Home » TIPS » 9 Tips Jualan Online Di Tokopedia Yang Perlu Anda Ketahui

9 Tips Jualan Online Di Tokopedia Yang Perlu Anda Ketahui

Tips Jualan Online di Tokopedia
Tips Jualan Online di Tokopedia

EtalaseBisnis.com – Saat ini jika Anda memang ingin fokus berjualan secara online, sangatlah mudah cara dan medianya. Dengan menjelahi dunia maya, Anda akan mendapatkan media-media online yang bisa digunakan sebagai sarana berjualan. Misalnya saya membuat blog/website/toko online, menggunakan jejaring sosial, dan juga tak kalah asiknya dengan memasarkan melalui marketplace.

Marketplace di Indonesia sudah sangat banyak, ada OLX, FJB Kaskus, Tokopedia dan masih banyak lagi. Nah, kali ini saya akan memberikan beberapa tips jualan online di Tokopedia. Mengapa? Karena saya melihat saat ini banyak pedagang online yang menggunakan Tokopedia, ini artinya persaingan akan semakin ketat. Sehingga perlu tips-tips cantik agar bisa menang dalam kompetisi tersebut.

Tokopedia sendiri merupakan marketplace, disana ada banyak penjual-penjual dari berbagai daerah dan produk. Bisa jadi produk yang Anda jual sudah ada disana dan itupun tidak hanya satu Seller saja yang jual. Untuk itu perlu strategi agar jualan online di Tokopedia bisa menarik calon konsumen. Baiklah, berikut beberapa tips yang bisa saya sampaikan.

1. Bukalah Identitas Anda Sebagai Penjual Dengan Jelas

Sebagai penjual online haruslah memberikan kejelasan tentang identitas Anda kepada calon konsumen. Identitas ini berupa Nama Toko, Pemilik Toko, Alamat Toko (Jika punya toko offline) atau bisa juga asal Anda, Kontak telp, dan beberapa kontak lain yang perlu diketahui oleh pembeli. Mengapa ini perlu? Karena agar pembeli yakin. Meskipun Tokopedia memberikan jaminan keamanan bagi pembelinya, tapi Anda sebagai penjual harus memberikan keterbukaan tentang jualan online Anda, sehingga ini yang akan menarik calon pembeli untuk memiliki produk Anda.

2. Isilah Deskripsi Toko Yang Meyakinkan Pembeli

Di Tokopedia adalah kolom slogan dan deskripsi toko yang bisa Anda isi. Jangan sia-siakan kolom ini. Berikan informasi yang jelas tentang toko Anda agar bisa semakin meyakinkan toko Anda di mata calon pembeli.

3. Pasang Logo Yang Nyata

Jika Anda memiliki toko offline, akan lebih baik menjadi foto toko offline Anda sebagai logo di lapak Tokopedia Anda. Sehingga calon pembeli akan merasa lebih yakin bahwa Anda memang penjual yang serius. Jika tidak memiliki toko offline, Anda bisa memasang foto produk yang Anda jual disertai dengan nama toko Anda. Logo yang asal-asalan akan menjadikan persepsi buruk kepada calon pembeli Anda.

4. Gunakan Lebih Dari Satu Jasa Pengiriman

Di Tokopedia ada 8 jasa pengiriman yang bisa Anda pilih. Sebagai bentuk layanan Anda kepada pembeli maka gunakan lebih dari satu jasa pengiriman. Misalnya menggunakan JNE, TiKi, dan POS. Sehingga pembeli memiliki pilihan khususnya masalah ongkos kirim. Karena ada beberapa pembeli yang kurang suka dengan salah satu jasa pengiriman. Sehingga jika Anda menggunakan lebih dari satu jasa pengiriman maka akan memudahkan calon pembeli.

5. Susunlah Etalase Toko Anda Secara Rapi

Jika Anda berjualan lebih dari satu jenis produk, buatlah etalase yang tersusun rapi berdasarkan kategori jenis produk yang Anda jual. Ini akan memudahkan calon pembeli dalam memilih produk-produk yang Anda jual.

6. Isi Informasi Produk Secara Jelas dan Nyata

Sesuaikan informasi produk dengan kondisi barang yang Anda jual. Foto produk, stok barang, deskripsi haruslah jelas dan sesuai dengan barang yang Anda jual. Calon pembeli yang mendapatkan informasi jelas mengenai produk akan lebih cepat melakukan pemesanan di toko Anda.

7. Berikan Harga Diskon

Karena banyak sekali Seller di Tokopedia dengan produk yang sama, tak ada salahnya Anda memberikan diskon harga untuk beberapa produk Anda. Namun, berikan diskon yang wajar. Harga yang terlalu murah justru membuat calon pembeli curiga.

8. Selalu Update Toko Anda

Pastikan ketersediaan stok barang, harga selalu terupdate jika ada perubahan. Jangan sampai Anda rugi atau justru merugikan pembeli karena hal-hal sepele tersebut dihiraukan. Informasi yang tepat akan memudahkan calon pembeli. Selain itu, jangan lupa mengupdate Diskusi produk dengan menjawab semua pertanyaan dari pembeli. Jawab dengan cepat agar pembeli senang.

9. Fast Respon Adalah Kebahagian Pembeli

Jika sudah ada pembeli yang melakukan order di toko Anda, jangan santai-santai saja karena sudah mendapatkan order. Justru Anda harus cepat dalam melakukan proses traksaksi tersebut. Sehingga pembeli Anda tidak perlu menunggu lama. Jika Anda sudah mendapatkan notifikasi dari pihak Tokopedia tentang transaksi baru, maka segera dilayani. Jangan sampai pembeli menunggu lebih dari satu hari hanya untuk notifikasi “Pemesanan sedang diproses Seller.

Bagikan artikel ini :


6 Comments
    • Adi Firmansyah

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *