Bukan Lewat Franchise Kopi Kenangan, Begini Cara Bergabungnya

/ / Dibaca : 167 views

Apakah usaha Franchise kopi kenangan adalah usaha yang menguntungkan di tahun 2022 ini? Ya, Minuman es kopi dengan merek Kopi Kenangan diklaim memiliki pertumbuhan yang kuat sebagai startup kopi lokal. 

Tidak heran, Banyak investor dan pebisnis yang mulai berpikir untuk ikut kerja sama dengan brand kopi lokal ini untuk menjadi Franchise dan berbagi keuntungan. 

Usaha franchise merupakan salah satu cara memulai bisnis yang tidak terlalu rumit. Lewat franchise, Kita tidak perlu lagi memikirkan produk apa yang mau dijual dan bagaimana melakukan promosi dari usaha tersebut.

Khusus untuk brand kopi kenangan, Benarkah Kopi kenangan membuka  franchise kopi kenangan dan bagaimana prospek keuntungannya?

Franchise Kopi Kenangan

Bisnis Kopi Kekinian

Maraknya kedai-kedai kopi dan coffee shop yang bermunculan saat ini, Membuat para pebisnis pemula mulai berpikir untuk membuka jenis usaha serupa. 

Kebiasaan minum kopi di kalangan milenial hingga genZ, bahkan sampai orang tua sekalipun, menjadikan bisnis kedai kopi ini menguntungkan dan bertahan hingga saat ini. 

Salah satu yang menjadi pionir bagi bisnis kopi kekinian adalah Kopi Kenangan. Mulai beroperasi sejak tahun 2017, Kopi kenangan menjadi perintis kopi grab and go yang pertama di Indonesia.

Berawal dari kedai kopi sederhana yang berlokasi di Menara Standard Chartered, Kuningan, Jakarta Selatan, kedai kopi lokal milik Edward Tirtanata dan James Pranoto ini berhasil mencapai break even point-nya hanya dalam jangka waktu 3 bulan. 

Tidak Membuka Franchise Kopi Kenangan

Melihat prestasi yang berhasil dicapai Kopi kenangan dalam waktu singkat, dan berhasil mendirikan ratusan outlet di berbagai kota, Kabarnya Merek kopi lokal ini tidak membuka franchise kopi kenangan.

Sang Owner mengatakan bahwa jika Kopi kenangan menjadi franchise, Ia khawatir bahwa setiap gerai nantinya akan memiliki tujuan yang berbeda-beda dan memiliki kepentingan sendiri, sehingga sulit menjaga kualitas produk dari kopi kenangan itu sendiri. 

Namun, Owner kopi kenangan menawarkan ekspansi non franchise agar kamu tetap bisa menjadi bagian dari bisnis kopi kenangan dan tetap bisa melebarkan jangkauan usahanya.

Dengan begitu, Pihak kopi kenangan dapat mengontrol segala kebijakan di tiap cabang dan bisa lebih fokus untuk menjaga standar kualitas produk kopinya.

Bukan Franchise Kopi Kenangan, Namun bisnis kopi kenangan berkembang melalui funding dan bentuk  venture capital.

Setelah berhasil membuka beberapa gerai, Edward sang owner kopi kenangan melakukan pitching ke berbagai perusahaan funding. Salah satunya adalah Alpha JWC yang menyuntikan dana untuk kopi kenangan sebesar 8 Juta dolar. 

Pitching selanjutnya adalah kepada Sequoia Capital yang menyuntikan dana untuk kopi kenangan sebesar 20 juta dolar dan kembali menambah suntikan dana sebesar 209 juta dolar.

Kabarnya, Pitching yang dilakukan sang Owner juga berhasil menyabet sederet artis papan atas dunia untuk menyuntikan dana pada Kopi kenangan, Menggiurkan bukan? 

Bukan Franchise Kopi Kenangan tapi Inovasi Kopi Kenangan

Karena Kopi kenangan tidak mengembangkan usahanya melalui franchise kopi kenangan, Akhirnya sang owner berpikir kreatif dengan melakukan inovasi. Berikut ini inovasi yang dibuat manajemen Kopi kenangan:

Inovasi pertama adalah membuat Cloud Kitchen

Cloud kitchen merupakan suatu konsep yang membuat kopi kenangan tidak perlu membuka gerai dengan sistem franchise kopi kenangan. 

Cloud kitchen terdiri dari beberapa vendor Food and Beverage yang berkumpul menjadi satu cloud dan menyewa suatu tempat untuk produksi berbagai pemesanan secara delivery. 

Aplikasi Digital Kopi Kenangan

Inovasi berikutnya adalah membuat aplikasi digital dari Kopi kenangan. Sang owner lainya yang bernama James Pranoto meluncurkan aplikasi ini di tahun 2019. 

Dengan begitu pelanggan bisa memesan kopi kenangan lewat aplikasi dan mengambilnya di outlet yang ditentukan. 

Para pelanggan bisa memesan secara delivery juga, akan mendapatkan promo personal, bahkan mendapatkan reward royalty. 

Bukan Franchise Kopi Kenangan tapi Beli Sahamnya

Beberapa bisnis kopi populer seperti Janji Jiwa dan Kulo, melebarkan usahanya dengan sistem franchise. Hal ini terbukti dapat membuat bisnis kopi mereka laris manis di pasaran. 

Namun, konsep seperti itu rupanya tidak digunakan oleh tim manajemen Kopi kenangan. Oleh sebab itu, belum ada pembicaraan mengenai franchise kopi kenangan dalam waktu dekat ini.

Sang owner sepertinya memiliki trik tersendiri untuk menjadi berbeda dengan para kompetitornya. Mereka bahkan mendapatkan suntikan dana yang fantastis untuk sebuah usaha kopi lokal, Kopi kenangan.

Jika Kamu benar-benar ingin membuka franchise kopi kenangan, Kamu bisa bergabung untuk membeli saham Kopi kenangan dengan investasi yang cukup besar tentunya. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi pihak manajemen kopi kenangan. 

Bisnis franchise kopi kenangan yang banyak ditanyakan oleh para pebisnis dan masyarakat umum ternyata belum benar-benar ada. Satu-satunya jalan yang terbuka untuk mendapatkan keuntungan dari usaha kopi lokal ini adalah melalui pembelian saham perusahaan mereka. Bagaimana, apa kamu berminat?

Baca Artikel dari Tags:

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.