Pengertian SEO dan Perannya dalam Digital Marketing

Pengertian SEO

Sekarang ini di dunia bisnis online, SEO dan pemasaran digital sudah jadi hal yang sangat penting. Sayangnya, banyak orang yang hanya tahu cara mempromosikan produk dan layanan online mereka tetapi hanya sedikit yang paham soal konsep SEO.

Dan yang perlu Anda tahu, SEO itu sangat berkaitan dengan Pemasaran Digital. SEO dan pemasaran digital harus berjalan berdampingan agar produk dan layanan Anda bisa maksimal dalam proses pemasarannya.

Apa itu SEO dalam Pemasaran Digital?

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization atau pengoptimalan mesin pencari. Yang merupakan proses dan cara untuk memaksimalkan konten halaman website agar bisa memiliki performa yang bagus di mesin pencari.

Sehingga website akan bisa mendapatkan organic traffic yang banyak dan trafik yang didapatkan bisa dikonversikan sesuai dengan tujuan pemilik website. Misalnya saja konversi penjualan.

Itu pengertian SEO secara mudahnya. Kalau kita ingin dalam mengetahui definisi SEO, berikut ini ada beberapa definisi menurut beberapa sumber ahli.

Menurut blog Ahrefs , istilah ‘optimasi mesin pencari’ dapat digambarkan sebagai:

“SEO (Search Engine Optimization) adalah praktik mengoptimalkan situs web atau halaman web untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas lalu lintasnya dari hasil organik mesin pencari” (Hardwick, 2018) .

Backlinko telah mendefinisikan istilah ‘SEO’ sebagai:

“Pengoptimalan mesin telusur (SEO) adalah praktik mendapatkan lalu lintas bertarget ke situs web dari peringkat organik mesin telusur” ( Apa itu SEO? Optimasi Mesin Pencari dalam Bahasa Inggris Biasa ) .

Sedangkan menurut kami, jika Anda sudah melakukan cara untuk meningkatkan organic traffic yang tertarget untuk sebuah situs web atau halaman website, maka Anda sudah disebut melakukan pengoptimalan mesin pencari.

Tetapi apakah konsep SEO yang sama juga berlaku dalam pemasaran digital? Tentu!

Hal ini dikarenakan pemasaran digital juga mencakup berbagai tindakan atau cara yang tujuannya untuk menjangkau dan berinteraksi dengan target audiens melalui saluran digital, seperti email, mesin pencari, media sosial, dan lainnya.

Sehingga optimasi mesin pencari merupakan salah satu cara yang digunakan untuk menjangkau target audiens Anda melalui berbagai saluran digital.

Jenis SEO dalam Pemasaran Digital

Meskipun definisi SEO menunjukkan bahwa ini adalah praktik pengoptimalan visibilitas situs web dan peringkat pencarian secara organik di mesin pencari, faktanya proses keseluruhan SEO tidak sesederhana itu.

Karena jika Anda ingin meningkatkan visibilitas situs web dan peringkat pencarian organik, maka Anda perlu melakukan 3 jenis pengoptimalan. Ketiga jenis tersebut adalah sebagai berikut:

1. SEO On-Page

SEO On-page mengacu pada pengoptimalan bagian-bagian situs web yang bisa Anda kendalikan. Jenis SEO ini berfokus pada penerapan strategi pengoptimalan mesin pencari pada halaman web individual. Jadi, ini meningkatkan visibilitas halaman web individual untuk mendapatkan hasil pencarian yang optimal.

SEO On Page

Adapun SEO On-Page ini ada beberapa elemen yang harus dilakukan pengoptimalan. Beberapa elemen tersebut adalah sebagai berikut:

Mengoptimalkan File HTML

Di elemen ini, ada banyak yang harus dilakukan pengoptimalan. Karena elemen ini banyak unsur yang melibatkan penyediaan informasi yang jelas dan penting ke mesin pencari agar mudah dipahami dan akhirnya diindeks secara sempurna.

Beberapa hal yang perlu dioptimalkan adalah : tag judul, tag meta deskripsi, dan elemen HTML lain yang ada pada halaman web.

Melakukan Optimasi Konten

Di elemen ini ada campur tangan dari penulis konten. Penulisan konten tidak hanya menarik dan berkualitas, tetapi juga harus relevan. Tidak banyak penulis konten yang paham bagaimana menulis yang baik. Yang seharusnya fokus untuk pembaca, justru banyak yang terlalu fokus untuk mesin pencari.

