Cara Menambah Ulasan Google Maps Melalui Komputer dan Smartphone

Apa yang terjadi ketika Anda memotret foto makanan di sebuah restoran atau kafe melalui smartphone Anda? Biasanya, akan muncul notifikasi dari Google maps, untuk membuat ulasan Google maps tersebut.

Jika Anda mengalami hal seperti itu, sebaiknya Anda ikut berkontribusi untuk memberikan ulasan melalui Gmaps Google Bisnis.

Setiap ulasan yang diberikan akan membantu orang lainnya untuk menemukan tempat yang sama dan merasakan pengalaman yang Anda rasakan ketika berada di suatu tempat atau menikmati makanan tertentu.

Gmaps Google Bisnis itu sendiri merupakan salah satu fitur Google Maps yang membantu untuk mempromosikan suatu tempat atau bisnis di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia.

Cara Menambah Ulasan Google Maps Melalui Komputer dan Smartphone

Ulasan Google Maps

Dengan Google Maps, Anda dapat menulis ulasan tentang tempat yang sudah dikunjungi, makanan yang pernah dicoba, hingga memberikan informasi tentang tempat tersebut, apakah tempat tersebut romantis, ramah anak, ramai, sepi, terang dan lain sebagainya.

Ulasan atau opini yang telah Anda buat melalui Google Maps bersifat sukarela, artinya pihak Google tidak membayar Anda untuk setiap ulasan yang dibuat. Namun, dengan memberikan ulasan terbaik, Anda membantu banyak orang untuk memberikan informasi seputar tempat, makanan dan hal-hal penting lainnya terkait dengan lokasi dari tempat tersebut.

Jika Anda adalah pemilik suatu bisnis, maka keberadaan ulasan dari Google Maps ini akan membantu Anda memperkenalkan bisnis tersebut kepada calon pelanggan potensial. Jika Anda adalah pengulas (orang yang memberikan ulasan Google Maps), maka Anda juga membantu suatu bisnis untuk lebih berkembang, dan Anda akan mendapatkan predikat sebagai Local Guide di Google Maps.

Yang akan kita Bahas pada artikel kali ini adalah, bagaimana cara menambah ulasan Google Maps melalui Komputer dan Smartphone. Berikut selengkapnya:

Cara Menambah Ulasan Google Maps di Komputer

  • Setelah layar komputer atau laptop Anda masuk ke Google, ketikan Google Maps dan pastikan Anda sudah Login dengan akun Google Anda sebelumnya
  • Anda input nama suatu tempat atau kafe atau restoran yang ingin di ulas, kemudian klik Google Reviews
  • Setelah ada tampilan ulasan dan rating dari tempat tersebut, klik Tulis ulasan di pojok sebelah kanan
  • Ulasan yang Anda buat juga bisa edit dan diubah rating serta gambarnya, untuk kemudian di publikasikan kembali

Cara Menambah Ulasan Google Maps di Smartphone (Android)

  • Di ponsel atau tablet Android Anda, pastikan sudah ada aplikasi Google Maps, kemudian buka aplikasi tersebut
  • Telusuri tempat atau tap tempat tersebut pada peta di Gmaps
  • Di bagian bawah, tap alamat atau tap nama dari tempat yang dimaksud
  • Di bagian atas, tap ulasan
  • Kemudian scroll ke bawah hingga Anda bisa melihat 5 bintang kosong. Berikan rating dengan melakukan tap bintang untuk menilai
  • Berikan ulasan jujur Anda mengenai tempat atau makanan yang pernah Anda coba
  • Jika Anda menggunakan iPhone atau iPad, gunakan aplikasi Google Maps dan lakukan beberapa langkah tadi, seperti halnya cara menambah ulasan Google Maps melalui smartphone Android

Baca juga : Cara Menambahkan Lokasi Bisnis di Google Maps Mudah Sekali!

Bagaimana, mudah bukan untuk memberikan ulasan dan rating pada Google Maps. Dengan berkontribusi memberikan ulasan ini, bahkan Anda bisa mendapatkan predikat sebagai Local guide dan mendapatkan keuntungan menarik, seperti diskon hotel dan penawaran menarik lainnya.

Cara menambah ulasan Google Maps melalui komputer atau smartphone hampir sama, dan Anda akan dengan mudah melakukannya. Selamat mencoba!



Baca Artikel dari Tags:

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.