Home » PERBANKAN » Tips Sehat Menggunakan Kartu Kredit

Tips Sehat Menggunakan Kartu Kredit

Tips Sehat Menggunakan Kartu Kredit
Image via cosmopolitanfm.com

Secara umum, penggunaan kartu kredit bisa mempermudah masalah keuangan Anda khususnya untuk hal-hal yang berbau transaksi belanja nontunai. Kartu kredit bisa dijadikan solusi untuk kemudahan bertransaksi karena adanya beberapa benefit dan manfaat yang didapatkan. Dengan begitu, keberadaan kartu kredit ini diharapkan bisa menjadikan sarana dan fasilitas bagi seorang nasabah dalam meng-handle keuangannya.

Namun sayangnya masih banyak yang belum mengetahui bagaimana menggunakan kartu kredit yang benar. Sehingga banyak yang terjebak oleh utang maupun tagihan yang begitu besar.

(Baca juga : 7 Manfaat Kartu Kredit Yang Bisa Anda Nikmati )

Sebagai pengguna kartu kredit, Anda harus cerdas dan cermat dalam menentukan sebuah transaksi. Berikut tips menggunakan kartu kredit yang bisa Anda gunakan agar keuangan Anda bisa terkontrol dengan baik.

  • Gunakan satu kartu kredit – Usahakan untuk memiliki hanya satu kartu kredit saja. Menggunakan lebih dari satu kartu kredit maka akan memperbesar peluang Anda untuk terjerat dalam timbunan hutang. Percaya atau tidak namun itu bisa saja terjadi.
  • Jangan semua dibayar dengan kartu kredit – Ingat, meskipun kartu kredit menawarkan kemudahan dalam bertransaksi, jangan sampai semua transaksi Anda dibayar menggunakan kartu kredit. Kalau bisa dibayar dengan cash, transfer bank atau atm, silahkan gunakan cara tersebut. Kartu kredit bisa Anda gunakan untuk hal-hal yang sifatnya urgent dan memang mengharuskan menggunakan kartu kredit saja.
  • Cek Harga Dipasaran – Ini jika Anda ingin melalukan cicilan menggunakan kartu kredit. Meskipun ada cicilan 0%, pastikan nominal harga yang ditawarkan sama dengan harga pasar. Karena bisa jadi, meskipun diberikan cicilan 0% tapi harganya sudah dinaikkan dari harga pasar. Sama aja kan.
  • Bayar tagihan tepat waktu – Pastikan tagihan dibayarkan tepat waktu, atau kalau bisa justru sebelum jatuh tempo. Meskipun pembayaran tagihan bisa dicicil tiap bulan, tapi itu justru akan memberatkan Anda. Karena bakal terkena bunga yang tinggi.
  • Prioritaskan Para Tagihan Dengan Bunga Tinggi – Ini berlaku jika Anda memiliki lebih dari satu kartu kredit. Untuk membayar tagihannya, prioritasnya untuk membayar yang memiliki bunga paling tinggi. Baru melunasi yang memiliki bunga kecil.
  • Jaga keamanan – Saat ini banyak sekali modus penipuan melalui kartu kredit. Untuk itu selalu waspada dan amankan dengan menggunakan password yang sulit ditebak. Dan tingkatkan kewaspadaan bertransaksi online menggunakan kartu kredit, pelajari bagaimana cara bertransaksi online yang aman.

Kartu kredit sangat membantu masalah manajemen keuangan Anda jika hal itu dilakukan dengan benar dan tepat. Untuk itu, sebagai pengguna haruslah cerdas dan cermat dalam setiap transaksi. Sangat penting untuk mempelajari setiap benefit yang diberikan pada kartu kredit Anda. Karena setiap kartu kredit memiliki benefit yang berbeda-beda.



Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

14 − 11 =