Payroll adalah Aplikasi Sistem Penggajian yang Wajib Dimiliki

Payroll adalah
Payroll adalah

Di era digital sekarang ini, Payroll adalah aplikasi yang harus yang dimiliki oleh perusahaan untuk membuat sistem penggajian yang rapi dan efisien. Sudah tidak zamannya lagi sistem penggajian karyawan menggunakan cara lama atau manual yang memiliki banyak kekurangan dan kecurangan.

Dalam manajemen perusahaan, tidak hanya SDM saja yang perlu dikelola dengan benar. Tetapi sistem penggajian karyawan/pegawai juga perlu dikelola dengan teliti agar karyawan/pegawai nantinya juga puas mendapatkan gaji yang sesuai.

Karena sistem penggajian karyawan itu juga perlu dikelola dengan terperinci agar tidak terjadi kesalahan dalam melakukan perhitungan gaji karyawan.

Payroll adalah Sistem Penggajian yang Paling Efektif

Payroll adalah sebuah sistem administrasi penggajian yang dibutuhkan oleh suatu perusahaan dan biasa digunakan secara rutin baik mingguan atau bulanan. Payroll sangat membantu pihak perusahaan untuk mengelola segala macam administrasi yang berhubungan dengan penggajian para pegawai.

Apabila Anda memiliki bisnis yang sudah mulai berkembang baik dari sistem usaha maupun SDM, maka Anda perlu mengelola SDM yang Anda miliki dengan benar. Salah satunya adalah masalah penggajian. Nah Payroll bisa Anda manfaat untuk memudahkan sistem administrasi tersebut.

Kita tahu bahwa dalam memberikan gaji pegawai tidak serta merta hanya ditentukan pada besaran gaji pokoknya. Tetapi juga ada gaji untuk performa dan tunjangan lainnya.

Nah, untuk itu dibuatlah sebuah sistem payroll yang dapat memudahkan pihak perusahaan dalam menggaji para pegawainya.

Untuk saat ini sistem administrasi penggajian sudah banyak yang berbasis aplikasi, yaitu aplikasi payroll.

Manfaat Aplikasi Payroll

Dengan adanya sistem payroll berbasis aplikasi ini tentu akan sangat memudahkan HRD dalam melihat performa pegawai dalam satu bulan. Aplikasi payroll biasanya juga akan terintegrasi dengan sistem absensi, sehingga pegawai akan secara otomatis mendapat potongan jika tidak masuk kerja.

Aplikasi payroll ini akan mempermudah dalam melakukan penghitungan gaji. Semuanya akan dihitung secara otomatis baik itu mulai dari gaji pokok, tunjangan, bonus, uang makan, transport, dan lainnya.

Sistem payroll sangat membantu bagi perusahaan yang memiliki pegawai dalam jumlah yang banyak. Sehingga tidak lagi menghitung gaji pegawai secara manual. Dengan adanya sistem payroll berbasis aplikasi ini juga dapat digunakan untuk pendataan dalam jangka waktu panjang. Perusahaan pun akan punya track record masing-masing pegawai yang nantinya bisa digunakan sebagai acuan untuk memberikan bonus atau pengangkatan jabatan.

Terbukti dengan menggunakan aplikasi payroll akan menghemat waktu khususnya dalam proses penghitungan gaji untuk karyawan.

Selain itu juga dapat melakukan penghitungan pajak penghasilan bagi karyawan.

Jika perusahaan Anda saat ini belum memiliki sistem aplikasi payroll, segera buat atau bisa pesan ke perusahaan jasa penyedia sistem payroll. Karena ini memang sangat dibutuhkan untuk perusahaan Anda.

Jadi Payroll adalah aplikasi yang sangat berguna sekali untuk perusahaan Anda. Jika Anda ingin sistem manajemen SDM Anda lebih baik lagi, sebaiknya gunakan Payroll agar pengelolaan gaji pegawai bisa terorganisir dengan baik.

Apakah Harus Menggunakan Aplikasi Payroll?

Sebenarnya tidak juga. Yang terpenting adalah sistem penggajian itu harus dibuat secara terperinci dan jelas. Aplikasi payroll itu hanya tools saja yang bisa memudahkan untuk melakukan manajemen penggajian tanpa harus repot membuat catatan secara manual.

Kalau pun belum ingin menggunakan aplikasi payroll, bisa juga memanfaatkan aplikasi Excel untuk menghitungnya. Tinggal nanti gunakan rumus-rumus Excel seperti VLOOKUP yang biasanya banyak dipakai.


Apakah perusahaan atau bisnis Anda sudah menggunakan payroll dalam menghitungkan gaji karyawan? Kalau belum apa alasannya? Coba tulis di kolom komentar alasan Anda!

Originally posted 2020-11-23 11:53:08.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

One Comment

  1. Saya tidak melakukan transfer ke sistem ini.
    Kok dana bisa keluar sendiri bagaimana ini ya?