Home » TIPS » Tips Membuka Usaha Sendiri Tanpa Dililit Hutang

Tips Membuka Usaha Sendiri Tanpa Dililit Hutang

Memulai Usaha Tanpa Hutang

Sering kali seseorang jika ingin membuka usaha tidak berani karena tidak memiliki modal yang cukup. Alhasilnya keinginan untuk berwirausaha pun gugur begitu saja.

Namun, ada juga yang nekat berwirausaha tetapi dengan menggunakan modal hutang. Nah, kalau yang seperti ini tentu harus perlu persiapan yang matang. Karena dengan modal hutang tentu beban pengeluaran nantinya juga akan semakin besar.

Jika Anda hanya sekedar asal hutang, jangan kaget jika nanti Anda bisa dililit hutang.

Lebih baik, Anda mencoba memulai usaha dari modal yang dimiliki dulu saja. CEO Facebook, Mark Zuckenberg, dulu itu mengalami bisnis startupnya hanya bermula dari keahlian yang dimilikinya. Ia tak punya modal besar. Tetapi setelah temuannya berhasil memikat banyak orang, akhirnya banyak investor berdatangan.

Jadi, mulailah bisnis dengan modal yang dimiliki agar Anda tidak perlu hutang yang justru akan berujung pada kebangkrutan.

Berikut beberapa tips yang dapat Anda pelajari untuk memulai usaha sendiri tanpa dililit hutang:

1. Apa Sih Alasan Anda Membuka Bisnis Itu

Sebenarnya apa sih alasan utama Anda membuka bisni tersebut? Apakah hanya sekedar ikutan trend, atau memang didasarkan dari keinginan untuk mandiri. Pertanyaan sederhana tetapi memiliki makna yang berarti untuk Anda dalam membuka usaha nantinya. Karena alasan ini bisa sebagai motivasi Anda dalam mengelola bisnis Anda nantinya.

2. Bisnis sampingan bisa sebagai modal

Fokus dalam satu bisnis memang baik, tetapi jika Anda memiliki bisnis sampingan paling tidak bisa mengatasi permasalahan modal Anda. Anda sebaiknya memilih satu bisnis yang memang Anda inginkan untuk dikelola dalam waktu jangka panjang. Tapi dilain sisi Anda boleh melakukan bisnis sampingan yang sifatnya hanya untuk mendapatkan tambahan modal saja.

3. Keuntungan Bisnis Sampingan Gunakan Untuk Hidup

Maksudnya adalah bisnis sampingan tadi keuntungannya digunakan untuk biaya hidup. Jadi, fokus itu saja. Sedangkan keuntungan dari bisnis utama bisa digunakan untuk melakukan perputaran bisnis utama dan sebagai tambahan modal.

4. Analisa Bisnis Anda

Agar tidak macet di tengah jalan karena tidak ada suntikan modal, lebih baik selalu analisa bisnis Anda. Untuk melakukan hal ini Anda bisa menggunakan berbagai cara diantaranya adalah bekerja keras di awal untuk bisnis sampingan Anda terlebih dahulu. Mengapa? Karena bisnis sampingan ini adalah yang memiliki keuntungan cepat. Selain bisa untuk kebutuhan hidup, Anda juga bisa mengatur untuk mempersiapkan bisnis utama Anda.

Jangan gegabah dalam memutuskan sesuatu terlebih yang berkaitan dengan modal. Jika memang ingin memutuskan untuk berhutang, pikir dan rencanakan kejadian buruknya, sehingga dengan prediksi buruk itu Anda akan bisa mempersiapkan option kedua.

 



Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twenty − 9 =