Apa itu Artikel SEO? Perbedaan Artikel SEO dengan Artikel Biasa

  • Whatsapp
Apa itu Artikel SEO

Apa itu Artikel SEO? Jika Anda berkecimpung di dunia bisnis online pasti pernah mendengar salah satu teknik pemasaran online yang menggunakan konten artikel. Artikel yang dibuat pun bukan artikel biasa, tetapi spesifik dengan Artikel SEO. Kalau yang sudah pernah mengelola blog mungkin sudah paham tentang pengertian Artikel SEO. Tapi orang awam yang tidak paham dengan dunia digital marketing akan bingung. Apalagi bertanya bagaimana membuat artikel SEO itu.

1. Pengertian Artikel SEO

Apa itu Artikel SEO

Artikel SEO (Search Engine Optimization) adalah artikel yang dibuat dengan menerapkan unsur-unsur pengoptimalan mesin pencari yang tujuannya agar artikel ini bisa bersaing di hasil penelusuran mesin pencari seperti Google. Meskipun tidak ada perhitungan pasti jika artikel yang seperti itu akan bisa berada di hasil penelusuran atas, tapi paling tidak artikel SEO akan mampu bersaing dengan artikel lainnya di hasil penelusuran.

Buat para pemilik toko online, online marketplace, blog, pengelola website bisnis/perusahaan, dan sejenisnya, tentu harus tahu tentang artikel ini. Karena mau tidak mau ini merupakan bagian dari optimasi SEO dari sisi On Page.

Artikel SEO selain ditujukan untuk pembaca, juga ditujukan untuk mesin pencari. Jadi, selain harus enak dibaca, artikel ini juga perlu diisi dengan unsur-unsur SEO On Page agar bisa mudah di baca oleh mesin pencari.


2. Unsur-Unsur Artikel SEO

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, artikel SEO itu harus menerapkan unsur-unsur SEO Onpage. Nah unsur-unsur tersebut di antaranya sebagai berikut :

a. Judul Harus Tepat

Sebuah artikel SEO, dari judulnya saja sudah harus diperhatikan. Membuat judul artikel SEO tidak bisa asal judul, karena judul artikel harus terdapat kata kunci. Dan panjang judulnya pun juga dibatasi, akan lebih baik jika tidak lebih dari 60 karakter. Karena kalau lebih dari 60 karakter, akan terpotong di hasil penelusuran Google.

Penempatan kata kunci di judul juga harus tepat, baiknya kata kunci diletakan di awal kalimat (judul), bukan di akhir.

Misalnya saja kita akan membuat artikel dengan kata kunci “laptop untuk desain grafis“.

Judul SEO yang bagus bisa seperti ini :

  • “5 Laptop untuk Desain Grafis dengan Harga di Bawah Rp 5 Juta”
  • “Tips Memilih Laptop untuk Desain Grafis
  • Laptop untuk Desain Grafis dengan RAM 8 GB”

Intinya kata kunci di judul harus ditempatkan lebih awal. Kalau pun di tempatkan di belakang, judulnya jangan terlalu panjang.

b. Kata Kunci di Awal Artikel

Setelah di judul, kata kunci juga perlu ditempatkan di isi artikelnya. Dan fokus kata kunci yang pertama harus diletakkan di 10% pertama dari keseluruhan artikel. Ya mudahnya tempatkan saja di paragraf pertama artikel Anda, tidak lebih dari 100 kata. Jadi 100 kata awal artikel Anda sudah harus ada fokus kata kuncinya.

c. Memiliki Heading / Sub Heading dengan Kata Kunci

Ketika Anda membuat artikel SEO, pastikan membuat Heading minimal 1 buah yang terdapatkan fokus kata kunci. Ini bisa kata kunci utamanya, atau kata kunci yang relevan dengan kata kunci utama. Tapi misalnya ada lebih dari 1 Heading, cukup 1 Heading saja yang diberi kata kunci, tidak semuanya. Alasannya ada di bagian bawah nanti. Lanjutkan saja membacanya.

d. Gambar dengan Alt Text

Cara Membuat Alt Text Image
Sumber Gambar : Wix.com

Artikel SEO juga harus memiliki minimal 1 buah gambar yang disisipkan di artikel. Gambarnya ini juga harus diberikan Alt Text (alt adalah atribut HTML yang akan muncul tulisan teks jika gambar gagal di load), yang isinya juga kata kunci utama.

