Home » PELUANG USAHA » Peluang Usaha Bakpia Talas ala PapaPia

Peluang Usaha Bakpia Talas ala PapaPia

Peluang Usaha Bakpia PapaPia
Bakpia PapaPia / Foto : vemale.com

Saat ini mungkin talas sudah tidak banyak dikonsumsi orang karena menganggap talas hanya bisa dimakan dengan direbus saja. Namun, bagi Bayu Reza Laksmana talas disulap menjadi produk makanan yang lebih bernilai dan diminati banyak orang.

Ya, pria asal Bogor ini memang sudah lama merintis usaha dengan bahan baku berupa talas. Bogor sendiri memang kaya akan hasil umbi umbiannya dan Bayu tak mau melewatkannya begitu saja.

Dengan kreatifitasnya, Bayu Reza mengemas talas menjadi produk makanan yang nikmat yaitu berupa Bakpia Talas. Ia mengkolaborasikan bakpia dengan talas menjadi bakpia yang istimewa.

Usaha ini telah dirintisnya sejak tahun 2012, dan hingga saat ini bakpia talas yang diberi nama atau brand “PapaPia” ini telah memiliki 12 Mitra yang tersebar di beberapa kota seperti Bogor, Tangerang, Bandung dan Jakarta. Bakpia PapaPia ini selain dikembangkan dengan sistem kemitraan juga menggandeng sejumlah reseller yang ingin mendistribusikan bakpia milik Bayu ini.

“Para reseller ini juga tersebar di kota yang sama”, tutur Edy Waluyo Nugroho, Marketing PapaPia, seperti yang dilansir oleh KONTAN (3/12/2014).

Edy juga menjelaskan bahwa talas digunakan sebagai adonan kulit sebagai pengganti tepung dan inilah yang menjadi ciri khas cari Bakpia PapaPia. Ia juga mengatakan jika bakpia PapaPia ini bebas dari bahan pengawet agar tetap terjaga kualitasnya.

Untuk dapat mengembangkan produk bakpianya ini, Reza memproduksi bakpianya dengan enam varian rasa yang berbeda. Keenam varian rasa tersebut diantaranya rasa coklat, durian, kacang hijau, keju, kacang merah dan tentunya rasa talas (original).

Reza membuka kesempatan bagi yang ingin bermitra dengan PapaPia, dan ada dua paket kemitraan. Yang pertama adalah Paket Booth, paket ini mitra akan mendapatkan satu unit booth portable, perlengkapan branding (kartu nama+banner) dan bakpia dengan semua rasa berjumlah 60 kotak. Paket Booth ini senilai Rp 3,5 Juta. Untuk paket kedua adalah Paket Reseller, paket ini lebih murah yaitu senilai Rp 850ribu. Dalam paket ini mitra akan mendapatkan bakpia segala rasa dengan jumlah 30 kotak dan setiap kotak diberi harga Rp 28.000.

Dalam program kemitraan ini tidak ada Franchise Fee, namun mitra wajib membeli bakpia langsung dari pusat dengan sistem beli putus. Untuk harga jual, mitra dibebaskan mematok harga jual ke konsumen.

Omzet dari bisnis bakpia ini per bulan bisa mencapai Rp 12 juta. Dengan syarat penjualan bisa mencapai 300 kotak per bulannya. Dan keuntungan bersih yang didapatkan bisa mencapai 40% dari total omzet. Tertarik untuk menjalin kemitraan dengan Bakpia PapaPia ini?

Bagikan artikel ini :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *