Peluang Usaha Ternak Lebah Klanceng

  • Whatsapp

Peluang Usaha Ternak Lebah Klanceng | Madu Klanceng atau Trigona memiliki harga yang lebih mahal dibanding jenis madu lain seperti madu mellifera. Di lain sisi permintaan madu klanceng ini cukup tinggi. Karena madu klanceng dari hasil penelitian memiliki kandungan yang lebih beragam dibanding madu lain. Sehingga khasiatnya pun juga lebih bagus. Meskipun semua madu murni sama-sama berkhasiat. Tapi madu klanceng lebih unggul.

Inilah peluang usaha yang prospeknya bagus. Meskipun memang tidak semua orang bisa beternak lebah klanceng. Sebenarnya bukan soal sulit atau mudahnya, malah ternak lebah klanceng itu termasuk yang mudah.

Kelebihan Lebah Klanceng (Trigona)

Ternak Lebah Klanceng

Lebah Klanceng ini memiliki beberapa kelebihan yang mana cocok untuk diternakan.

  1. Tidak Menyengat. Ya, lebah klanceng tidak memiliki sengat seperti lebah jenis lain. Jadi ketika panen atau ingin merawat sarangnya, Anda tidak perlu takut disengat atau menggunakan pakaian anti sengat.
  2. Harga Madu Mahal. Harga madunya yang mahal menjadi peluang tersendiri. Jika Anda mampu menghasilkan madu banyak, tentu akan bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Di beberapa daerah, madu klanceng dijual dengan harga Rp 100rb-RP 150rb per botol 250ml.
  3. Tidak Butuh Perawatan Khusus. Beternak lebah klanceng tidak butuh perawatan khusus, Anda cukup rutin menengok dan membersihkan stup (kotak sarang) dari predator seperti cicak, semut, dll jika ada atau dari kotoran-kotoran yang mengganggu.

Baca juga : Produk Budidaya Lebah Madu yang Bisa Dijual

Hal Penting Dalam Beternak Lebah Klanceng

Sebelum Anda beternak lebah, jenis apapun itu, Anda perlu mempelajari karakter dari lebah dan apa saja yang perlu dipersiapkan.

Kalau Anda melihat kelebihan ternak lebah klanceng di atas, mungkin Anda kira akan mudah. Tetapi sebenarnya ada yang perlu diperhatikan betul dalam beternak lebah ini. Salah satu yang perlu dan penting untuk diperhatikan adalah Vegetasi Tanaman Bunga.

Ingat, ini adalah lebah madu, dimana lebah madu bisa menghasilan madu salah satunya dari nektar-nektar bunga. Bunga adalah salah satu sumber pakan penting dari lebah ini. Jadi pastikan lokasi ternak lebah Trigona Anda memiliki vegetasi tanaman bunga yang melimpah.

Maka dari itu pemilihan lokasi sangatlah penting. Tentu kalau Anda lokasinya di perkotaan yang mana vegetasi tanaman bunga sangat sedikit, itu akan membuat lebah tidak bisa memproduksi madu dengan cepat. Bahkan bisa-bisa lebahnya kabur karena kekurangan sumber pakan.

Jadi sebaiknya lokasi yang cocok untuk beternak lebah ini di daerah yang banyak banyak pepohonan dan tanaman bunga. Kalau di sekitar Anda belum ada tanaman bunga, Anda bisa mempersiapkannya dulu.

Nah ini tentu akan menjadi bagian dari modal usaha. Karena Anda perlu membeli bibit tanaman. Beberapa tanaman bunga yang disukai lebah klanceng adalah Bunga Goldenrod (solidago), Bunga Matahari, Bunga Cosmos, Bunga Air Mata Pengantin, Bunga Mangga, Bunga Rambutan, Bunga Xanthostemon, Bunga Batavia, Bunga Bayam, dll.

Lebih baik Anda persiapkan dulu vegetasinya. Ingat, ada tanaman bunga yang berbunga tiap musim tertentu dan ada juga yang tak mengenal musim. Jadi Anda juga perlu mempelajarinya agar vegetasi tanaman bunga tetap terjaga.

Bunga Kesukaan Klanceng

Modal Usaha Ternak Lebah Klanceng

Untuk modal usahanya sebenarnya sangat relatif. Ini tergantung dari seberapa banyak stup (kotak sarang) yang ingin Anda miliki. Sebagai informasi saja, untuk beternak lebah klanceng ini Anda bisa membeli koloni lebah klanceng per kotak (stup). Jadi satu stup itu ada satu koloni lebah.

Biasanya 1 stup harganya kisaran Rp 50rb – Rp 100ribuan. Tergantung dimana belinya. Sekarang banyak kok yang sudah menjual koloni lebah klanceng.

Atau kalau mau sedikit hemat, Anda bisa berburu sarang lebah klanceng di hutan. Biasanya sarangnya ada di batang pohon atau bambu yang sudah mengering.

Jadi modal usaha itu yang diperlukan adalah :

  • Pembelian Koloni (tergantung mau beli berapa koloni)
  • Pembelian tanaman bunga
  • Pembelian papan atau besi untuk rak stup

Kami sarankan sebaiknya coba beberapa stup dulu, sambil melihat perkembangannya apakan bagus atau tidak. Jangan langsung beli banyak stup, takutnya nanti lokasinya tidak cocok, Anda malah rugi. Lagi pula nanti bisa dipecah koloni.

Untuk papan tidak perlu beli, Anda bisa manfaatkan bambu kalau di tempat Anda banyak pohon bambu. Tinggal dibuat rak-rak untuk menempatkan stupnya.

Lebah klanceng ini bisa dipanen dalam waktu 3 bulan, dengan catatan kondisi vegetasinya bagus.

Itu saja yang bisa kami sampaikan. Semoga informasi peluang usaha ternak lebah klanceng ini bisa jadi salah satu referensi untuk Anda.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *