Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

6 Tips Sewa Apartemen di Jakarta yang Hemat dan Nyaman

Tinggal di Apartemen saat ini sudah senyaman tinggal di rumah. Apalagi untuk Anda yang tinggal di kota besar seperti Jakarta, hunian berbentuk apartemen adalah solusi yang tepat. Namun, seperti hal nya properti lain, Apartemen juga memiliki nilai jual yang cukup tinggi, meskipun lebih terjangkau daripada membeli rumah.

Oleh sebab itu, sewa apartemen kini menjadi solusi untuk bisa tinggal di hunian modern yang populer ini. Simak tips sewa apartemen di Jakarta yang akan dibahas di artikel ini.

Tips Sewa Apartemen di Jakarta

Sewa Apartemen Jakarta

Perlu kita ketahui, berdasarkan Cost of living index (Indeks biaya hidup) Jakarta menempati posisi paling atas. Jakarta dikenal sebagai kota di Indonesia dengan biaya hidup termahal mencapai Rp 7 juta. Hal ini juga berpengaruh pada harga sewa apartemen di Jakarta.

Rata-rata harga sewa apartemen di Jakarta berkisar antara Rp 3 – 4 juta per bulannya. Jika Anda memang ingin tinggal di Jakarta dengan menyewa apartemen, maka sebisa mungkin harus menekan biaya hidup, termasuk dalam sewa properti.

Lalu apa yang harus dilakukan agar bisa tinggal di apartemen yang ada di Jakarta? Berikut ini, kami berikan tips sewa apartemen di Jakarta yang hemat dan nyaman :

1. Bijak dalam Memilih Lokasi Apartemen

Dalam sector properti, harga properti itu sendiri dipengaruhi oleh lokasi properti itu berada. Jika lokasinya di kawasan perkotaan seperti Jakarta, maka harga sewa apartemen di kawasan ini bisa jadi lebih tinggi dibandingkan kawasan lainnya.

Jika Anda ingin mendapatkan harga sewa yang lebih terjangkau dan cukup murah, maka coba untuk mencari lokasi apartemen yang tidak terlalu strategis. Namun, Anda juga jangan lupa untuk memperhitungkan biaya transportasi yang akan dikeluarkan jika tinggal di kawasan yang Anda pilih.

Jika setelah menghitung biaya transportasinya, ternyata biaya tersebut setara dengan harga sewa apartemenya, maka tips sewa apartemen di Jakarta yang tepat adalah dengan memilih apartemen yang ada di pusat kota, yang mungkin lebih dekat ke tempat kerja Anda, sekolah dan fasilitas umum yang diperlukan.

2. Cari Informasi Apartemen Sewaan Melalui Aplikasi

Jika Anda berasal dari luar Jakarta, untuk mencari apartemen di Jakarta tentunya perlu untuk mengeluarkan ongkos lebih banyak.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda coba untuk mendapatkan informasi tentang sewa apartemen di Jakarta melalui situs pencarian atau aplikasi khusus.

Sehingga, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya berlebih hanya untuk survey ke lokasi apartemen yang diinginkan.

3. Siapkan Dana Sewa Apartemen

Jika Anda sudah berhasil menemukan Apartemen dengan lokasi yang tepat melalui aplikasi khusus, maka tips sewa apartemen di Jakarta selanjutnya adalah menyiapkan dana.

Anda perlu memperhitungkan berapa harga sewa apartemenya untuk bulanan atau tahunan. Perhatikan juga harga tersebut dengan kelengkapan fasilitas apartemenya.

Setelah mengetahui persis biaya sewa apartemenya, maka Anda juga harus menyiapkan dana untuk jaga-jaga. Maksudnya, siapkan juga dana untuk melakukan renovasi, dana pindahan serta kebutuhan lainnya saat pindah.

Siapkan dana tersebut jauh-jauh hari sebelum Anda berniat untuk sewa apartemen. Siapkan uang DP untuk membooking sewa apartemenya (jika diperlukan).

Baca juga : Kiat Membeli Properti Dengan Aman & Harga Yang Worth It

4. Cermat Memilih Unfurnished atau Full Furnished

Penting bagi Anda yang akan melakukan sewa apartemen di Jakarta, untuk mengetahui tentang Unfurnished dan Full Furnished property.

Apartemen yang full furnished umumnya sudah lengkap dengan perabotannya dan memiliki harga sewa yang lebih tinggi dibandingkan apartemen yang kosong.

Jika Anda memilih apartemen kosong (unfurnished), sebaiknya Anda belanja perabot murah untuk apartemen Anda agar lebih hemat.

Memilih perabotan yang multifungsi untuk apartemen juga bisa menghemat biaya. Misalnya, Anda membeli tempat tidur dengan lemari penyimpanan , atau membeli sofa bed (Kasur dan sofa).

5. Patuhi Aturan yang Berlaku

Tips sewa apartemen di Jakarta yang tidak kalah pentingnya adalah mematuhi aturan yang berlaku saat menyewa sebuah apartemen.

Beberapa peraturan ini biasanya ditentukan oleh pemilik apartemen dan disampaikan kepada Anda sebagai penyewa.

Sebaiknya, agar bisa tinggal dengan nyaman di apartemen sewaan, Anda patuhi seluruh privasi dan peraturan yang berlaku dari pemilik apartemen tersebut.

6. Berhemat Makanan

Pengeluaran untuk membeli makanan sehari-hari, merupakan biaya yang paling besar, terlebih jika kita tinggal di apartemen yang cukup jauh ke pusat perbelanjaan.

Agar dapat hidup hemat dan nyaman selama tinggal di apartemen, maka kita harus berhemat untuk tidak terlalu sering membeli makanan di luar dan lebih fokus dengan membuat makanan sendiri.

Jika bingung memilih menu makanan, maka referensi memasak online dan artikel seputar dunia masak bisa jadi alternatif membuat makanan dan masakan sendiri.

Jika Anda sudah berniat untuk tinggal di Apartemen Jakarta, maka carilah informasi yang sebanyak-banyaknya mengenai apartemen yang disewakan beserta list harganya.

Dengan menjalankan tips sewa apartemen di Jakarta yang hemat dan nyaman, maka kita bisa tinggal di apartemen sewaan yang mungkin sudah lama diinginkan.



Baca Artikel dari Tags:

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.