Apa itu Rekening Koran?

Rekening Koran

Apa itu Rekening Koran? Apakah ada hubungannya dengan koran yang biasa kita baca tiap pagi? Tidak, rekening koran bukan koran yang ada informasi rekeningnya, akan tetapi…

Nah, biasanya kita mendengar istilah rekening koran ini ketika ingin mengajukan modal usaha atau membuka bisnis keagenan, dimana salah satu syaratnya harus melampirkan rekening koran. Jadi seperti ini rekening koran itu.

Rekening koran adalah laporan semua transaksi dan saldo rekening tabungan giro nasabah yang diberikan pihak bank kepada pemilik rekening. Bisa dikatakan ini mutasi rekening, yang menampilkan semua aktivitas di rekening tersebut. Baik itu transaksi debit, kredit, transfer, dan lainnya.

Rekening koran ini bisa diberikan oleh pihak bank kepada nasabah secara berkala tetapi ada juga yang dibuat sesuai dengan permintaan nasabah. Dulu sebelum ada layanan internet banking, pembuatan rekening koran harus datang ke kantor cabang bank untuk minta dicetakkan. Akan tetapi setelah sekarang sudah ada internet banking, maka nasabah cukup mengunduh dan mencetaknya melalui internet banking.

Untuk Apa Rekening Koran?

Seperti yang sudah disinggung di bagian depan, bahwa rekening koran ini sering diminta sebagai salah satu persyaratan untuk pengajuan dana atau modal. Tetapi ada fungsi lain dari rekening koran ini, diantaranya adalah :

Pengajuan Pinjaman

Ketika Anda ingin mengajukan pinjaman dana ke sebuah perusahaan (bukan bank), biasanya akan diminta untuk melampirkan rekening koran. Tujuannya agar pihak pemberi pinjaman bisa melihat bagaimana kondisi keuangan Anda. Histori transaksi ini sangat memberikan gambaran bagaimana kondisi keuangan Anda.

Baca juga : Cara mendapatkan pinjaman modal usaha

Membuka Bisnis Agen

Kalau Anda ingin mengajukan permohonan bisnis keagenan, misalnya saja agen ekspedisi, maka Anda akan diminta rekening koran.

Menyinkronkan Transaksi Bisnis

Kadang dalam sebuah bisnis ada transaksi keuangan yang tidak cocok, dengan menggunakan rekening koran maka akan mudah dalam melakukan pencocokan transaksi keuangan.

Sebagai bukti hukum

Rekening koran juga bisa digunakan sebagai bukti hukum yang valid dan sah. Dengan melihat rekening koran, maka akan lebih mudah melihat transaksi keluar masuk. Dalam ranah hukum ini bisa sangat membantu. Misalnya saja dalam kasus suap atau korupsi.

Itu beberapa fungsi dan keuntungannya dari rekening koran. Dari semua itu, yang jelas rekening koran dapat dijadikan media informasi bagi pemilik rekening itu sendiri. Untuk melihat apa saja transaksi keluar masuk dan biaya-biaya yang dikeluarkan.

Semoga bermanfaat

Baca juga:



Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *