Home » BISNIS ONLINE » Persiapan Awal Sebelum Bisnis Online PPC Google AdSense

Persiapan Awal Sebelum Bisnis Online PPC Google AdSense

Image via freelancepulp.com

Memutuskan untuk berbisnis online tentu harus mengetahui jenis-jenis bisnis online yang akan dilakukan. Soalnya, bisnis online sendiri memiliki jenis atau macam yang banyak. Sehingga Anda perlu menyesuaikan dengan skill dan kemampuan yang Anda miliki.

Beberapa bisnis online yang umumnya dilakukan banyak orang adalah berjualan online (toko online), afiliasi marketing, pay per click atau membuka jasa secara online. Kali ini saya akan memberikan penjelasan mengenai bisnis online Pay Per Click (PPC). Karena bisnis online ini bisa dilakukan oleh siapa saja dan mudah untuk dilakukan. Asal memiliki passion dalam menulis, karena bisnis online ini berhubungan dengan tulis menulis yaitu blog. Ya meskipun ada yang bisa dilakukan melalui YouTube, tapi kali ini saya fokuskan PPC Google AdSense melalui blog.

Sebenarnya program PPC sendiri banyak, namun yang rata-rata digunakan para pebisnis online adalah PPC Google AdSense. Google AdSense sendiri program PPC dari Google untuk menayangkan iklan dari advertiser yang telah memasang iklan melalui program Google AdWords. Jadi kalau bisa saya sampaikan melalui gambar, skemanya seperti ini :

Alur Google AdSense

Penjelasan: Advertiser/Brand beriklan ke Google melalui program Google AdWords, campaign iklan dari advertiser ditayangkan oleh Google melalui program Google AdSense. Dan dari Google AdSense inilah campaign-campaign iklan di distribusikan atau ditayangkan ke berbagai blog/website yang telah terdaftar di jaringan Google AdSense. Publisher/Blogger akan mendapatkan penghasilan dari iklan yang tayang di blognya jika ada pengunjung yang melakukan interaksi (klik) ke iklan tersebut.

***
Nah, itu tadi sedikit penjelasan mengenai Google AdSense jika Anda memang belum mengetahuinya. Selanjutnya, jika Anda ingin bisnis online PPC Google AdSense ini maka harus memperhatikan beberapa hal terutama masalah teknisnya.

Berikut persiapan awal yang perlu Anda lakukan sebelum mendaftarkan sebagai publisher Google AdSense.

1. Membuat Blog

Karena blog adalah media penayang iklan dari Google AdSense maka dari itu Anda harus memiliki blog. Blog yang seperti apakah yang sesuai dengan kriteria kebijakan Google AdSense? Blog harus memiliki konten(artikel) yang orisinal bukan artikel copy paste. Blog tidak boleh berisi konten yang berbau SARA maupun pornografi. Blog harus selalu di update. Dan masih banyak lagi syarat dan ketentuan yang harus dimiliki. Untuk lebih jelasnya Anda bisa membaca langsung di website resminya https://support.google.com/adsense/answer/48182?hl=id

2. Konsisten dan Fokus Mengelola Blog

Jangan terburu-buru untuk mendaftarkan blog Anda. Kelola terlebih dahulu blog Anda secara konsisten dan fokus. Sajikan konten-konten yang berkualitas bukan copas. Cek kembali apakah blog Anda sudah memenuhi kriteria Google AdSense dan tidak melanggarnya. Sehingga nanti ketika Anda mendaftar, peluang untuk ditolak sangat kecil.

3. Dapatkan Pengunjung Yang Banyak

Karena kunci dari Google AdSense dari banyaknya pengunjung blog Anda, maka lakukan optimasi blog Anda agar memiliki kunjungan per hari yang banyak. Saya sarankan jika sudah memiliki kunjungan minimal 500 pengunjung per hari, Anda bisa daftarkan Google AdSense. Anda bisa mencoba menggunakan teknik SEO atau gunakan jejaring sosial untuk menggaet para pengunjung.

Jika Anda telah melakukan ketika tahap di atas, Anda bisa melakukan pendaftaran. Saran dari saya lebih baik blog dikelola dahulu, mungkin hingga 3 bulan agar bisa menghasilkan artikel yang banyak dan kunjungan yang banyak. Setelah itu Anda bisa mendaftar di Google AdSense. Jika syarat dan ketentuan dari Google AdSense sudah terpenuhi, Insya Allah Anda akan diterima Google AdSense. Selamat Mencoba.

Bagikan artikel ini :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *