Tips Membangun Bisnis Reseller Web Hosting

  • Whatsapp

Di era digital sekarang ini banyak perusahaan, UMKM, maupun individu yang membutuhkan web hosting untuk websitenya. Ini merupakan peluang bisnis yang sangat menarik jika Anda tertarik di bidang ini. Meskipun bisnis reseller web hosting sekarang sudah sangat banyak sekali, tetapi kalau kita lihat pasarnya masih luas.

Mungkin Anda tidak bisa akan bisa merajai bisnis ini di skala nasional, tetapi untuk skala regional, ini masih sangat terbuka lebar.

Bisnis reseller web hosting ini bisa dilakukan perseorangan saja. Yang penting memiliki kemampuan dan pengetahuan di bidang website dan hosting atau server. Ya karena nanti Anda sendiri yang akan mengelolanya. Anda hanya membeli plain server dari perusahaan server kemudian Anda manage sendiri sesuai dengan kebutuhan.

Jadi kalau ingin sukses membangun bisnis reseller web hosting ini juga harus pintar jualan. Untuk itu, kami berikan beberapa referensi tips agar sukses menjalankan bisnis web hosting ini. Simak!

Bisnis Reseller Web Hosting

1. Memiliki Kemampuan di Bidang Manajemen Server

Kalau ingin bisnis reseller web hosting dan dikelola sendiri, salah satu syarat utamanya adalah harus memiliki kemampuan di bidang hosting dan manajemen server. Mengapa? Ya karena ketika nanti ada pelanggan Anda yang mengalami masalah atau butuh bantuan, Anda bisa memberikan solusinya.

Kalau Anda saja tidak tahu, jangan berharap akan mendapatkan kepuasan dari pelanggan. Yang ada Anda akan ditinggal oleh pelanggan Anda. Karena apabila nanti server yang Anda kelola mengalami masalah teknis, Anda harus bisa menanganinya. Apalagi masalah-masalah ringan yang menyangkut website.

2. Memilih Partner Perusahaan Hosting yang Berkualitas

Kemudian yang perlu Anda lakukan adalah memiliki partner perusahaan hosting yang tepat. Jangan memilih perusahaan web hosting yang mana mereka saja juga reseller. Jadi mending pilih perusahaan yang memiliki server sendiri dan mengelolanya dengan baik.

Ya meskipun nanti urusan manajemen server Anda sendiri yang mengelolanya, tetapi masalah lain seperti maintenance hardware, backup kelistrikan, dll mereka telah menyediakan semua.

Khususnya Anda yang ingin reseller hosting Singapore atau US, sebaiknya juga bekerjasama langsung dengan perusahaannya langsung, ya mudahnya langsung tangan pertamanya. Jangan bekerjasama dengan reseller juga.

3. Memahami Pemasaran Digital

Bisnis reseller web hosting ini memiliki persaingan yang sangat tinggi. Jika Anda ingin bersaing di skala nasional saja, itu akan bertemu dengan pemain-pemain besar. Tapi itu tidak masalah, semua itu tergantung dari target pasar Anda dan cara pemasarannya. Jadi yang perlu Anda miliki juga adalah kemampuan pemasaran digital. Anda harus tahu bagaimana nanti mengoptimalkan website dari sisi SEO, memasarkan melalui Google Ads, Facebook & Instagram Ads.

Yang penting Anda bisa membranding bisnis Anda ini dengan baik. Meskipun baru sebatas reseller, tetapi jika branding Anda bagus, maka akan mendapatkan banyak pelanggan.

Selain itu sebaiknya Anda sasar pasar yang dekat dengan daerah Anda. Meskipun lingkupnya kecil, tetapi ini bisa memberikan impact yang bagus untuk bisnis Anda. Yang penting perbanyak dulu pelanggannya.

4. Memberikan Layanan Tambahan

Jangan hanya memberikan layanan web hosting saja, untuk mendukung pertumbuhan bisnis reseller hosting Anda ini, juga perlu memberikan layanan tambahan yang saling berhubungan. Misalnya saja jasa pembuatan website.

Menyediakan jasa pembuatan website ini sangat membantu untuk perkembangan bisnis Anda. Apalagi jasa pembuatan website ini sangat berhubungan. Dimana website masti membutuhkan web hosting.

Untuk layanan tambahan ini Anda bisa bekerja sama dengan pihak lain. Misal Anda punya teman yang bisa membuat website, ajaklah bekerja sama.

5. Berikan Layanan Pelanggan yang Maksimal

Bisnis hosting ini menurut kami sangat sensitif, apalagi kalau pasarnya Indonesia. Maksudnya sensitif itu begini, misal Anda punya satu pelanggan saja yang tidak puas dengan layanan Anda entah itu ketika ada trouble, Anda lama meresponnya, atau kualitas servernya sering down. Maka itu akan sangat cepat merusak nama brand Anda.

Jadi jangan sampai Anda melakukan kesalahan dan memberikan layanan yang kurang memuaskan kepada pelanggan Anda.

Ingat, pelanggan adalah raja. Jadi Anda harus memberikan service yang memuaskan.

***

Itulah beberapa tips untuk Anda jika ingin membangun bisnis reseller web hosting. Bisnis memang sudah banyak saingannya, tetapi keuntungan bisnis ini juga cukup besar. Dan jika mampu konsisten dan terus memberikan pelayanan yang bagus, bisnis Anda pun bisa berkembang. Sudah banyak kok pemain-pemain besar yang dulunya juga bermula dari reseller hosting, sekarang bisa memiliki perusahaan hosting yang besar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *