidak ada

Hostinger merupakan salah satu layanan web hosting yang sudah cukup favorit bagi blogger pemula. Mereka populer dengan layanan web hostingnya yang murah.

Jangan ketika nanti Anda order layanan hosting gratisnya kemudian diarahkan ke website 000webhost.com. Karena saat ini 000webhost.com memang sudah dikelola oleh Hostinger.

Sebagai informasi saja, dulu sebelum ada Hostinger, 000webhost.com ini adalah layanan web hosting gratis terbaik pada masanya. Karena belum banyak pesaingnya. Tetapi saat ini 000webhost.com sudah dikelola oleh Hostinger. Jadi kalau Anda order layanan hosting gratis di 000webhost.com sama saja dengan order layanan di Hostinger.

2. InfinityFree

https://www.infinityfree.net

Web Hosting Gratis Infinity Free
WebsiteUnlimited
Storage5 GB
Email AccountTidak ada
Free SSLYa
BandwidthUnlimited
FTP1
PanelCustom Control Panel
AdsTidak ada

InfinityFree merupakan salah satu layanan free web hosting terbaik karena memberikan fitur yang tidak terlalu terbatas. Mereka berani memberikan kapasitas penyimpanan sebesar 5GB, ini sudah cukup besar. Apalagi bisa digunakan untuk hosted domain bisa unlimited. Selain juga tidak ada batasan pada bandwidth.

Uniknya, InfinityFree ini memiliki control panel yang mirip dengan cPanel. Sehingga pengguna akan lebih mudah menggunakannya, apalagi yang sudah familiar dengan cPanel.

Salah satu keunggulannya lagi adalah adanya free sub domain. Ya meskipun nantinya pakainya sub domain, tetapi ini sangat menarik jika hanya untuk kebutuhan testing saja.

3. Freehostia

https://www.freehostia.com

Freehostia
Website5 Hosted Domain
Storage250 MB
Email Account3
Free SSLYa
Bandwidth6GB
FTP1
PanelCustom Control Panel
AdsTidak ada

Freehostia juga salah satu layanan free hosting yang sudah lama ada. Bahkan dulu layanan ini sempat bersaing dengan 000webhost. Hingga saat ini Freehostia masih memberikan layanan hosting gratis dengan beberapa fitur yang sudah cukup.

Bahkan menurut kami fitur yang diberikan sangat lengkap seperti yang ada di cPanel, meskipun untuk control panel menggunakan kustom dari Freehostia. Kekurangannya hanya pada kapasitas penyimpanan yang hanya 250MB saja.

Saat ini Freehostia sudah menjadi bagian dari layanan LiquidNet Ltd.

4. AwardSpace

https://www.awardspace.com/free-hosting

AwardSpace Web Hosting
Website1 Hosted Domain, 3 Subdomains
Storage1 GB
Email Account1
Free SSLNo
Bandwidth5 GB
FTP1
PanelCustom Control Panel
AdsTidak ada

Kalau Anda lagi mencari web hosting gratis yang memberikan fitur lengkap, AwardSpace bisa dicoba. Layanan ini memiliki dukungan Customer Support meskipun terbatas.

Anda juga bisa menggunakan fitur Site Builder melalui control panelnya.

5. FreeHosting

https://www.freehosting.com/free-hosting.html

FreeHosting Web Hosting Gratis
Website1 Hosted Domain
Storage10 GB
Email Account1
Free SSL
BandwidthUnmetered
FTPUnlimited
PanelcPanel
AdsTidak ada

Dari beberapa layanan web hosting gratis di atas, FreeHosting adalah salah satu yang menggunakan control panel cPanel. Tentu ini sangat menarik untuk sebuah layanan free web hosting.

Karena beberapa layanan lain hanya menggunakan custom control panel. Sedangkan di FreeHosting ini sudah memakai cPanel.

Namun tentu ada beberapa fitur yang dibatasi, seperti PHP mail() yang dinonaktifkan, pengguna tidak bisa mengubah server configuration, dan tidak bisa digunakan untuk host domain gratis seperti .TK, .GA, dan lainnya.


Itulah 5 web hosting gratis yang bisa Anda coba. Untuk informasi lebih lengkapnya silakan kunjungi masing-masing websitenya. Informasi di atas kami dapatkan per Juli 2022, dan kemungkinan ke depannya akan ada perubahan.

Jika Anda saat ini membutuhkan web hosting profesional dan handal, kami memiliki beberapa rekomendasinya.

Baca juga :

Baca Artikel dari Tags:

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.