Home » BISNIS ONLINE » Maksimalkan Bisnis Anda Melalui Bisnis Online dan Bisnis Offline

Maksimalkan Bisnis Anda Melalui Bisnis Online dan Bisnis Offline

Bisnis Offline vs Bisnis Online
(c) squarespace.com

Sebentar lagi kita akan dihadapkan para era pasar bebas ASEAN, tepatkan di awal 2016 nanti. Moment ini seharusnya bisa menjadi kebangkitkan bisnis lokal kita akan bisa bersaingan secara global.

Selain adanya pasar bebas ASEAN atau yang dikenal MEA ini, juga diimbangi dengan perubahan model bisnis di era sekarang yang lebih dominan pada sisi digital. Ya, sekarang eranya digital marketing untuk itu alangkah baiknya jika bisnis offline sekarang ini dikolaborasikan dengan bisnis online.

Maksudnya adalah dalam hal metode pemasarannya. Bisnis offline harus tetap jalan, karena itu bisa meningkatkan citra kepada konsumen, sedang online bisa digunakan untuk mempercepat proses pemasaran yang efektif dan efisien.

Sayangnya, bagi usaha kecil menengah, beredar rumor kalau sekarang itu nggak jamannya toko offline. Sekarang ini jamannya toko online, sehingga banyak yang berbondong-bondong membuat toko online. Itu benar dan itu sah-sah saja, tetapi jika memang memiliki modal dan kemauan, alangkah baiklah keduanya baik offline maupun online tetap dijalankan dengan seimbang.

Sebenarnya baik bisnis offline maupun bisnis online memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut beberapa diantaranya :

Kelebihan Bisnis Online dari sisi pengusaha Bisnis Online :

  1. Modal Relatif Kecil
    Dari sisi pemilik usaha online, modal yang dibutuhkan untuk bisnis online cukup kecil. Ya meskipun membutuhkan komputer, internet, website, dll, tapi itu semua tidak banyak jika dibandingkan untuk menyewa kios, membayar listrik yang ada di bisnis offline.
  2. Waktu Lebih Fleksibel
    Karena pemasaran secara online sifatnya 24 jam. Maka waktu bisa fleksibel. Anda bisa mengelola bisnis kapan pun dimana pun, asal ada seperangkat laptop dan internet.
  3. Segmen Pasar Luas
    Yang disukai dalam pemasaran online ini selain mudah dioperasikan juga memiliki target market yang luas. Anda bisa berjualan dengan segmen langsung seluruh dunia bisa, atau hanya orang-orang yang ada di Indonesia saja bisa. Karena internet ini global, bisa diakses oleh siapa saja dan dimana saja.

Kelebihan Bisnis Online dari sisi pembeli :

  1. Dari sisi pembeli jelas akan memberikan kemudahan, seperti bisa mendapatkan produk yang tidak ada disekitarnya dengan mudah. Biaya yang murah karena penjual tidak dibebani dengan biaya sewa kios dll. Selain itu pembeli tidak perlu pergi ke mall atau tempat perbelanjaan, cukup mengakses internet maka siap untuk transaksi jual beli.

Kekurangan Bisnis Online dari sisi pembeli :

  1. Meski mudah, tetapi masih ada sebagian pembeli yang khawatir jika membeli barang secara online. Hal ini bisa diakibatkan karena mulai bermunculan kasus penipuan online, produk yang tidak sesuai dengan foto, atau bisa juga karena pelayanan yang tidak memuaskan dari sisi penjual.
  2. Dan yang lumut dari pihak penjual adalah tidak memberikan garansi purna jual. Sehingga ketika ada pembeli yang ingin komplain atau menukar barang terkadang masih terkendala.

Sedangkan Kelebihan Bisnis Offline dari sisi pembeli :

  1. Pembeli bisa dengan mudah melakukan cek dan ricek barang yang akan dibelinya. Sehingga tidak perlu takut kalau barang tidak sama.
  2. Pembeli mudah untuk menukarkan maupun mengembalikan barang jika ada kerusakan atau tidak cocok dengan keinginan.

Kekurangan Bisnis Offline dari sisi pengusaha Bisnis Offline:

  1. Modal dan biaya operasional lumanyan tinggi.
    Hal ini dikarenakan untuk biaya sewa lokasi, belum lagi urusah administrasi lainnya.
  2. Hanya menjangkau pembeli dalam batas tertentu
  3. Memiliki keterbatasan waktu dalam berjualan
  4. Biaya promosi cukup besar.

Nah, dari keduanya ini baik bisnis offline maupun bisnis online memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Untuk itu dari kekurangan dan kelebihan ini bisa saling menutupi maupun melengkapi jika keduanya dijalankan secaa bersama-sama.



Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

15 − 13 =