Home » BISNIS ONLINE » Ini Tahapan Jika Anda Ingin Memulai Jualan Online
Memulai Jualan Online

Ini Tahapan Jika Anda Ingin Memulai Jualan Online

ETALASEBISNIS.com – Banyak yang bilang jualan online itu gampang. Ya, itu memang benar. Sekarang ini punya barang apa saja terus ditawarkan di media sosial, pasti ada yang beli, meskipun cuma satu dua orang. Tapi paling tidak itu menggambarkan kalau jualan itu gampang.

Akan tetapi jika Anda memang ingin serius berjualan online, artinya ke depannya ingin berkembang dan menjadi fokus bisnisnya, maka persiapan yang harus dilakukan juga harus matang.

Lihat saja situs jualan online yang besar-besar itu, pasti mereka sudah punya rencana dan langkah-langkah yang akan dilakukan mulai membangun dari awal hingga mengelolanya ketika sudah besar. Anda pun juga harus seperti itu.

Baca juga : Etika Jualan Online Yang Perlu Anda Pahami

Artikel kali ini bukan bermaksud untuk membuat Anda menjadi pusing atau ribet mengurusi persiapan jualan online. Tetapi ini justru akan membuka pandangan Anda bahwa jualan online juga perlu persiapan. Sehingga ke depannya Anda tidak lagi bingung ketika usaha mulai berkembang.

Adapun langkah-langkah awal yang perlu Anda persiapkan adalah :

#1 Produk

Produk

image via digitalmarketer.id

Yang pertama tentu Anda harus punya produk yang akan dijual. Cari produk apa yang ingin Anda jual, dari mana mendapatkannya, bagaimana peminatnya, kepada siapa akan dijualnya.

Semua hal yang mengenai produk ini harus jelas. Sehingga nanti ketika Anda menjual tidak sekedar menjual saja, tetapi menjual kepada pasar yang memang cocok dengan produk Anda. Jualan online Anda pun akan efektif, tidak buang-buang waktu dan biaya.

#2 Stok

Stok Produk

Pikirkan juga soal stok. Apakah Anda ingin menyediakan stok yang banyak di awal jualan, atau hanya sedikit dulu sembari melihat respon pasar. Dan yang terpenting adalah Anda harus memastikan stok ada. Karena jika nanti produk Anda banyak diminati orang, maka distribusi stok harus banyak dan cepat. Agar konsumen tidak kecewa dengan ketersediaan barang.

#3 Sistem Pengiriman

Jasa Ekspedisi

Jualan online tidak mungkin Anda antar sendiri ke tempat konsumen. Ya kalau masih satu daerah tidak masalah bisa COD, tetapi jika sudah luar kota, provinsi, pulau, tentu Anda harus membutuhkan jasa pengiriman barang.

Meskipun sekarang sudah banyak jasa ekspedisi, tetapi Anda perlu memikirkannya. Anda bisa menggunakan semua jasa ekspedisi, tetapi akan lebih baik jika Anda mulai bekerja sama dengan jasa ekspedisi. Biasanya dengan menjadi pelanggan (member), Anda akan mendapatkan potongan biaya kirim. Sehingga ini akan menguntungkan Anda dan konsumen Anda.

#4 Media Pemasaran

Media Pemasaran Online

Sekarang ini media pemasaran online sangat banyak, diawal-awal Anda harus fokus dulu apakah mau dipasarkan melalui media sosial atau website (toko online). Karena beda media beda juga caranya. Misalnya saja Anda memilih media sosial, maka Anda perlu melakukan iklan seperti di Facebook Ads ataupun Instagram Ads.

Treathmentnya pun berbeda.

Masalah media pemasaran ini juga menyangkut ke biaya. Jika ingin melalui website, berarti Anda harus mengeluarkan biaya untuk membuat website/toko online, biaya optimasi, dan iklan. Begitu juga dengan media lain.

Baca juga : Bagaimana Menciptakan Strategi Pemasaran Word Of Mouth?

#5 Staff

Staff Online Shop

Bukan berarti di awal Anda harus memiliki staff/pegawai/tenaga pembantu, tidak. Tetapi ini adalah persiapan ketika nanti usaha online Anda mulai berkembang. Oke di awal-awal Anda bisa memulai mengelolanya sendiri, tetapi nanti ketika pesanan yang masuk sudah mulai banyak, dan Anda harus mengurusi ini itu, maka Anda harus mulai mencari staff untuk membantu usaha Anda.

Tidak perlu banyak-banyak, sesuaikan saja dengan kebutuhan, karena otomatis nanti Anda juga harus menggajinya, sehingga itu akan menambah pengeluaran. Tetapi tidak masalah jika omzet semakin melebar. Yang terpenting adalah jangan lupa untuk merekrut orang untuk membantu Anda.

Ingat, wirausaha itu adalah saling membantu. Dengan Anda merekrut orang, maka Anda juga membantu orang tersebut untuk mendapatkan rejeki dari usaha Anda.

#6 Kantor

Kios

Di awal-awal biasanya orang yang berjualan online bertempat di rumahnya sendiri. Ia menjadikan rumah sebagai kantornya. Ya itu tidak masalah. Akan tetapi jika usaha sudah mulai ramai dan berkembang, Anda harus memikirkan sebuah tempat usaha yang lebih nyaman. Mau di rumah tidak masalah, yang terpenting sediakan ruang untuk mengelola usaha Anda.

Apalagi jika Anda memang sudah dibantu oleh beberapa tenaga, maka Anda perlu memberikan tempat yang nyaman untuk mereka bisa bekerja dalam membantu usaha Anda.

Itulah beberapa tahapan ketika akan berjualan online. Apabila Anda sekarang baru memulainya, saran saya cukup pikirkan sampai poin 4. Nanti ketika sudah berkembang baru memikirkan poin selanjutnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, jangan lupa subscribe blog ini dan share artikel ini ke rekan-rekan Anda.

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eighteen − 9 =