Manfaat Susu Kambing Etawa yang Tidak Banyak Orang Ketahui

/ / Dibaca : 32 views

Ada banyak manfaat susu kambing etawa selain untuk meningkatkan imunitas tubuh. Susu kambing yang berasal dari jenis etawa yang merupakan hasil persilangan kambing lokal asal Indonesia dan kambing Jamnapari dari India. Kambing yang harganya bisa sampai jutaan rupiah ini disinyalir memiliki kandungan nutrisi yang kaya sehingga memiliki beragam khasiat. 

Berbagai Manfaat Susu Kambing Etawa Bagi Kesehatan

Susu Kambing Etawa

Susu dari kambing jenis etawa kaya dengan seng, selenium, fosfor, tembaga, potasium, magnesium, riboflavin, dan beragam jenis vitamin lain yang baik untuk tubuh. Tidak heran kalau susu kambing etawa  dipercaya bisa mengatasi aneka jenis penyakit. Berikut adalah beberapa manfaat susu kambing etawa yang baik untuk kesehatan. 

1. Melancarkan Produksi ASI

Nutrisi pada susu kambing etawa adalah enam kali lipat lebih banyak dibanding susu sapi. Kalsium di dalamnya memenuhi kebutuhan ibu hamil dan menyusui. Sehingga, sangat disarankan bagi ibu hamil dan yang sedang menyusui untuk mengkonsumsi susu jenis ini secara teratur. Air susu ibu atau ASI yang diproduksi akan berlimpah dan tentu akan sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang si kecil. 

2. Memelihara Kesehatan Jantung

Manfaat susu kambing etawa lainnya adalah untuk jantung. Kalium pada susu kambing etawa bisa menetralisir tensi darah, sehingga dapat menstabilkan kondisi jantung. Jadi, kalau peredaran darah lancar dan kesehatan terjaga, maka jantung akan sehat dan terhindar dari berbagai potensi penyakit. Mengkonsumsi susu dari kambing etawa secara rutin dapat membuat jantung berfungsi sebagaimana mestinya.  

3. Mengobati Penyakit Pernafasan

Anda yang memiliki masalah pernafasan bisa mengkonsumsi susu kambing etawa secara teratur. Pengobatan alternatif mempercayai susu kambing etawa dapat mengatasi masalah pernafasan seperti TBC, asma, bahkan adanya flek hitam pada paru-paru. Efeknya baru akan terasa setelah minum susu kambing etawa untuk beberapa waktu. Hasilnya tidak dapat langsung dirasakan secara instan. 

4. Menyehatkan Lambung

Kesehatan lambung sangat dipengaruhi oleh makanan. Anda bisa mengkonsumsi susu kambing etawa dan menetralisir gangguan lambung seperti asam lambung, maag dan lain sebagainya. Mineral alkaline dalam susu kambing jenis etawa mampu dicerna dengan mudah dan membuat lambung lebih nyaman.  

5.Cocok Untuk Diet

Manfaat susu kambing etawa yang tidak banyak orang tahu adalah khasiatnya untuk menurunkan berat badan. Karena minum susu baik untuk pencernaan, apalagi bila meminum susu kambing yang rendah lemak dan tinggi protein. Anda mendapatkan asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh sekaligus cocok untuk menunjang program diet.  Anda tidak mudah lapar dan memiliki cukup tenaga untuk beraktivitas. 

6. Menguatkan Tulang 

Seperti khasiat susu lainnya, kandungan kalsium sangat bermanfaat untuk menguatkan tulang. Bagi anak-anak yang sedang dalam pertumbuhan, sangat disarankan untuk minum susu kambing etawa. Mereka akan tumbuh kembang dengan sehat disertai dengan tulang yang kuat. Orang tua juga bisa meminum susu dari kambing etawa untuk mencegah pengeroposan tulang sesuai dengan usianya. 

7. Mencegah Stres

Susu kambing etawa hangat memiliki efek untuk memperkuat jaringan syaraf. Secara tidak langsung maka kebiasaan minum susu kambing etawa pada pagi atau malam hari dapat mencegah stres. Rasa penat dan letih dapat teratasi dengan membiasakan diri untuk minum susu kambing etawa. 

8. Mencegah dan Mengobati Diabetes

Penderita diabetes perlu memperhatikan asupan gula setiap kali makan atau minum. A2-Betakasein dan asam amino esensial dalam susu kambing etawa dapat membantu pembentukan insulin yang dibutuhkan oleh pengidap diabetes.

Akan lebih baik kalau susu ini diminum tanpa menambahkan pemanis buatan yang bisa memberikan dorongan gula yang tidak dibutuhkan tubuh. Kalau baru terindikasi kemungkinan terkena diabetes dapat dicegah dengan minum susu kambing etawa yang dibarengi dengan pola hidup sehat dan juga olahraga. 

9. Membantu Melawan Inflamasi 

Tenggorokan sakit atau demam bisa jadi gejala untuk berbagai macam penyakit. Minum susu kambing etawa dapat melawan peradangan dan menghindari berbagai macam penyakit lainnya. Kandungan mikroba dalam susu kambing dapat membuat normal kondisi usus yang sedang meradang. Susu kambing etawa mengandung respon imunitas tinggi dan memelihara mikrobiota dalam usus manusia untuk melawan inflamasi. 

10. Mengurangi Kolesterol dalam Darah

Kalau kadar kolesterol dalam darah tinggi maka dapat mempengaruhi fungsi tubuh lainnya. Berkat MCT (Medium Chain Triglyceride) dalam susu kambing etawa maka asam lemak dibawa langsung ke darah untuk mengikuti proses metabolisme. Dengan demikian, susu kambing etawa mampu memperbaiki kadar insulin dan hormon tiroid dalam darah dan menurunkan kadar kolesterolnya.

Baca juga : Peluang Usaha Susu Olahan Yang Menyegarkan

Demikianlah beberapa manfaat susu kambing etawa yang diminum secara rutin. Khasiatnya sangat banyak bisa untuk mencegah berbagai macam penyakit dan juga menjaga kesehatan tubuh. Susu kambing yang rendah lemak cocok untuk berdiet dan juga memiliki pengaruh untuk menghindari stress. Dengan semua manfaat tersebut, Apakah Anda berminat untuk mengkonsumsinya?

Baca Artikel dari Tags:

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.