Home » START UP » Wow, LinkedIn Diakuisisi Microsoft Seharga Rp 349 Triliun

Wow, LinkedIn Diakuisisi Microsoft Seharga Rp 349 Triliun

Microsoft
image via thenextweb.com

Kabar baik datang dari Microsoft, perusahaan yang telah menciptakan sistem operasi Windows dan aplikasi Office. Hari ini Senin (13/6), secara resmi pihak Microsoft telah mengumumkan jika akan membeli LinkedIn dengan harga USD 26.2 miliar atau setara dengan Rp 349 triliun.

Tentu ini kabar yang cukup menggembirakan dari Microsoft dimana biasanya hanya fokus pada bisnis perangkat lunak. Dan kini, Microsoft bakal mengakuisisi jejaring sosial profesional ini dengan harga yang cukup tinggi. Per saham LinkedIn akan dibayar USD 196.

Adanya akuisisi ini, Jeff Weiner, CEO LinkedIn akan tetap menjadi CEO di jejaring sosial berorientasi bisnis ini. Dan tentunya akan langsung bertanggung jawab pada Satya Nadella, CEO Microsoft.

Yang menarik adalah meski Microsoft akan membelinya, tapi dari pihak LinkedIn memiliki syarat yakni untuk tetap menjaga budaya kerja dan kemandirian mereka sendiri termasuk merek.

Meski baru saja diumumkan, dampaknya langsung berpengaruh pada kenaikan saham LinkedIn sebesar 48 persen. Tapi di lain sisi justru saham Microsoft malah anjlok 5,2 persen.

Diperkirakan proses akuisisi ini akan selesai pada akhir tahun ini.

Informasi akuisisi ini juga telah disampaikan oleh Nadella dan Weiner kepada seluruh karyawannya melalui email.

“Akuisisi ini akan menggabungkan perusahaan cloud profesional dunia dengan jaringan profesional dunia,” tulis Nadella di dalam emailnya.

Pihak Microsoft tidak serta merta dalam melakukan akuisisi ini.

Menurut Nadella, pihaknya telah melakukan pemantau sejak beberapa waktu dan memantau perkembangan dari LinkedIn. Satu hal yang menjadi daya tariknya adalah jejaringan sosial yang satu ini bisa membedakan layanan cloud. Tak heran jika LinkedIn saat ini telah memiliki perkembangan yang begitu cepat dan memiliki lebih dari 433 juta pengguna aktif yang berupa pekerja profesional.

Nadella juga sudah memiliki angan-angan untuk mengkolaborasikan produknya Office suite dengan jaringan LinkedIn. So, ditunggu saja kabar baik selainnya.

LinkedIn sendiri merupakan jejaring sosial yang fokus pada dunia bisnis dan jaringan profesional. Berdiri sejak 5 Mei 2003. Dan menurut data, di tahun 2007 saja sudah bisa memiliki 14 juta pengguna yang terdaftar dari berbagai kalangan industri, profesional dan individu.



Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × three =