Nazava Murni, Filter Air Sumur Jadi Air Siap Minum TANPA DIMASAK

/ / Dibaca : 188 views

Kali ini kami ingin memperkenalkan produk filter air sumur yang mampu membuat segala jenis air tawar meskipun kondisi keruh/kotor, menjadi air siap minum tanpa harus direbus terlebih dulu. Jadi nanti Anda akan lebih menghemat biaya konsumsi air sehari-hari. Tidak perlu lagi beli galon, hemat gas karena tidak perlu merebus dan hemat listrik.

Saat ini semakin banyak daerah yang sudah mulai mengalami krisis air bersih. Tidak hanya di perkotaan, tetapi di daerah pedesaan pun air tanah atau air sumur yang dimiliki masyarakat banyak yang tidak layak konsumsi.

Sebagai contohnya air sumur di rumah kami sendiri. Kami berada di daerah pedesaan, sumber air berasal dari air tanah yang diambil melalui sistem sumur bor. Meskipun jauh pabrik dan kawasan industri, ternyata air tanah di daerah komplek perumahan kami tidak layak konsumsi.

Airnya berbau dan memiliki kandungan besi tinggi. Kalau dari segi warna, airnya bening, tetapi berbau dan cirinya lama-lama membuat permukaan bawah yang terkena air jadi coklat berlumut (tapi bukan lumut kasar berwarna coklat).

Sehingga untuk kebutuhan konsumsi sehari-hari, kami mengandalkan air galon isi ulang. Air tanah/sumur hanya kami gunakan untuk mandi, cuci, kakus.

Kami termasuk cukup boros air minum. Meskipun hanya untuk dua orang dewasa saja, tetapi kebutuhan air galon hanya cukup satu minggu. Jadi setiap bulan minimal butuh 4 galon air, itu baru untuk minum. Belum untuk kebutuhan masak dan konsumsi lainnya. Dan ini baru untuk dua orang dewasa, mungkin kalau Anda juga memiliki masalah yang sama, kebutuhannya akan jauh lebih banyak.

Lama-lama kami ingin mencoba menghemat pengeluaran biaya air minum ini. Tetapi bagaimana caranya? Kalau mengurangi konsumsi minum air tentu juga tidak mungkin. Akhirnya kami mencoba untuk menggunakan air tanah/sumur tersebut untuk air minum.

Filter Air Sumur Nazava Murni Jadi Solusi

Filter Air Sumur Nazava Murni

Terbesit di pikiran untuk membeli filter air semacam filter air RO (Reverse Osmosis). Akan tetapi biayanya cukup mahal dan perlu maintenance yang rutin. Rasanya kalau untuk kebutuhan keluarga kami belum perlu. Setelah mencari informasi, akhirnya kami mendapatkan filter air yang sesuai dengan kebutuhan kami.

Filter Air Nazava Murni akhirnya jadi solusi permasalahan kami. Dari segi harga sangatlah ekonomis, cara penggunaan sangat mudah, dan tentunya air yang dihasilkan dari filter ini akan menjadi air siap minum. Kami yakin mencobanya karena filter air Nazava Murni sudah mendapatkan penghargaan dan telah teruji klinis di berbagai laboratorium di Indonesia maupun luar negeri.

Sistem Kerja Filter Air Nazava Murni

Ketika kami ingin membeli filter air yang umum ditawarkan banyak orang, kami mempertimbangkan masalah konsumsi listrik. Mungkin benar nanti akan mendapatkan air yang siap minum, tetapi kalau filter tersebut menggunakan listrik selama pengoperasian, pada akhirnya kami tidak bisa hemat di biaya listrik. Biaya air mungkin jadi hemat, tetapi biaya listrik jadi bengkak, alhasil ya sama saja.

Nah ketika kami mengetahui produk Nazava Murni , kami langsung tertarik. Karena sistem kerjanya tidak membutuhkan daya listrik sama sekali.

Filter Air Minum Nazava Murni

Kami memilih untuk mencoba varian produk Nazava Murni, karena sesuai dengan kebutuhan keluarga kami.

Filter Air Nazava Murni ini memiliki sistem kerja yang sangat mudah. Jadi ada 2 kontainer tempat menampung air sebanyak 15 liter, ya hampir sama dengan kapasitas air galon. Kontainer ini diposisikan atas bawah. Kontainer atas untuk tempat air yang akan difiltrasi, dan kontainer bawah tempat air yang sudah difiltrasi.

Kontainer Nazava Murni

Di dalam kontainer atas, terdapat Nazava Ceramic Filter. Inilah yang jadi kunci utama dari penyaringan air ini.

Filternya ini bisa digunakan untuk menyaring air hingga 7000 liter atau bisa bertahan sampai 3 tahun (tergantung dari kondisi kualitas air dan intensitas konsumsi masing-masing orang).

Nazava Filter

Spesifikasi Filter

Di dalam Ceramic Filter ini terdapat beberapa lapisan yang mampu menyaring air kotor dan menghilangkan bakteri yang ada di dalamnya.

  • Terdapatkan lapisan Ceramic dengan pori-pori berukuran 0.4 micron. Dengan ukuran pori sekecil ini, mampu menyaring dan membunuh kuman.
  • Nano Silver. Komposisi keramiknya juga telah dicampur dengan nano perak yang mampu untuk membunuh kuman.
  • Activated Carbon. Di dalam keramik ini juga sudah ada karbon aktif yang fungsinya untuk memperbaiki rasa dan menghilangkan bau dari air.
Keramik Filter Nazava

Filter air Nazava ini sudah pernah dievaluasi oleh Organisasi Kesehatan Dunia, dan hasilnya filter ini efektif untuk menghilangkan 99,9 bakteri dan protozoa.

Bagi orang awam, melihat bentuk filter seperti ini mungkin akan berpikir, “kok bisa memfilter air? benaran bisa airnya langsung diminum?

Tapi faktanya memang demikian, hasil filtrasinya nanti bisa langsung untuk diminum.

Cara Kerjanya

Setelah semua kontainer dan filter dipasang, kontainer atas langsung saja diisi air sumur atau sumber air baku lain sebanyak 15 liter. Untuk filtrasi pertama, hasil air filtrasinya nanti dibuang dulu. Kemudian isi lagi dengan 15 liter air, baru setelah itu bisa dikonsumsi.

Kontainer bawah merupakan tempat air siap minum yang terisi melalui selang kecil yang tersambung ke keramik filter.

Ketika air di kontainer bawah sudah mulai habis, isi kembali bak/kontainer atas dengan air kotor. Filter air sumur ini memang butuh waktu untuk menyerap air sampai ke bawah (kontainer bawah). Karena tingkat kerapatan dari filter ini sangat tinggi.

Air apa saja yang bisa difiltrasi?

Pada dasarnya semua jenis air tawar bisa difiltrasi, yang terpenting bukan air yang sudah terkontaminasi zat kimia berbahaya. Jadi air yang bisa difiltrasi bisa air :

  • Air sumur/tanah
  • Air hujan
  • Air sungai
  • Air PDAM
  • Air yang keruh
  • Air dengan zat besi (Fe) dan Mangan (Mn) tinggi

Kalau Anda ingin konsultasi tentang kondisi air di rumah Anda, bisa nanti konsultasi dengan pihak Nazava.

Uji Coba Filter Air Nazava Murni

Pengecekan-pH-Air

Kami telah melakukan mencoba menggunakan filter air Nazava Murni ini untuk air sumur di rumah kami. Dari hasil pengujian, ternyata hasil filtrasinya menghasilkan air yang tidak lagi bau dan rasanya juga normal (seperti air galon).

Sebelumnya kalau kami menggunakan air sumur untuk berkumur saat wudhu, itu saja baunya sangat terasanya. Tetapi kemarin saya coba bau dan rasakan air hasil fitrasinya sama sekali sudah tidak bau.

Kalau dari segi kejernihan air kami tidak bisa membedakannya, karena air sumur kami juga sudah jernih.

Kami juga mencoba untuk melakukan pengetesan menggunakan TDS dan pH meter. Ya meskipun hasil pengetesan menggunakan alat ini bukan tolok ukur apakah air ini layak minum atau tidak, tetapi paling tidak dengan pengetesan ini akan sedikit memberikan informasi kepada kami kalau filter ini memiliki pengaruh terhadap kandungan airnya.

Kami mengukur 3 air yang berbeda. Yakni Air Sumur/Tanah, Air yang sudah difiltrasi, dan Air Mineral yang ada di pasaran.

