Mau Jualan Aroma Therapy? Simak Peluang Usaha Essential Oil di Indonesia

Tren menjalankan hidup sehat kini mulai disadari sebagian besar masyarakat Indonesia. Mulai dari menjalankan diet sehat, melakukan berbagai jenis olahraga, hingga detoks dengan bahan-bahan alami sudah banyak dilakukan.

Khusus untuk bahan alami, pernahkah Anda mendengar tentang aroma theraphy? Aroma terapi ini dihasilkan oleh essential oil, atau minyak astiri, yang juga banyak dimanfaatkan dalam dunia kesehatan.

Khusus di Indonesia, essential oil ini bahkan digunakan oleh banyak kalangan. Hal tersebut dikarenakan beragamnya khasiat yang ditawarkan oleh minyak astiri tersebut.

Selain itu, essential oil ini memiliki aroma harum yang segar dan menyebabkan rasa hangat ketika dioleskan pada kulit. Minyak ini juga bisa dijadikan pengharum ruangan, jika dicampur dengan air bersih dalam botol pengharum ruangan. Penggunaan secara langsung dengan cara dioleskan ke bagian kulit, juga bisa dilakukan.

Manfaat Essential Oil dan Peluang Usahanya

Manfaat Essential Oil

Essential oil atau minyak astiri ini tidak memiliki kandungan lemak sama sekali. Komponen yang membangunnya benar-benar alami, yaitu dari ekstrak tanaman yang menjadi sumber olahannya. Kemudian, bagian tanaman tersebut diambil essential oilnya, yaitu dari bagian bunga, biji, daun, ranting, kulit dan akar. Teknik penyulingan dan destilasi biasanya dilakukan untuk mengambil minyak essential tersebut.

Lalu apa saja manfaat dari Essential Oil ini, khususnya untuk kesehatan? Minyak essential ini memiliki manfaat yang berbeda-beda, tergantung dari kandungan bahan alami yang terdapat di dalamnnya. Berikut ulasannya:

Essential Oil dengan Peppermint: Melancarkan Pencernaan

Kandungan senyawa oil dan eskrak peppermint ini, sudah memiliki kandungan senyawa yang dapat menenangkan otot-otot di area pencernaan, membantu mengeluarkan gas, hingga sakit perut. Jika Anda sedang merasa mulas, diare, hingga kram perut, coba oleskan peppermint oil ini.

Essential Oil Lavender: Mengatasi Susah Tidur

Berdasarkan hasil penelitian, minyak astiri dengan aroma lavender, dapat meningkatkan gelombang alfa di area otak. Hal tersebut menyebabkan efek relaksasi dan tidur nyenyak.  Selain itu, dengan mengoleskanya ke atas perut, dan sedikit pijatan, dapat meringakan gejala PMS pada wanita.

Essential Oil Tea Tree: Mencegah Infeksi

Manfaat essential oil Tea tree ternyata dapat membantu untuk melawan infeksi kulit, karena kandungan Tea tree ini bersifat antibakteri, antiseptic dan antijamur. Anda yang memiliki masalah ketombe misalnya, dapat mengoleskan beberapa tetes essential oil Tea tree di kepala secara langsung, atau campurkan dengan shampoo sebelum keramas.

Essential Oil Lemon: Memperbaiki Mood

Anda merupakan orang yang tergantung pada Moody? Ambilah manfaat dari essential oil lemon. Berdasarkan sebuah penelitian di Jepang, bahwa minyak dengan aroma lemon ini dapat membantu mengendalikan gejala depresi yang dialami seseorang. Penggunanya, bahkan dapat mengurangi konsumsi obat antidepresan. Aroma lemon pada essential oil ini juga dapat menaikan suasana hati, meningkatkan fokus dan konsentrasi Anda.

Peluang Usaha Essential Oil

Melihat beberapa manfaat dari essential oil, khususnya bagi kesehatan, hal ini tentu dapat menjadi peluang usaha essential oil yang cukup menjanjikan. Lalu apakah bisa dikatakan bahwa bisnis ini bermodal kecil? Tentu saja iya, karena potensi keuntungan yang didapatkan juga bisa berlipat ganda.

Tahukah Anda, harga essential oil ini sebagai bahan baku, termasuk mahal. Setidaknya Anda memerlukan modal minimal Rp. 10 juta untuk memulai usaha ini.

Modal tersebut nantinya bisa Anda gunakan untuk membeli minyak esensial, lilin tea light, tungku pembakaran, batang-batang kering, bunga-bunga, pewarna bunga kering, packaging dan lain sebagainya.

Kegiatan tersebut akan Anda lakukan untuk menciptakan peluang usaha essential oil, jika ingin menciptakan brand atau merek sendiri. Namun, jika Anda masih ingin menjadi reseller, dengan menjual kembali dari produk essential oil yang sudah ada, bisa juga dilakukan.

Bila perlu, Anda juga bisa meminta bantuan dari terapis yang sudah tersertifikasi, agar memastikan formula dan racikan yang dibuat benar-benar aman.

Lalu bagaimana keuntungan peluang usaha essential oil ini di Indonesia? berdasarkan survey Market Demand of Essential Oils Worldwide, dari tahun 2010 ke 2020, menunjukan bahwa permintaan essential oil ini ternyata cukup signifikan setiap tahunnya.

Indonesia sendiri merupakan negara penghasil rempah-rempah yang melimpah ruah, tentu saja bahan baku alami untuk peluang usaha essential oil ini akan tercukupi.

Rata-rata orang yang sudah mencoba bisnis essential oil ini, berhasil meraup keuntungan hingga 40% dari omsetnya. Beberapa diantaranya juga berhasil balik modal, hanya dalam tahun kedua usaha berjalan.

Kini, aroma therapy yang dihasilkan essential oil ini bukan saja dapat dinikmati di tempat spa atau salon tertentu. Berdasarkan manfaat essential oil tadi, semua orang kini bisa menggunakannya, kapan saja dan dimana saja.

Peluang usaha essential oil ini juga begitu terbuka luas, dan dapat memberikan keuntungan yang cukup maksimal, bagi para pelaku usahanya. Selamat mencoba!



Baca Artikel dari Tags:

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.