Akibat Website Tidak Pernah Dikelola

/ / Dibaca : 60 views

Kalau saat ini Anda sudah memiliki website untuk bisnis Anda, berarti sudah selangkah lebih maju dan itu adalah pilihan yang sangat tepat di era digital saat ini. Memiliki website sekarang bukan lagi untuk formalitas saja, tetapi sudah menjadi rumah kedua untuk bisnis Anda.

Tetapi yang sangat disayangkan ketika sudah memiliki website adalah tidak pernah mengelolanya dengan baik. Kebanyakan pemilik bisnis hanya sekadar membuat website, kemudian setelah jadi dibiarkan begitu saja. Padahal seharusnya ketika sudah memutuskan untuk memiliki website, ya perlu dikelola rutin setiap harinya.

Kami sadar mungkin tidak banyak pemilik bisnis yang ada waktu untuk mengelolanya. Selain itu memang tidak ada keahlian dibidang pengelolaan website yang baik.

Website yang tidak pernah dikelola itu ibarat rumah yang tidak pernah dihuni dan dibersihkan. Pasti akan muncul kotoran, rumah sepi karena tidak pernah dikunjungi orang, selain itu rumah juga cepat rusak.

Website tidak Pernah Dikelola

Sama halnya dengan website, kalau Anda tidak pernah mengelolanya, maka akan banyak dampak buruk yang terjadi di website Anda.

Apa saja akibat website yang tidak pernah dikelola? Berikut ini beberapa diantaranya :

1. Trafik Website Sedikit

Banyak kasus website profil perusahaan yang dibiarkan begitu saja setelah dibuat. Ketika dicek statistik visitors nya, terlihat jumlah yang sangat sedikit bahkan banyak yang tidak mendapatkan pengunjung per harinya.

Wajar saja kalau website jadi tidak punya pengunjung, karena dari sisi konten juga tidak dioptimalkan.

Ini akibat dari tidak adanya pengelolaan website dari sisi SEO dan kontennya. Optimasi SEO sangatlah penting agar website bisa berada di halaman awal hasil penelusuran mesin pencari. Ketika berada di halaman awal dengan kata kunci tertentu yang cukup banyak pencariannya, maka itu akan membuat website tersebut didatangi pengunjung.

Selain melakukan maintenance dan optimasi SEO secara rutin, juga perlu dilakukan pengelolaan konten artikel.

Sekarang ini content marketing sangat diperlukan terutama untuk sebuah website company profile. Ketika website memiliki distribusi artikel yang rutin, maka akan menambah kata kunci yang masuk ke website tersebut.

Semakin banyaknya kata kunci yang masuk, maka akan membuat website semakin banyak pengunjungnya.

Ketika pengunjung website banyak, maka akan berdampak ke bisnis. Bisa saja akan terjadi konversi penjualan atau paling minim adalah mengenalkan produk bisnis Anda ke para pengunjung.

2. Website Jadi Lemot

Ketika website tidak dikelola dengan optimal, maka akan membuat sistem website tidak terbaharui secara up to date. Apalagi ketika Anda membangun website dengan sistem CMS WordPress, dimana produk CMS ini sering mengeluarkan update untuk plugin, template, maupun sistemnya.

Ketika semua itu tidak diperbaharui dalam jangka waktu yang lama, maka akan berpengaruh pada performa website, salah satunya website jadi lemot.

Bahkan kadang membuat tampilan website jadi rusak.

Selain itu juga pengaruh dari hosting atau server website yang tidak dioptimasi dan dimonitoring secara rutin. Kadang hosting atau server website perlu ada yang dioptimasi agar performanya lebih baik lagi. Meskipun sudah dilakukan oleh pihak penyedia hosting, kita sebagai pemilik website perlu juga memonitoring masalah ini.

Karena ini masalah sistem (script) website dengan server hosting ada kaitannya. Kadang kalau ada plugin atau sistem yang tidak diperbaharui akan mempengaruhi performa hostingnya.

3. Penurunan Ranking di Mesin Pencari

Kalau Anda ingin website Anda bagus di mesin pencari, maka lakukan maintenance dan monitoring SEO secara rutin setiap hari. Karena algoritma mesin pencari berubah-ubah, selain itu juga banyaknya persaingan kata kunci yang semakin tinggi.

Maka dari itu kalau website tidak dikelola maka akibatnya bisa mengalami penurunan ranking di mesin pencari.

