Apa Itu Metaverse? Benarkah Akan Mengubah Kehidupan Kita di Masa Depan Nanti? 

/ / Dibaca : 159 views

Belakangan ini, Istilah Metaverse semakin ramai diperbincangkan. Apa itu Metaverse? Sepertinya orang-orang sedang penasaran dengan hal ini.

Yang pasti, Metaverse banyak dikaitkan dengan dunia virtual di masa depan. Terlebih sejak Facebook merubah identitasnya menjadi Meta, Istilah metaverse ini semakin sering dibahas para netizen. 

Bagi kamu penggemar games-games virtual seperti Avakinlife atau TheSIM, mungkin aktifitas yang terjadi di Metaverse nanti merupakan hal-hal yang terjadi di dunia game tersebut. 

Metaverse kabarnya akan memasuki sektor-sektor penting di dunia nyata, termasuk sektor keuangan, kesehatan, retail, pendidikan dan lain sebagainya. 

Yang menjadi pertanyaan adalah apa itu Metaverse dan seberapa besar pengaruhnya terhadap kita ya? Dalam artikel kali ini, Kita akan membahas tentang Metaverse.

Awal Kemunculan Metaverse

Istilah metaverse ini sebetulnya merujuk pada sebuah dunia virtual 3D yang dihuni oleh orang sungguhan. Istilah tersebut diciptakan oleh seorang Novelis bernama Neal Stephenson pada tahun 1992 silam.

Apa itu Metaverse

Dalam Novel yang berjudul “Snow Crash” Karyanya itu, Ia membayangkan bagaimana ada avatar manusia yang hidup dan berinteraksi dalam area 3D yang realistis seperti hal nya kehidupan di dunia nyata kita saat ini.

Stephenson merujuk Metaverse ini sebagai Internet berbasis virtual yang akan berkembang di masa depan nanti. Ketika teknologi semakin berkembang hingga saat ini, Dunia virtual sepertinya sudah siap dirilis. 

Diprediksi, Perkembangan Metaverse nanti akan menawarkan dunia alternatif yang begitu nyata dan menawarkan untuk hidup berdampingan dalam komunitas Metaverse. 

Apa Itu Metaverse?

Metaverse merupakan suatu kombinasi dari beberapa elemen teknologi, Termasuk VR atau Virtual Reality, Augmented reality serta video dalam dunia digital.

Dunia virtual Metaverse ini dapat diakses melalui alat-alat seperti headset kacamata augmented, komputer, smartphone dan konsol game.

Metaverse dibuat seperti dunia nyata, Di mana orang-orang bisa melakukan kegiatan sehari-hari seperti bekerja, bermain, berkomunikasi dengan teman-teman. 

Tidak hanya itu, Kamu bahkan bisa menonton konser, menghadiri konferensi, bahkan belanja dan berinvestasi secara virtual.

Siapa Saja yang Mulai Menggunakan Metaverse?

Metaverse benar-benar akan diwujudkan di dunia digital. Hal ini dibuktikan dengan beberapa platform social media, game hingga brand-brand produk ternama akan membuat komunitas virtualnya sendiri.

Mulai dari facebook, yang menginspirasi seorang Mark Zuckerberg untuk menciptakan Metaverse versinya dengan mengganti nama perusahaannya menjadi Meta.

Facebook dan Microsoft juga telah memperkenalkan teknologi baru, yaitu cara baru untuk berkolaborasi secara online (daring) tanpa harus bertemu secara langsung.

Kemudian merek sepatu ternama Nike juga sedang bersiap-siap untuk menjual sepatu versi virtualnya. Bukan hal mustahil, Kita nanti bisa mencoba dan membeli sepatu model terbaru dari Nike, tanpa harus keluar Indonesia.

Lihatlah game online di era modern ini. Transaksi keuangan di sana tidak lagi menggunakan tunai untuk membeli barang-barang yang bisa disentuh. Tokoh-tokoh game juga sudah berubah menjadi avatar.

Yang sudah terjadi di masa pandemi ini, Work From Home, Bahkan sudah menggambarkan seperti apa itu Metaverse. Kamu bekerja secara online, Melakukan conference online dalam bentuk video, tanpa harus datang ke kantor.

Beralih ke sektor financial, Apa itu Metaverse sepertinya membuat tertarik para investor di seluruh dunia. Pasalnya, Dunia virtual ini dianggap cukup menggiurkan dan memiliki potensi besar di masa depan. Para investor ingin menanamkan uangnya di dunia virtual. 

Bahaya dari Metaverse?

Teknologi dan perkembangannya menawarkan segala kemudahan untuk kita. Sesuatu hal yang mustahil dilakukan atau hanya ada di film-film, ternyata mulai terwujud di dunia nyata. 

Namun, segala sesuatu pasti ada sisi baik dan buruknya. Apa yang menjadi kelemahan atau kekurangan dari Metaverse sepertinya belum terlalu dianggap nyata. 

Dunia virtual bisa jadi akan mengubah dunia. Semua yang ada di dunia virtual itu bisa saja memanipulasi kita sebagai Manusia. Selain itu, Augmented Virtual ini bisa saja dengan mudah memecah suatu komunitas masyarakat dan menabur perpecahan di antara masyarakat itu sendiri.

Apa itu Metaverse
Apa itu Metaverse

Menggunakan Metaverse dengan Bijak

Metaverse diciptakan sebagai sebuah perangkat ruang virtual, tempat dimana orang-orang bisa membuat serta menjelajah bersama pengguna internet lainnya , meskipun secara nyata tidak saling mengenal dan mengetahui tempat masing-masing.

Apa itu Metaverse, bisa diartikan sebagai teknologi berikutnya dari Internet. Internet terbukti dapat memudahkan semua proses kehidupan kita, Namun dunia virtual bisa melakukan lebih dari itu. 

Sebagai generasi milenial maupun gen Z, Kita mungkin selalu penasaran untuk mencoba banyak hal yang baru. Setiap ada teknologi baru, kita pasti ingin mencobanya.

Jika Metaverse sudah hadir nanti, Sebaiknya kita menggunakan teknologi ini dengan bijak. Selama itu membantu aktivitas kita secara positif, maka kita gunakan sebagaimana mestinya. 

Semoga artikel ini membantu memberikan gambaran tentang Apa itu Metaverse dan ada apa di dalamnya. 

Baca Artikel dari Tags:

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.