Definisi / Pengertian Negosiasi, Kelemahan dan Tujuan Negosiasi

  • Whatsapp

Di artikel kali ini kita akan bahas tentang Pengertian Negosiasi dan Tujuan Negosiasi. Karena bagaimana pun juga sebagai seorang pebisnis kita harus punya pemahaman teknik negosiasi yang baik. Nah sebelum masuk ke teknik negosiasi dan bagaimana cara menangani keluhan pelanggan saat negosiasi, ada baiknya kita pahami dulu tentang definisi negosiasi yang benar. Intinya kita berkenalan dulu, negosiasi itu seperti apa dan bagaimana.

Apalagi buat yang baru berkecimpung di dunia bisnis, harus paham dulu soal ini. Sehingga nanti tahu harus melakukan apa. Dalam berbisnis, kita dituntut untuk bisa bernegosiasi dengan baik agar tercipta win-win solution. Apalagi negosiasi dengan klien harus bisa membual deal kerjasama bisnis.

Pengertian Negosiasi Ada Beberapa Macam

Pengertian Negosiasi
  • Negosiasi adalah suatu cara dalam menyelesaikan sengketa atau masalah yang paling dasar dan dilakukan secara sederhana serta tidak formal.
  • Negosiasi adalah suatu tahapan untuk mendapatkan kesepakatan antara pihak satu dengan lainnya.
  • Negosiasi adalah bentuk komunikasi dua arah yang dibuat untuk mencapai kata sepakat antara dua belah pihak yang mempunyai kepentingan sama ataupun yang berbeda, yang melibatkan pihak ketiga. Pihak ketiga bisa memiliki wewenang untuk mengambil keputusan maupun tidak.

Itu beberapa definisi negosiasi yang bisa kita pahami. Dari ketiga definisi tersebut, kita bisa ambil kesimpulan kalau Negosiasi ini adalah untuk mencapai kesepakatan bersama.

Dalam prosesnya, negosiasi kadang tidak berjalan mulus. Akhirnya perlu pihak ketiga sebagai penengah dan pemberi masukan untuk keputusan tanpa memihak salah satu pihak. Negosiasi ini memiliki karakter di mana masing-masing pihak memiliki kepentingan atau tujuan yang berbeda. Ya kalau sama, ngapain harus ada negosiasi, ya kan?

Kemudian ada proses tawar-menawar antar kedua belah pihak yang bisa saling menyesuaikan kondisi masing-masing. Di sinilah nanti akan muncul saling memahami kebutuhan dan bisa disesuaikan dengan kondisi yang ada. Dalam mencapai kesepakatan bersama, hasilnya harus sama-sama bisa diterima oleh kedua belah pihak atas dasar kepentingan yang sama dan tidak ada yang dirugikan.

Tujuan Negosiasi

Secara umum, tujuan negosiasi sudah kita tahu, apalagi setelah membaca pengertian negosiasi di atas. Tetapi ada beberapa tujuan negosiasi yang harus kita pahami, diantaranya :

  • Memberikan kesempatan kepada kedua belah pihak untuk menyampaikan pikiran dan pendapatnya agar bisa didengar oleh pihak lawan. Sehingga berharap nanti keputusannya tidak bertabrakan dengan isi hatinya.
  • Untuk menciptakan saling pengertian kepada kedua belah pihak tentang perbedaan pikiran dan pendapat yang dimilikinya.
  • Menjadi tempat untuk menyelesaikan masalah secara bersama.
  • Mendapatkan solusi yang terbaik dan bisa diterima oleh kedua belah pihak.

Kelemahan Negosiasi

Negosiasi itu memiliki kelemahan juga, meskipun tujuannya baik. Faktanya banyak yang tidak tahu kalau negosiasi memiliki beberapa kelemahan yang bisa memicu hal buruk, diantaranya :

  • Proses negosiasi tidak berjalan dengan baik karena itikad yang buruk dari salah satu atau kedua belah pihak.
  • Proses negosiasi terlalu berbelit-belit tidak efektif karena tidak ada pihak yang memiliki kewenangan, akhirnya sia-sia.
  • Proses negosiasi tidak berjalan baik karena kedua belah pihak memiliki posisi yang berbeda cukup jauh.
  • Kesepakatan yang dibuat tidak menguntungkan salah satu pihak.
  • Negosiasi bisa membuka rahasia salah satu pihak yang itu akan merugikannya.
  • Tidak bisa diselesaikan di wilayah hukum Indonesia jika terdapat masalah yang bersinggungan dengan aturan negara lain.

Dengan melihat kelemahan-kelemahan tersebut, kita bisa belajar agar proses negosiasi bisa berjalan dengan lancar tanpa halangan. Sehingga apa yang menjadi tujuan dari kedua belah pihak bisa sampai ke kata sepakat tanpa ada yang dirugikan.

Baca juga : Cara Membuat Klien Senang Saat di Kantor Anda

Apalagi jika negosiasi dalam hal urusan bisnis yang bersinggungan dengan uang, harus dilakukan dengan penuh keterbukaan. Bagaimana supaya proses negosiasi bisa berjalan dengan efektif? Ada beberapa syarat yang harus dilakukan. Tapi syarat itu tidak akan kami informasikan di artikel ini.

Kalau Anda punya pengalaman seputar negosiasi, silakan tulis di kolom komentar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *