Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Harjo Sutanto, Miliarder Tertua di Indonesia

Harjo Sutanto

Biasanya setiap tahun atau dalam kurun waktu tertentu,  Majalah Forbes merilis nama-nama orang terkaya di Indonesia. Dan kali ini di tahun 2018, majalah tersebut mengumumkan daftar orang – orang dengan kekayaan yang besar di dunia. Yang menarik adalah ada beberapa nama dari Indonesia, yaitu Robert Budi Hartono dan Michael Hartono selaku pemiliki Djarum Group.

Nilai kekayaan yang dimilikinya masing – masing USD 17,4 miliar dan USD 16,7 miliar. Coba bayangkan kalau Anda punya uang sebanyak itu gimana? :D

Namun, selain kedua nama tersebut, ada nama lain lagi yang berasal dari Indonesia. Dan orang ini termasuk miliarder tertua di Indonesia, beliau sudah berusia 91 tahun. Orang ini adalah Harjo Sutanto, yang mana merupakan pemilik dari Wings Group.

Meskipun tidak sekaya pemilik Djarum Group, namun Harjo Sutanto patut kita apresiasi karena diusianya yang sekarang masih mendapatkan predikat orang terkaya. Adapun kekayaan yang dimilikinya kurang lebih USD 1,2 miliar. Kalau dilihat dari peringkat, Harjo Sutanto berada di peringkat ke-17 dalam daftar orang terkaya di Indonesia dan peringkat ke 1.867 di daftar orang terkaya dunia.

Dibalik dari kesuksesannya sekarang ini, ada sejarah panjang yang melatar belakanginya. Dikutip dari Forbes, Kamis (8/3/2018), bisnis yang didirikan Harjo ini bermula pada 60 tahun yang lalu. Dulu Harjo dan Johannes Ferdinand Katuari memulai bisnisnya ini dengan menjual sabun dari rumah ke rumah di daerahnya Jawa Timur.

Hingga pada akhirnya Wings menjadi brand yang memproduksi sabun terbesar di Indonesia. Seiring berjalannya waktu akhirnya Wings juga memproduksi beberapa peralatan rumah tangga seperti deterjen, tisu, dan pembersih toilet.

Sepeninggalnya Johannes Katuari, akhirnya perusahaan Wings Group dipimpin oleh putranya, Eddy, pada tahun 2004. Dan dari kepemimpinannya ini Wings Group akhirnya mengeluarkan produk makanan yaitu mie instan dengan brand Mie Sedap. Selain itu juga memiliki waralaba peritel minimarket, FamilyMart.

Harjo Sutanto tidak sendiri, ada 9 miliarder tertua lagi di Indonesia. Dan berikut ini daftarnya.

  1. Harjo Sutanto, Pemilik Wings Group, usia 91 tahun. Kekayaan: USD 1,2 miliar
  2. Mochtar Riady, Pemilik Lippo Group, usia 88 tahun. Kekayaan: USD 3 miliar
  3. Ciputra, Pemilik Ciputra Group, usia 86 tahun. Kekayaan: USD 1,4 miliar
  4. Soegiarto Adikoesoemo, Pemilik AKR Corporindo, usia 79 tahun. Kekayaan: USD 1,1 miliar
  5. Michael Hartono, Pemilik Djarum Group, usia 78 tahun. Kekayaan: USD 16,7 miliar
  6. Murdaya Poo, Pemilik Central Cipta Murdaya Group, usia 77 tahun. Kekayaan: USD 2 miliar
  7. Robert Budi Hartono, Pemilik Djarum Group, usia 77 tahun. Kekayaan: USD 17,4 miliar
  8. Theodore Rachmat, Pemilik Adaro Energy, usia 74 tahun. Kekayaan: USD 1,7 miliar
  9. Prajogo Pangestu, Pemilik Barito Pacific, usia 73 tahun. Kekayaan: USD 2,9 miliar
  10. Alexander Tedja, Pemilik Pakuwon Group, usia 72 tahun. Kekayaan: USD 1,3 miliar

Referensi : https://ekonomi.kompas.com/read/2018/03/08/120601226/usia-91-tahun-harjo-sutanto-jadi-miliarder-tertua-di-indonesia

Baca juga:



Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *