5 Peluang Usaha Minuman Unik yang Kreatif dan Laris Manis

Peluang usaha minuman unik merupakan salah satu peluang usaha di bidang kuliner, yang juga berpotensi untuk memberikan keuntungan yang maksimal. Minuman-minuman yang dimaksud bisa berupa minuman tradisional dengan konsep penyajian yang baru, atau bahkan minuman dengan racikan baru yang unik namun tetap enak dikonsumsi. Yang paling penting adalah minuman unik tersebut disukai oleh berbagai usia.

Berbicara mengenai peluang usaha minuman unik saat ini, kita juga mesti memikirkan soal pesaing. Persaingan bisnis usaha minuman unik ini juga cukup ketat, mengingat semakin meningkatnya penyebaran informasi melalui social media. Ada banyak komunitas kuliner online yang melakukan review terhadap jenis usaha minuman unik yang ternyata sangat variatif ini.

Peluang Usaha dan Prospek Bisnis Minuman Unik

Peluang Usaha Minuman Unik

Berbicara mengenai peluang usaha minuman unik di zaman sekarang ini, bisa dikatakan peluangnya cukup tinggi. Namun, agar usaha tersebut dapat bertahan lama, maka pastikan Anda tidak hanya membuat minuman yang unik tetapi juga menciptakan minuman yang kreatif dan disukai para pelanggan. Hal tersebut dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelanggan Anda.

Bisnis minuman merupakan salah satu bisnis yang selalu banyak digemari, seperti hal nya bisnis kuliner pada umumnya. Meskipun begitu, untuk menghasilkan keuntungan yang maksimal, hingga omset jutaan, Anda harus melakukan inovasi dan kreativitas, agar bisa bersaing dengan pebisnis minuman lainnya.

Setidaknya ada dua cara untuk membuka usaha minuman yang bisa Anda lakukan, diantaranya sebagai berikut:

Bekerjasama dengan Waralaba Minuman

Bisnis waralaba minuman berbagai merek kini sangat mudah dijumpai. Bergabung dengan usaha waralana minuman seperti ini akan menguntungkan, karena Anda tidak perlu repot dengan produk minuman apa yang akan dijual.

Merek dan produk minuman tersebut umumnya memang sudah dikenal sebagian orang dan memiliki penggemar tersendiri. Untuk usaha waralaba minuman, Anda perlu menyiapkan modal untuk menjadi mitra franchise atau waralaba minuman tersebut.

Membuka Usaha Minuman Sendiri

Jika Anda memilih opsi ini, maka untuk memulai membuka peluang usaha minuman unik, Anda harus sering melakukan promosi produk tersebut, agar pelanggan mengetahuinya.

Dengan memiliki usaha minuman sendiri, maka Anda akan bebas karena tidak terikat beberapa aturan, seperti pada usaha waralaba minuman tadi.

Dengan sedikit inovasi, rasa minuman yang enak dan bersih, kemasan yang menarik, maka tidak memerlukan waktu yang lama, bagi brand minuman unik Anda untuk dikenal masyarakat.

Contoh-contoh Usaha Minuman Unik

Setelah mengetahui tentang peluang usaha minuman unik beserta prospek bisnisnya, saatnya Anda mengetahui beberapa contoh usaha minuman unik, yang mungkin bisa menginspirasi Anda :

1. Minuman Thai Tea

Jika Anda berkunjung ke Mall atau mini market terdekat, mungkin sudah tidak asing lagi dengan minuman Thai Tea atau teh Thailand. Minuman ini memiliki rasa yang manis dan segar ketika dikonsumsi. Merupakan perpaduan teh khas Thailand dengan tambahan kremer dan gula. Dikemas dalam kemasan minuman yang bertuliskan “Khapunkhap” atau “Terima kasih” dalam bahasa Indonesia. Umumnya, peluang usaha minuman unik ini merupakan waralaba yang membuka cabang di kota-kota besar.

2. Minuman Es Bubble (Boba)

Es bubble juga masih dikategorikan sebagai usaha minuman unik yang masih banyak peminatnya hingga saat ini.  Peluang usaha minuman unik ini memiliki rasa yang segar, ditambah dengan bulatan bubble yang kenyal di dalamnya.  Bubble pearl tersebut dibuat dari tapioca dan agar-agar.

Jika Anda menjual es bubble dengan harga Rp. 8.000 per cup, dan setidaknya bisa laku 50 gelas sehari, maka pendapatan Anda mencapai Rp. 12.000.000. Bagaimana, menguntungkan bukan?

3. Minuman Kopi

Khusus untuk peluang usaha minuman unik yang satu ini, umumnya banyak dimulai dari bisnis waralaba. Minuman kopi yang banyak hadir saat ini, ternyata bisa menjadi minuman yang unik, baik dari tampilan maupun rasanya. Contohnya seperti inovasi yang dilakukan oleh waralaba kopi Kulo.

Minuman kopi yang disajikan bahkan ada yang merupakan campuran jus alpukat dan kopi hitam. Kabarnya, minuman unik tersebut malah banyak peminatnya. Rata-rata minuman kopi seperti ini dijual hampir seharga Rp. 20 ribu ke atas. Namun, dengan peminat yang cukup tinggi, maka Anda bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal juga.

Baca juga : 5 Tips Waralaba Kopi ala Kopi Kulo

4. Minuman Frozen Yogurt (Froyo)

Berjualan minuman frozen yogurt (froyo) ini ternyata laris manis di kawasan perkotaan. Harga jual minuman unik ini juga terbilang lumayan. Misalnya, kita menjual Rp. 15.000 per cup nya, maka satu hari saja, jika terjual 50 cup akan mendapatkan sekitar Rp. 22.500.000. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat minuman unik ini tentunya adalah yogurt dan beberapa potongan buah sebagai pemanis.

5. Minuman Juice and Shake

Minuman juice atau jus merupakan favorit hampir semua orang. Selain rasanya yang manis dan segar, jus memang minuman yang menyehatkan. Anda bisa membuka usaha minuman juice and shake, seperti salah satu usaha minuman unik di Tasikmalaya, dengan nama LaCoola.

Selain menjual minuman jus berbagai buah, pelanggan juga bisa membeli minuman shake yang merupakan campuran dari jus, yogurt, buah-buahan dan biscuit manis yang renyah. Tidak lupa, ada tambahan sedikit es krim di atasnya.

Untuk menemukan peluang usaha minuman unik, tentunya Anda harus memulainya sejak saat ini. Tentukan ingin membuka usaha sendiri atau bekerjasama dengan waralaba, yang terpenting peluang usaha minuman unik Anda bisa memiliki penggemar dan bertahan lama untuk penghasilan yang maksimal.



Baca Artikel dari Tags:

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.