Supaya Angsuran KPR Lancar, Ini yang Perlu Anda Lakukan

Angsuran KPR

Apabila Anda telah mengajukan KPR, pastikan angsuran KPR nya lancar. Karena pihak bank untuk menyetujui pinjaman KPR Anda itu sudah luar biasa sekali, artinya Anda dipercayai. Untuk itu jangan sampai angsuran KPR macet yang berakibat pada kredibilitas diri Anda.

Kalau kamu macet dalam mengangsur KPR, nama Anda akan tersebar dengan mudah. Alhasil ketika Anda ingin mengajukan kembali di bank yang sama atau bank lain kadang sangat sulit untuk disetujui. Itu pun tidak berdampak pada pengajuan KPR saja tapi juga kredit lainnya.

Supaya angsuran KPR lancar, sebaiknya Anda perlu mempersiapkannya dengan matang. Nah kali ini EtalaseBisnis punya tipsnya. Silakan disimak.

Kelola keuangan dengan disiplin

Manajemen keuangan Anda perlu ditata dengan baik. Kalau Anda sudah berkeluarga, diskusikan dengan suami/istri agar sama-sama menjaga pengeluaran. Jangan sampai angsuran macet gara-gara terlalu sering mengeluarkan biaya yang tidak terlalu penting.

Baca juga : Syarat KPR Bank BRI

Di sini Anda juga perlu membuat daftar prioritas pengeluaran dari semua penghasilan yang diterima. Sehingga diharapkan nanti akan ada sisa dana yang bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya.

Gunakan AutoDebet

Kadang pembayaran angsuran sering lupa atau memang sengaja ditunda-tunda karena ada kebutuhan yang mendesak. Padahal angsuran KPR juga penting. Gunakan saja fitur AutoDebet di layanan rekening bank Anda agar saldo rekening bisa terpotong otomatis di tanggal yang sudah ditentukan setiap bulannya.

Sehingga Anda tidak perlu khawatir memikirkan angsurannya kapan setiap bulannya. Anda cukup memikirkan bagaimana menambah penghasilan di setiap bulannya untuk membantu menutupi biaya angsuran KPR.

Cari Kerjaan Sampingan

Nilai angsuran KPR tidak sedikit, dan kadang di bulan-bulan tertentu ada saja kebutuhan tak terduga. Kalau tidak punya dana cadangan bakal kerepotan. Untuk itu ada baiknya jika Anda memiliki pekerjaan sampingan. Tidak perlu yang muluk-muluk, yang penting bisa ada penghasilan tambahan untuk membantu menutup angsuran KPR.

Baca juga : Pekerjaan Sampingan Karyawan Kantor

Kalau pun tidak bisa menutup angsuran KPR secara penuh setiap bulannya, ya minimal bisa membantu sebesar 50 persennya. Itu sudah sangat membantu.

Kerjaan sampingan bisa mencari yang sesuai hobi saja. Biasanya seperti ini tidak terlalu memberatkan. Misalnya saja Anda suka budidaya jamur tiram, atau ternak burung. Cari saja yang bisa dilakukan selepas mengerjakan pekerjaan utama.

Baca juga:



Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *