Pengertian Konsinyasi Adalah? Ini Untung Rugi Bisnis Konsinyasi

  • Whatsapp

Pengertian Konsinyasi adalah bentuk kerja sama pemasaran produk yang dilakukan oleh produsen dengan mitra (penjual/penyalur) dengan cara titip barang di toko atau gerai milik mitra. Dengan cara seperti ini pihak produsen bisa memperluas pasar tanpa harus membuka outlet cabang baru. Kerja sama Konsinyasi seperti ini terbukti akan saling menguntung satu sama lain. Akan tetapi risiko juga ada. Untuk lebih jelasnya, silakan simak artikel di bawah ini sampai selesai.

Salah satu kerja sama bisnis yang dilakukan antar pebisnis (B2B – Business to Business) adalah Penjualan Konsinyasi. Sistem penjualan ini sudah banyak dilakukan oleh para pebisnis, salah satu yang kerap kita temui adalah bisnis fashion yang menitipkan produk bajunya di toko pakaian atau distributor outlet (distro).

Sistem penjualan Konsinyasi ini akan saling menguntungkan. Dari sisi pemilik toko, mereka akan mendapatkan tambahan stok produk beragam yang sudah didistribusikan dari produsen. Tentunya pemilik toko juga akan mendapatkan keuntungan dari setiap penjualan produk ini. Biasanya sistem penjualannya menggunakan sistem titip jual. Yakni pihak produsen menitipkan sejumlah produknya ke mitra toko, kemudian pihak mitra toko akan mendapatkan untung sekian persen per produk yang terjual sesuai dengan kesepakatan awal.

Nah dari sisi produsen, jelas ini juga menguntungkan. Karena mereka bisa memperluas pasar dengan mendistribusikan produknya ke berbagai mitra toko tanpa harus membuka outlet sendiri. Ini jelas akan menghemat biaya pemasaran.

Tapi ya tidak bisa asal dalam memilih mitra toko, karena harus disesuaikan juga dengan target pasarnya. Agar produk yang dititipkan di mitra toko juga bisa laku. Karena sistem penjualan Konsinyasi ini juga penuh dengan risiko. Untuk lebih jelasnya silakan simak di poin berikut ini.

Pengertian Konsinyasi
Image via vibiznews.com

Ada untung ruginya dalam penjualan konsinyasi ini baik untuk pihak pemilik produk maupun penyalur.

Keuntungan Penjualan Konsinyasi bagi Produsen :

  • Produk bisa dipasarkan leluasa di toko yang sudah memiliki pelanggan.
  • Tidak perlu mengurusi atau berjualan langsung ke konsumen (turun langsung).
  • Lebih bisa fokus mengelola kualitas produk.
  • Apabila menggunakan SPG, nanti si SPG lah yang ada pengelola penjualan di toko penyalur.

Baca juga : Tips Memasarkan Produk Melalui Konsinyasi

Kerugian Penjualan Konsinyasi bagi Produsen :

  • Apabila pemilihan penyalur (Toko) tidak sesuai, maka produk bisa saja tidak laku atau harus menunggu lama untuk bisa laku.
  • Kurang dipromosikan oleh pemilik toko jika pemilik produk tidak menyediakan SPG.
  • Untuk mendapatkan keuntungan harus menunggu sampai waktu yang telah ditentukan, entah itu per bulan atau sesuai kesepakatan.

Keuntungan Penjualan Kosinyasi bagi Mitra/Toko :

  • Mendapatkan keuntungan dari laba penjualan produk kosinyasi
  • Minim resiko, karena jika tidak laku produk bisa dikembalikan ke pemilik produk
  • Hemat biaya terlebih jika pemilik produk menyediakan SPG, maka SPG dibayar oleh pemilik toko.
  • Display produk di toko terlihat banyak

Baca juga : Cara Sukses Berbisnis dengan Sistem Konsinyasi

Kerugian Penjualan Konsinyasi bagi Mitra/Toko :

  • hampir tidak ada

Akan tetapi, kadang ada sistem penjualan Konsinyasi yang memberikan bentuk kesepakatan yang berbeda. Misalnya saja pihak produsen menitipkan produknya ke mitra secara gratis, tanpa mitra toko harus membeli produknya dulu. Tapi nanti pihak mitra toko (penyalur) akan diberikan target penjualan.


Nah, itu sedikit penjelasan mengenai Pengertian konsinyasi, semoga informasi mengenai sistem kerja sama penjualan konsinyasi ini bisa menjadi referensi untuk Anda yang ingin membuka usaha. Jika Anda ingin membuka usaha bidang kuliner, sistem penjualan konsinyasi juga bisa dicoba.

Tapi perlu diingat juga, sebaiknya jika Anda ingin melakukan kerja sama Konsinyasi, baik Anda sebagai produsen maupun mitra/toko, harus diperhatikan sistemnya nanti bagaimana. Khususnya dalam hal bagi hasil atau pengambilan keuntungannya. Karena ini tergantung dari kesepakatan bersama. Jangan sampai hanya sekedar melihat mudahnya kerja sama Konsinyasi, akhirnya Anda menghiraukan hal-hal yang vital seperti itu. Akan lebih baik ada hitam di atas putih.

Artikel ini dipublikasikan pada : 09/01/2016 @ 09:54

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 Komentar

  1. Sistem konsinyasi ini memang merupakan salah satu metode penjualan yang menguntungkan bagi kedua belah pihak, baik penjual maupun pemilik barang. Sangat cocok bagi pemilik barang yang produknya belum dikenal calon pembeli dan tidak memiliki tempat usaha sendiri.

    1. Kalau kita sebagai pemilik toko online, ya tinggal membuka fitur layanan titip produk (konsinyasi). Atau bisa langsung tawarkan ke pemilik produk.