Untuk memudahkan membuat konten yang berkualitas, Anda bisa menggunakan bantuan alat AI rephrasing dan infografis. Penggunaan infografis yang relevan dapat membantu meningkatkan keterlibatan konten secara menyeluruh.

Di sisi lain alat parafrase akan meningkatkan kualitas konten tekstual yang bagus.

Berikut adalah contoh bagaimana alat AI yang akurat Rephrase.info dapat meningkatkan kualitas konten:

Parafrase

Alat ini memiliki sistem kerja menyusun ulang konten dengan menyusun ulang kalimat dan mengubah beberapa kata dengan sinonim terbaiknya tanpa mengurangi makna.

Selain itu, konten juga perlu diperkaya dengan kata kunci. Tetapi penempatan kata kunci perlu ditempatkan secara tepat agar terlihat alami.

Mengoptimalkan URL

URL atau permalink halaman website perlu dioptimalkan agar lebih ramah mesin pencari. Untuk membuat URL yang bagus, ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan.

  • Buat URL tetap ringkas (maksimal 75 karakter) dan deskriptif.
  • Pisahkan kata-kata di URL dengan tanda hubung.
  • Gunakan kata kunci di URL.

Melakukan Optimasi Gambar

Jika konten halaman memiliki banyak gambar, maka itu juga perlu dioptimalkan. Hal yang bisa dilakukan adalah : melakukan kompresi gambar tanpa mengurangi kualitas gambar dan memberikan alternate-text (alt-text) dengan kata kunci).

Memastikan Bahwa Aspek Teknis Situs Web Beres

Tidak lupa untuk hal-hal teknis yang berkaitan dengan website bisa bekerja dengan baik. Agar robot mesin pencari bisa merayapi situs web dengan benar.

Beberapa hal teknis tersebut adalah :

  • Membuat peta situs XML (XML Sitemap)
  • Memastikan arsitektur situs yang tepat
  • Memperbaiki tautan yang rusak (broken link)
  • Menerapkan pengalihan bila diperlukan
  • Menerapkan markup data terstruktur (Schema Markup)
  • Mengoptimalkan kecepatan situs

2. SEO Off-Page

SEO Off-page merupakan pengoptimalan mesin pencari yang dilakukan dari luar situs web yang akan dioptimalkan. Jadi yang dikerjakan tidak di internal situs webnya, melainkan melibatkan situs atau elemen lain.

SEO Off Page

Salah satu tujuan dari SEO Off-page adalah untuk meningkatkan visibilitas dan otoritas situs web.

Yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut :

Membuat Backlink

Backlink adalah link dari website lain yang mengarah ke website Anda. Tetapi backlink harus bisa didapatkan secara alami dan relevan dari situs web resmi yang memiliki reputasi bagus. Karena itu nanti akan berdampak positif pada peringkat di hasil penelurusan mesin pencari.

Untuk mendapatkan backlink bisa dilakukan dengan beberapa cara :

  • Bangun hubungan dengan pemilik situs web lain
  • Promosi konten
  • Blog tamu (Guest Blogging)
  • Melibatkan influencer

Meningkatkan Otoritas Domain

Otoritas Domain (Domain Authority) merupakan metrik yang menunjukkan otoritas dan kredibilitas situs web Anda di niche tertentu. Ini sangat penting untuk mendapatkan kepercayaan dari pembaca. Cara mendapatkannya bisa dengan membangun profil backlink berkualitas melalui konten yang relevan, menarik, dan berkualitas.

Meningkatkan Website atau Reputasi Brand di Media Sosial

Membangun website yang berkualitas tidak hanya bisa dilakukan di website itu saja. Tetapi Anda bisa menggunakan media sosial untuk membangun reputasi.

Anda bisa rutin membagikan konten website di media sosial dan membangun komunitas atau interaksi dengan followers.

Kolaborasi engan dInfluencer

Kolaborasi influencer adalah salah satu strategi modern untuk membangun reputasi dan brand awareness website Anda. Jangan asal pilih influencer, temukan influencer yang memiliki followers yang relevan dengan pembaca website Anda.

Jadi, setelah Anda sudah melakukan aspek SEO Off-page untuk situs web Anda, itu akan menunjukkan otoritas dan kepercayaan situs web Anda ke mesin pencari. Dan pada akhirnya, website Anda akan lebih memiliki kredibilitas dan meningkat di mesin pencari.

3. Technical SEO

Selain SEO On-Page dan Off-Page, masih ada satu lagi yang perlu dilakukan, yaitu Technical SEO.

Sesuai dengan namanya, pengoptimalan aspek teknis ini akan membantu website untuk proses perayapan, pengindeksan, dan kinerjanya secara menyeluruh. Jadi masalah poin ketiga ini juga tidak bisa dianggap remeh.

Hal yang perlu diperhatikan adalah :

  • Memastikan bahwa struktur dan navigasi situs web sudah benar
  • Mengoptimalkan kecepatan dan respons website di versi mobile/seluler
  • Menerapkan markup skema untuk rich snippet yang disempurnakan
  • Mengoptimalkan peta situs XML dan file robot.txt
  • Menangani masalah duplikat konten
  • Meningkatkan keamanan situs web dengan SSL/HTTPS
SEO

Apa Pentingnya SEO dalam Pemasaran Digital? – Peran SEO dalam Pemasaran Digital

Setelah Anda memahami tentang SEO dan apa saja yang perlu dioptimalkan, saatnya kita bahas tentang peran SEO dalam pemasaran digital. Dan kita akan melihat bagaimana pentingnya SEO dalam bisnis online.

Jadi, berikut adalah beberapa faktor yang akan membantu Anda memahami peran SEO dan pentingnya pemasaran digital:

1. SEO Meningkatkan Lalu Lintas Organik

Ketika Anda melakukan pengoptimalan visibilitas situs website di mesin pencari, maka Anda juga sudah meningkatkan kemungkinan untuk menarik pengunjung yang lebih berkualitas ke situs web Anda.

Peran SEO di sini dapat mendorong meningkatnya lalu lintas organik situs web dan ini bisa digunakan sebagai pemasaran digital yang cukup efektif.

2. SEO Meningkatkan Visibilitas dan Kesadaran Merek

Ketika SEO website sudah bekerja dengan baik, maka website akan mudah ditemukan dan dilihat di hasil penelurusan. Sehingga tingkat visibilitas website di mesin pencari akan meningkatkan brand awareness bisnis Anda.

Jika Anda lihat di statistik performa Google Search Console, pasti CTR (Click Through Rate) atau Rasio Klik-Tayang akan mengalami peningkatan. Ini berarti visibilitas situs web Anda mulai meningkat.

3. SEO Lebih Hemat Biaya Dibandingkan Strategi Lain

Dalam dunia pemasaran digital ada teknik seperti PPC (Pay-Per-Click), dll. Tetapi optimasi mesin pencari merupakan teknik pemasaran digital yang lebih hemat biaya dibanding metode lain. Mari kita jelaskan.

SEO

Sudah sangat pasti kalau penerapan strategi SEO yang tepat pertama-tama akan membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih banyak. Tetapi begitu situs web sudah mendapatkan visibilitas dan otoritas SEO yang bagus, maka itu tidak perlu biaya iklan berkelanjutan lagi untuk bertumbuh.

Yang dilakukan hanya melakukan maintenance yang biayanya lebih rendah dan mudah dilakukan.

Sehingga lalu lintas lintas organik akan terus datang tanpa perlu mengeluarkan biaya yang besar lagi.

Kalau pun butuh biaya, maka itu bisa dibiayai dari hasil SEO yang sudah didapatkan. Sehingga budget pemasaran akan lebih hemat lagi. Inilah bedanya SEO dengan iklan website.

4. SEO Meningkatkan Pengalaman Pengguna (UX) dan Kegunaan Situs Web

Meskipun istilah SEO menunjukkan bahwa ini strategi pengoptimalan mesin pencari, tapi strategi ini juga dapat meningkatkan pengalaman pengguna situs web Anda. Kok bisa?

Seperti yang telah kita bahas di atas, SEO melibatkan peningkatan kecepatan pemuatan situs web, respons web versi seluler, dan lainnya. Jadi, saat Anda melakukan semua hal ini, Anda memastikan pengunjung situs web Anda juga akan mendapatkan pengalaman yang positif. 

Dan hal-hal ini akan meningkatkan konversi situs web Anda dan interaksi pengunjung di website, yang pada akhirnya akan membantu kampanye pemasaran digital Anda.

5. SEO Dapat Memberikan Keunggulan Kompetitif untuk Bisnis Anda

SEO dapat secara signifikan menguntungkan kampanye pemasaran digital Anda dalam ranah digital yang sangat kompetitif saat ini.

Setelah menerapkan strategi SEO yang benar, Anda dapat mengungguli pesaing Anda di peringkat pencarian. Dan pada akhirnya akan membantu Anda menarik lebih banyak pelanggan ke bisnis Anda, meningkatkan pangsa pasar bisnis Anda, dan menjadikan diri Anda sebagai pemimpin industri. Jadi, itulah cara lain untuk menunjukkan pentingnya dan peran SEO dalam pemasaran digital.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *