Home » BISNIS ONLINE » Layanan Google Yang Dapat Membantu Percepatan Bisnis Online Anda
Layanan Google

Layanan Google Yang Dapat Membantu Percepatan Bisnis Online Anda

Google lebih dikenal oleh masyarakat sebagai mesin pencari, tetapi tahukah Anda bila Google memiliki berbagai tool yang bisa digunakan untuk percepatan bisnis Anda.

Ya, jika Anda berkutat dalam dunia bisnis online, keberadaan layanan Google sangatlah membantu baik untuk kebutuhan riset maupun pemasaran.

Sayangnya, masih sedikit yang mengetahui berbagai layanan Google yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan bisnis. Dan banyak diantaranya para pelaku bisnis online yang masih mengandalkan pihak ketiga untuk mengelolanya.

Padahal jika dilakukan sendiri tentu akan lebih menghemat biaya.

Berikut ini beberapa layanan Google yang dapat membantu percepatan bisnis Anda :

#1 Google Apps

Google Apps

Layanan Google Apps for Business ini sebenarnya memiliki aplikasi yang sama seperti layanan Google versi gratis pada umumnya. Layanan seperti Gmail, Google Drive, Calender, Google Docs, dll. Tapi yang membedakan adalah, dengan Google Apps for Business ini nanti Anda akan bisa mengelola email dengan domain Anda sendiri. Misalnya ‘adi@etalasebisnis.com’. Sehingga untuk kebutuhan bisnis, pengguna email dengan domain pribadi bukan ‘@gmail.com’ akan menambah profesionalitas dalam berbisnis.

Selain itu, kelebihan dari Google Apps adalah menyediakan Unlimited Storage. Jika Anda menggunakan layanan Google versi gratis, maka hanya mendapatkan space yang terbatas.

Layanan Google Apps for Business ini berbayar dan dua pilihan biaya. Google Apps (Standard 30 GB Email Hosting) biaya $5 per user per bulan. Sedangkan Google Apps (with Unlimited storage & Vault) biaya $10 per user per bulan.

#2 Google AdWords

Google AdWords

Jika bisnis online Anda mulai lesu, Anda bisa menggunakan layanan Google AdWords ini. Google AdWords adalah layanan periklanan dari Google yang nantinya iklan Anda bisa ditayangkan di Google Search Result dan juga bisa ditayangkan di media publisher atau rekanan Google AdWords.

Layanan Google AdWords ini terbilang cukup banyak digunakan oleh pebisnis online, karena mampu melakukan pemasaran online yang tertarget.

Untuk biayanya sendiri tergantung dari budget Anda dan juga bid masing-masing kata kunci.

#3 Google Keyword Planner

Google Keyword Planner

Memiliki website atau toko online yang SEO Friendly tentu sangat didambakan oleh sebuah pemilik website. Dengan menggunakan Google Keyword Planner (https://adwords.google.com/KeywordPlanner), Anda bisa mendapatkan kata kunci terbaik yang bisa digunakan untuk website Anda.

Selain itu, Google Keyword Planner juga bisa digunakan untuk menyusun campaign iklan di Google AdWords. Yang mana peran Google Keyword Planner adalah menemukan kata kunci yang relevan dengan nilai CPC (Cost Per Click) yang sesuai dengan budget Anda. Layanan ini gratis.

#4 YouTube

YouTube

Layanan Google yang satu ini pasti sudah Anda kenal. Tapi sayangnya, masih banyak yang belum berani membuat channel video di YouTube. Padahal, dengan semakin meningkatnya penonton YouTube, Anda bisa membuat channel khusus untuk bisnis Anda. Pemasanan melalui video sangat efektif karena banyak masyarakat yang menyukai iklan dalam bentuk audio visual.

#5 Google Search

Google Search

Google Search rasanya sudah tak asing lagi. Jika Anda pemilik bisnis, jangan hanya gunakan Google Search untuk mencari ide-ide bisnis atau informasi lainnya saja. Tapi gunakan untuk mempercepat bisnis online Anda. Caranya dengan mengoptimalkan website Anda dari sisi SEO (Search Engine Optimization). Sehingga Anda bisa menjaring banyak calon customer jika website Anda berhasil nangkring di halaman pertama pencarian Google Search.

Itulah 5 layanan Google yang saya rasa sangat potensial untuk digunakan sebagai percepatan bisnis online Anda.

Sekarang kesimpulannya adalah maukah Anda memulainya sekarang untuk bisnis Anda?

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eleven + one =