Home » TIPS » Tips Meningkatkan Omzet Penjualan Online di Tokopedia
Meningkatkan Penjualan Online di Tokopedia
Tokopedia Roadshow 2015 Solo / Borobudur Ballroom Novotel Hotel Solo

Tips Meningkatkan Omzet Penjualan Online di Tokopedia

Selalu ada yang menarik di sebuah acara seminar bisnis dan sejenisnya ketika sudah memasuki sesi tanya jawab. Dan ini terjadi juga di saat event Tokopedia Roadshow 2015 Solo pada Minggu, 25 Oktober 2015 kemarin di Borobudur Ballroom, Novotel Hotel Solo.

Bersyukur saya bisa hadir dalam acara tersebut bersama rekan-rekan blogger lainnya.

Salah satu yang menarik di acara Tokopedia Roadshow 2015 Solo kemarin adalah adanya salah satu narasumber yang berasal dari Malang. Beliau adalah Ibu Dina Sri Agustin seorang Seller Tokopedia yang berjualan Wall Sticker secara online hanya di Tokopedia.com.

Ibu Dina - Tokopedia Roadshow 2015 Solo

Ibu Dina Seller Toped (tengah) saat Talk Show Tokopedia Roadshow 2015 Solo – (c) @Tokopedia

Tentu hadirnya Ibu Dina sebagai salah satu Seller Tokopedia akan membawa dampak yang positif bagi seller-seller Tokopedia lain untuk saling bertukar cerita, pengalaman dan tips dalam berjualan online di Tokopedia. Dan benar saja, banyak audience yang semangat untuk bertanya kepada Ibu Dina seputar pengalamannya dan tak ada yang malu untuk meminta tips jualan di Tokopedia. (Baca juga: 9 Tips Jualan Online Di Tokopedia Yang Perlu Anda Ketahui)

Salah satu pertanyaan yang menarik dari audience adalah bagaimana menaikkan omzet penjualan online di Tokopedia.

Mengapa pertanyaan ini muncul?

Karena dari talk show acara Tokopedia Roadshow 2015 Solo ini, Ibu Dina sharing jika ia saat ini mampu meraup omzet hingga Rp 16 Juta per bulannya hanya dari jualan online Wall Sticker di Tokopedia.

Tentu ini sesuatu yang sangat luar biasa dan mengesankan untuk para audience Talk Show yang bertajuk “Ciptakan Peluangmu!” ini.

Meskipun saya belum berjualan di Tokopedia tapi saya juga sangat antusias mendengarkan jawaban dari Ibu Dina atas pertanyaan itu.

Sebagai informasi, Ibu Dina dulunya adalah seorang karyawan yang telah mendapatkan penghasilan tetap setiap bulannya. Namun, karena beliau ingin menciptakan peluang baru, ia resign dari perusahaannya. Singkat cerita, Ibu Dina mendapatkan informasi produk yang baru didengarnya yakni Wall Sticker. Lantas beliau berniat untuk menjualnya di Tokopedia. Meski sekarang sudah beromzet jutaan, tapi Ibu Dina dulunya hanya beromzet recehan. Berkat ketekunan dan kerja kerasnya, kini ia bisa sukses dari sisi finansial.

Dan untuk itu melalui blog bisnis indonesia EtalaseBisnis.com ini saya akan berbagi informasi dari apa yang telah Ibu Dina berikan untuk jawaban tersebut. Jawaban yang merupakan tips meningkatkan omzet penjualan online di Tokopedia ini. Tapi tentunya tidak sama persis seperti yang diucapkan Ibu Dina.

Saya akan memberikan hasil kesimpulannya baik yang diberikan Ibu Dina, Pak Leontinus Alpha Edison (COO Tokopedia) yang juga hadir sebagai narasumber serta dari hasil dari riset saya sendiri setelah melihat platform yang ada di Tokopedia dari sisi Seller. Untuk itu silahkan disimak dan semoga bisa bermanfaat.

1. Siapkan Informasi Toko Anda

Ini ditujukan bagi yang sedang ingin membuka toko di Tokopedia. Salah satu kunci keberhasilan jualan online terletak pada tingkat kepercayaan pembeli terhadap toko atau jualan Anda. Kepercayaan itu muncul salah satunya berasal dari nama dan informasi. Untuk itu berikan informasi yang valid di Toko Anda, seperti informasi Nama Toko yang jelas, Nama Anda sebagai penjual, Alamat Anda, Nomor HP yang valid, deskripsi toko yang jelas, dan lainnya.

2. Pakai Judul Produk Yang Detail

Seperti yang disampaikan oleh Ibu Dina kemarin, sebaiknya para seller Toped mulai membenahi judul tiap produknya dengan lebih detail dan lengkap. Misalnya begini, jika Anda berjualan Batik jangan hanya menuliskan judul produk Batik saja, tetapi disesuaikan dengan produknya, Batik Tulis Pria Motif Wayang. Buatlah judul yang selengkap mungkin. Mengapa ini perlu? Karena ketika nanti ada pembeli yang mencari produk batik melalui kolom pencarian, maka produk Anda bisa tampil berkat penempatan kata yang komplit.

3. Jangan Acuhkan Deskripsi Produk

Sebenarnya tidak hanya di judul saja, tetapi yang tak kalah pentingnya adalah di deskripsi produk. Ini justru yang kadang luput dari para seller. Deskripsi produk hendaknya diisi sedetail mungkin, unik dan menarik dengan jumlah minimal 200 kata. Pihak Tokopedia pun bahkan sudah memberikan tips ini agar bisa meningkatkan transaksi.

Manfaatnya sangat banyak apabila deskripsi produk Anda diisi dengan detail. Yang pertama, akan membantu masalah hasil pencarian produk di form pencarian Tokopedia. Yang kedua, akan membantu mengoptimalkan hasil pencarian di mesin pencari (seperti Google) atau hal ini biasa disebut SEO. Yang ketiga, sebagai penarik pembeli agar melakukan transaksi. Cobalah pelajari soal Content Marketing dan Copywriting. Dua hal ini akan menjelaskan bagaimana menulis konten yang bisa menarik pembeli untuk melakukan transaksi.

4. Gunakan Fitur Promosi Yang Ada

Di Tokopedia telah menyediakan berbagai pilihan fitur Promosi yang bisa Anda coba. Di antaranya adalah Fitur Dink It. Fitur ini akan muncul tiap 60 menit sekali dan Anda bisa klik itu untuk mempromosikan produk Anda. Layanan ini gratis. Jika tidak ingin repot tiap 60 menit klik “dink it” ini, Anda bisa menggunakan Fitur TopAds. Dengan menggunakan Fitur TopAds ini produk Anda bakal dipromosikan dan muncul di tempat-tempat strategis yang telah ditentukan Tokopedia, seperti di bagian samping kanan dan bawah halaman pencarian. TopAds ini terbukti Ampuh.

TopAds Tokopedia

Image (c) Blog.Tokopedia.com

Fitur TopAds ini berbayar tetapi sangat murah sekali, hitungannya hanya per klik. Biaya per klik mulai Rp 50,-, sangat murah kan. Akan tetapi jika Anda ingin menggunakan Fitur TopAds ini pastikan toko Anda sudah berlangganan Gold Merchant. Nah, memakai fitur Gold Merchant ini juga menjadikan keuntungan tersendiri. Toko Anda akan memiliki “Gold Badge” yang bisa meningkatkan kepercayaan pembeli.

5. Berikan Pelayanan Yang Cepat dan Tepat

Sebagai Seller, Anda harus lebih aktif dari buyer. Jangan sampai ada buyer yang menanyakan kabar pesanannya karena Anda malas untuk memberikan informasinya. Jawablah pertanyaan-pertanyaan dengan cepat dari pembeli yang dikirimkan kepada Anda. Selain itu, segera proses pesanan dengan cepat dan tepat sesuai dengan apa yang pembeli pesan. Pelayanan yang baik ini akan berdampak baik bagi pembeli yang nantinya pembeli bisa memberikan rating maksimal untuk toko Anda. Rating dan Testimonial inilah yang nantinya menjadi senjata Anda agar lebih dipercaya oleh pembeli.

6. Bagikan ke Social Media

Jangan lupa untuk menggunakan social media seperti Facebook, Twitter, Google+, dll untuk meningkatkan pengunjung toko Anda. Social Media ini sebagai jembatan yang cukup efektif agar toko Anda mendapatkan kunjungan yang lebih. Jika sudah mendapat kunjungan yang lebih otomatis peluang terjadinya transaksi akan meningkat.

Nah, itulah beberapa tips meningkatkan omzet penjualan online di Tokopedia. Owh ya, jangan lupa untuk mendesain cover toko dengan menarik dan unik. Karena cover toko yang ukurannya cukup besar itu dapat meningkatkan minat pembeli.

Besok Sabtu, 31 Oktober 2015 juga bakal ada Tokopedia Roadshow 2015 di Jogja. Bagi yang berkenan ingin menimba ilmu dan pengalaman dari Top Seller Tokopedia, langsung saja mendaftarkan diri secara online di sini https://goo.gl/zT9P7Z

Lalu apakah Anda berani menciptakan peluang besar ini?

  • adi pradana

    Setelah membaca artikel ini, insyaallah saya berani mengambil peluang… semangaaat! Hehehe

  • Kemarin kita ketemu ya Mas? Maaf, telat menyadari.