Hasil Pengukuran TDS

Sumber AirHasil TDS
Air Tanah / Sumur220 ppm
Air Filter Nazava255 ppm
Air Mineral merek Le Mineral122 ppm
*Standar air minum tidak melebihi TDS 500 ppm

Hasil Pengukuran pH

Sumber AirHasil pH
Air Tanah / Sumur6.9
Air Filter Nazava7.5
Air Mineral merek Le Mineral7.6
*Kami menggunakan pH meter dengan tingkat akurasi 0.1 pH
Pengecekan pH

Tanya Jawab Seputar Filter Air Nazava

1. Apakah Filter Nazava ini sudah teruji klinis?

Meskipun sistem kerjanya hanya mengandalkan filter seperti di atas, tetapi air hasil filtrasinya memang benar-benar sudah siap minum. Sudah ada banyak uji laboritorium yang telah dilakukan baik di dalam maupun luar negeri. Informasi selengkapnya bisa dilihat di sini https://www.nazava.com/hasil-uji-air-minum-hasil-penyaringan-nazava/

2. Mengapa Air yang Keluar ke Bak/Kontainer Bawah intensitasnya kecil?

Ini menandakan bahwa filter Nazava benar-benar memiliki sistem filtrasi yang bagus. Dengan tingkat kerapatan membran pori yang sangat kecil, membuat kotoran bahkan bakteri yang tidak terlihat kasat mata bisa tersaring.

3. Apakah Filter dapat dibersihkan?

Filter Nazava bisa dibersihkan. Untuk kontainer airnya bisa dicuci dengan sabun cuci piring. Sedangkan untuk filternya kalau tersumbat juga bisa dibersihkan dengan spons yang sudah disertakan dalam paket pembelian. Jangan cuci filternya dengan sabun. Cukup pakai spons dan cuci di bawah air mengalir.

4. Bagaimana mengetahui filter Nazava kapan harus diganti?

Dalam paket pembelian nanti akan mendapatkan alat pengukur diameter filter. Apabila diameter filter sudah bisa dimasuki alat ini, berarti tandanya sudah perlu ganti.

5. Keramik filter baru digunakan beberapa bulan sudah kotor sekali, apakah masih bisa digunakan?

Kalau kualitas air baku Anda memang sangat buruk, biasanya kemarik filter akan cepat kotor menjadi coklat menguning. Padahal baru digunakan beberapa bulan. Tetapi tenang saja, filter tersebut masih bisa digunakan selama diameternya masih lebar (bisa diukur dengan alat pengukurnya). Kalau kotor cukup dibersihkan dengan spons yang ada. Yang penting masih bisa digunakan untuk filtrasi.

6. Kebutuhan air minum kami sangat tinggi, apakah Nazava Filter ada produk lain?

Kalau untuk skala rumahan seperti kami, Filter Nazava Riam sudah cukup. Tetapi kalau memang perlu kapasitas yang lebih besar, Nazava memiliki varian lain. Silakan cek di website atau marketplacenya.

7. Apakah Nazava sudah legal?

Filter Air Nazava berada di bawah naungan PT Holland for Water. Produk filter ini diciptakan oleh Guido van Hofwegen dan Lieselotte Heederik. Bermula ketika mereka menjadi relawan saat Tsunami menghantam Aceh. Saat itu ketersediaan air bersih sangat minim, akhirnya timbul ide untuk mengatasi masalah itu.

Keuntungan Menggunakan Filter Air Nazava

Nazava Murni

Memiliki masalah air bersih ataupun tidak, Anda tetap akan mendapatkan keuntungan dengan menggunakan filter air Nazava ini.

Karena ketika Anda sudah menggunakan filter ini, maka keuntungan yang akan paling Anda dapatkan adalah HEMAT.

Kalau Anda biasanya harus memasak air dulu, sekarang tidak perlu lagi menyalakan kompor untuk merebus air minum (kecuali untuk membuat teh/kopi :D).

Kalau Anda biasanya harus membeli air galon, sekarang tidak perlu lagi beli air galon. Cukup isi Nazava dengan air dari kran di rumah. Tunggu beberapa saat sampai airnya turun dan siap dikonsumsi tidak perlu direbus lagi.

Filter Air Nazava ini mampu bekerja sampai penggunaan 7000 liter atau sekitar 350 galon. Jadi misalnya harga air galon Rp 20.000/galon, maka untuk 350 galon, Anda akan mengeluarkan Rp 7.000.000. Sedangkan dengan Filter Nazava Anda cukup mengeluarkan Rp 400ribuan saja. Jadi sangat hemat sekali kan?

Tidak perlu mengeluarkan biaya listrik, karena Filter Air Nazava ini tidak membutuhkan daya listrik.

Kalau ingin informasi lebih detail, silakan kunjungi websitenya langsung di https://www.nazava.com. Di sana informasinya lebih lengkap, karena kami hanya menginformasikan pengalaman kami saja dalam menggunakan filter air sumur ini. Apabila ingin membeli produk ini, bisa ke marketplace officialnya.

Marketplace Nazava di : Tokopedia | Shopee | Lazada | Bukalapak


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.