7 Unsur Artikel Marketing yang Wajib Diketahui Para Pemilik Bisnis Online

Pernah mendengar istilah artikel marketing? Artikel marketing merupakan salah satu cabang dari konten marketing, yang lebih fokus di dunia digital atau internet.

Seperti kita ketahui, marketing dalam suatu perusahaan maupun bisnis merupakan hal yang sangat penting. Dengan menjalankan sistem marketing yang benar, ditambah dengan staff marketing yang berpengalaman, maka proses pengenalan produk atau jasa kita juga akan lebih cepat ke konsumen.

Sebagian besar dari bisnis startup maupun bisnis online saat ini, sangat maksimal dalam membuat artikel marketing. Dengan membuat artikel marketing, efeknya juga akan lebih besar terhadap lalu lintas website milik perusahaan atau bisnis online tersebut.

Artikel marketing juga bisa dikatakan sebagai jenis iklan yang ditulis perusahaan, kemudian akan di sebar ke berbagai outlet yang sesuai (toko online) agar mudah ditemukan oleh pelanggan saat mereka sedang mengakses social media atau suatu website tertentu.

Pengertian Artikel Marketing dan Manfaatnya untuk Pebisnis Online

Artikel Marketing

Menulis artikel marketing, sekilas mungkin sama saja dengan menulis artikel pada umumnya. Ide dasar dari artikel marketing adalah menulis beberapa artikel tentang topik yang terkait dengan suatu produk, industry atau layanan pada bisnis Anda. Setelah itu, artikel ini akan dibagikan secara gratis kepada orang lain, untuk dipublikasikan di situs web atau email newsletter.

Artikel yang ditulis akan berakhir dengan kotak sumber, yang isinya adalah informasi seputar produk serta layanan bisnis milik Anda. Bisa juga dibuatkan link kembali ke situs website bisnis online Anda, sehingga pembaca akan membaca website tersebut dan berharap bisa membeli produk atau layanan yang ditawarkan pada artikel marketing tersebut.

Para pebisnis online tentunya sangat membutuhkan artikel marketing, untuk dijadikan salah satu strategi marketing mereka dalam mempromosikan bisnis onlinenya. Setiap artikel marketing yang dibuat akan bekerja dengan cara mengajak dan mengirim pengunjung ke situs website bisnis online Anda, sesuai dengan yang ditargetkan.

Artikel marketing itu sendiri, biasanya dibuat oleh tim penulis khusus yang memahami digital marketing dan berpengalaman dalam bidang tersebut. Tetapi, pemilik  bisnis atau pemula bisnis sekalipun sepertinya bisa untuk menulis artikel marketing, asalkan mengetahui tentang unsur-unsur artikel marketing yang wajib ada dalam penulisan artikel tersebut.

Baca juga : Begini Cara Membuat Artikel Blog untuk Website Bisnis

Unsur – Unsur Artikel Marketing

Bagi Anda yang baru saja ingin memulai bisnis online, atau bahkan ingin mengembangkan bisnis online Anda agar semakin banyak menjangkau konsumen, membuat artikel marketing sendiri tentu bisa Anda lakukan.

Pastikan artikel marketing Anda tidak hanya membahas seputar produk atau jasa yang ditawarkan, tetapi juga harus memenuhi beberapa unsur-unsur artikel marketing, seperti berikut ini:

1. Mencantumkan Kotak Link Sumber

Setiap Anda selesai membuat artikel marketing, jangan lupa untuk mencantumkan kota link sumber. Link tersebut adalah situs website bisnis online Anda, yang kemungkinan besar akan diklik oleh pengunjung artikel dan berpotensi untuk menjadi pelanggan Anda.

2. Memiliki Niche yang berhubungan dengan bisnis online

Sebelum menulis artikel marketing, unsur –unsur artikel marketing seperti niche yang sesuai juga harus diperhatikan. Niche artikel ini nantinya bisa juga diterbitkan di situs blog atau website lainnya, yang  memiliki niche yang sama. Umumnya, niche yang banyak digunakan adalah tentang bisnis online.

3. Jumlah Kata Artikel yang Pendek

Umumnya, artikel marketing yang banyak dibuat oleh para penulis memiliki jumlah kata yang tidak terlalu panjang. Artikel yang panjang, cenderung akan membuat pembaca bosan dan menghindari artikel tersebut. Artikel marketing sebaiknya dibuat dengan panjang antara 300 – 700 kata saja.

4. Membuat Artikel yang Menjawab Kebutuhan

Isi dari artikel marketing juga harus menjawab kebutuhan pelanggan. Nantinya, hal ini akan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan terhadap produk atau jasa bisnis online Anda. Sebelum membuat artikel marketing, pikirkan tentang kebutuhan inti dari pelanggan potensial Anda, sehingga lebih mudah menarik mereka untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan bisnis online Anda.

5. Mencantumkan kata kunci

Saat menulis artikel marketing, unsur-unsur artikel marketing yang tidak kalah penting adalah mencantumkan kata kunci. Gunakan alat seperti Google Analytics atau Ubbersugest, untuk mengetahui apa kata kunci pencarian yang populer yang kemungkinan besar akan dicari calon pelanggan Anda. Kata kunci yang tepat, bisa meningkatkan traffic website atau toko online Anda.

Baca juga : SEO, Solusi Meningkatkan Pengunjung Toko Online

6. Menulis artikel dengan benar

Pastikan Anda menghindari adanya kesalahan pengetikan, kesalahan ejaan dan selalu mengutamakan kualitas serta kuantitas dari artikel yang dibuat.

7. Artikel Ditulis Secara Konsisten

Artikel marketing merupakan salah satu cara untuk marketing digital yang efektif. Maka dari itu, artikel jenis ini harus dibuat secara teratur, konsisten dalam jumlah yang cukup banyak. Setidaknya, Anda atau penulis artikel marketing harus menulis 20 – 30 artikel untuk suatu bisnis online.

Artikel marketing yang dibuat, dapat membantu Anda untuk mempromosikan produk atau jasa dari bisnis online Anda, agar lebih mudah dijangkau oleh calon pelanggan potensial yang ditargetkan. Dengan memenuhi unsur – unsur artikel marketing seperti di atas, artikel yang dibuat bisa lebih terarah dan sesuai tujuan awal, untuk menarik pelanggan potensial tersebut. Selamat mencoba!



Baca Artikel dari Tags:

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.