Misalnya saja saat ini Anda sudah membuat website baru, dengan kata kunci “jasa sewa komputer”. Anggap saja saat ini website Anda sudah bisa muncul di halaman pertama mesin pencari Google, karena persaingan kata kunci ini kecil. Tetapi beberapa bulan ke depan, belum tentu website Anda bisa tetap di halaman pertama.

Karena banyak website yang melakukan optimasi dengan kata kunci serupa sehingga mempengaruhi tingkat persaingannya. Kalau website Anda tidak dikelola, ya lama-lama akan mengalami penurunan.

4. Muncul Celah Keamanan

Ketika website tidak dikelola dengan rutin, jarang diperbaharui sistemnya dan lain-lainnya, maka itu akan memicu timbulnya celah keamanan pada website tersebut. Bisa saja website di-hack orang atau mengalami masalah teknis di sisi server hostingnya.

Dan ini sangat fatal jika Anda tidak pernah melakukan backup pada website Anda.

5. Website Jadi Kurang Profesional

Website Anda mungkin bagus dari sisi tampilan, tetapi ketika konten dan lainnya tidak mengalami pembaharuan secara rutin, maka akan berpengaruh pada citra bisnis Anda.

Ketika orang mengunjungi website Anda yang jarang dikelola, mereka secara tidak langsung akan berpikir tentang bisnis Anda. Orang jadi kurang percaya dengan bisnis Anda, karena website yang tidak terkelola sebagaimana mestinya.

Itu beberapa akibat yang bisa dialami ketika website Anda tidak dikelola dengan optimal.

Lalu, Apa yang Harus Dilakukan?

Tentunya di era digital sekarang ini, Anda harus mulai aware lagi dengan posisi website Anda. Jangan lagi Anda posisikan website sebagai media formalitas saja. Tetapi jadikan website sebagai tonggak utama bisnis Anda di dunia digital.

Karena di dalam website terdapat berbagai informasi tentang bisnis Anda, kalau sampai tidak dioptimalkan, maka akan membuat bisnis Anda juga tidak optimal dari sisi digital.

Minimal website bisa Anda gunakan untuk meningkatkan brand awareness.

“Saya sudah main di media sosial kok, sudah bagus”

Iya, media sosial juga perlu, tetapi memiliki website juga akan sangat diperlukan. Media sosial bisa hilang kapan saja, Anda tidak punya kendali atas akun Anda. Instagram bisa tutup sewaktu-waktu, akhirnya Anda tidak bisa mempromosikan bisnis Anda lewat Instagram.

Tetapi kalau website, akan selamanya ada selama Anda memperpanjang domain dan hosting. Anda punya kendali penuh terhadap keberadaan website Anda. Untuk itu, jangan bandingkan website dengan media sosial. Jadikan media sosial untuk jembatannya saja.

Kelola dari Sekarang

Kini saatnya Anda mulai mengelola website mulai dari sekarang. Sempatkan waktu Anda untuk mengelolanya, belajarlah untuk bisa mengelola website Anda.

Tidak ada waktu dan tidak ada keahlian?

Tenang saja, Anda tetap bisa mengelola website Anda.

Anda bisa bekerja sama dengan Urusweb.com, sebuah penyedia layanan jasa pengelolaan website profesional.

Urusweb.com Jasa Pengelolaan Website

Dengan bekerja sama dengan UrusWeb.com, Anda tidak perlu lagi memikirkan waktu dan keahlian. Semuanya akan dikelola dan diurus oleh UrusWeb.com. Semua hal mulai dari konten, tampilan website, performa website, SEO dan lainnya.

Menariknya, semua pengelolaan itu biayanya tidak lebih mahal dari gaji karyawan.

Jadi misalnya Anda merekrut karyawan untuk mengelola website Anda, itu gajinya pasti akan lebih mahal dibanding jasa kelola website dari Urusweb.com.

Anda juga bisa berkonsultasi GRATIS dulu dengan Tim UrusWeb.com. Mereka akan memberikan solusi tentang masalah website Anda.

Menarik kan?

Sekarang ini eranya kolaborasi. Jadi tidak perlu pusing lagi dan tidak ada alasan untuk tidak bisa mengelola website. Anda cukup fokus mengurusi bisnis Anda, masalah website biar UrusWeb.com yang urus.


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.