Ini juga akan membuat gambar di artikel Anda bisa muncul di halaman penelusuran Google bagian Images.

e. Kepadatan Kata Kunci

Di atas sudah disinggung kalau mulai dari judul dan isi artikel harus terdapat kata kunci. Tetapi dalam menyisipkan kata kunci di isi artikel jangan sembarangan. Karena ada unsur Kepadatan Kata Kunci (Keyword Density) yang jumlahnya antara 1-1.5% dari total isi artikel. Jadi kalau kelebihan kata kunci juga tidak baik, nanti artikel SEO Anda malah dikira artikel Spam.

f. Ada Outbound & Inbound Link

Kemudian di Artikel SEO juga perlu ada Outbound Links dan Inbound Links.

Outbound Links adalah link yang menuju ke situs website lain. Direkomendasikan situsnya yang memiliki kredibilitas bagus. Dan link yang disematkan sesuai atau relevan dengan isi artikelnya. Untuk Outbound Links ini jumlahnya 1 link saja sudah cukup. Tapi bisa juga dikasih 2 link ke website lain, satunya dofollow satunya nofollow.

Inbound Links adalah link masuk yang menuju ke situs website itu sendiri. Ini bisa diisi dengan link artikel terkait. Biasanya seperti itu sudah cukup.

g. Jumlah Kata

Artikel SEO yang bagus, adalah satu buah artikel memiliki jumlah kata minimal 600 kata.


3. Cara Membuat Artikel SEO

Kalau ditanya bagaimana cara membuat artikel SEO, ya jawabannya mudah sekali. Cukup buat artikel seperti biasa, yang penting di dalamnya terdapat unsur-unsur seperti di atas (poin No.2). Karena ya itu saja kuncinya artikel SEO itu.

Tapi yang paling penting adalah, tetap buatlah artikel yang enak untuk dibaca. Kadang ada artikel SEO yang saking pengen ngejar ranking, tulisannya malah kaku dan kurang nyaman di baca, malah ada yang kebanyakan kata kunci. Alhasil pembaca jadi males bacanya.

Percayalah kalau pembaca sudah membaca, pasti Google juga. Jadi selain memperhatikan unsur-unsur di atas, juga perhatikan juga sisi manusiawinya. Itu adalah artikel SEO yang terbaik.

Baca juga : Mengapa Biaya Jasa SEO Website Mahal?


Apa Perbedaan Artikel SEO dengan Artikel Biasa

Saya rasa perbedaannya sudah cukup jelas. Dari poin nomor 2 kita sudah bisa menyimpulkan. Mungkin yang lebih terasa adalah cara membuatnya.

Ketika membuat Artikel SEO, penulis harus sambil mikir kata kuncinya apa, ditempatkan di mana, jumlahnya berapa dan lain-lain. Tapi kalau artikel biasa, penulis bisa bebas menulis dari awal tanpa memusingkan kata kuncinya, jumlah katanya, penempatan kata kuncinya, dan lain-lain.

Jadi wajar kalau orang yang terbiasa menulis artikel biasa, agak kesulitan dalam menulis artikel SEO. Karena harus membiasakan diri untuk mengkalkulasikan artikel yang dibuatnya.

–000–

Dari sekian penjelasan di atas, semoga Anda bisa paham Apa itu Artikel SEO dan mengetahui perbedaan artikel SEO dengan Artikel Biasa. Semoga Anda juga bisa tertarik untuk belajar membuat artikel SEO, karena peluangnya sekarang ini cukup besar.

Selain Anda bisa gunakan untuk mengisi konten di platform bisnis yang dimiliki sendiri, Anda juga bisa membuka jasa penulisan artikel SEO. Karena sekarang ini banyak sekali media online yang membutuhkan penulis yang bisa membuat artikel dengan unsur-unsur SEO seperti di atas. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *