Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Peluang Usaha Rental Kamera dan Tips Bisnisnya Agar Untung Maksimal

Usaha rental kamera belakangan ini muncul sebagai usaha di bidang jasa fotografi yang ternyata banyak diminati orang. Peluang usaha rental kamera kini semakin banyak bermunculan, khususnya di kalangan muda.

Hobi memotret kini sudah menjadi kegiatan yang menyenangkan dan wajib dilakukan di berbagai kondisi. Hal ini menjadi dasar meningkatnya kebutuhan seseorang untuk menyewa sebuah kamera.

Seperti kita ketahui, harga kamera digital dengan kualitas foto terbaik tidak murah. Selain itu, kita juga perlu maksimal dalam melakukan perawatan kamera agar tidak mudah rusak.

Tetapi, dengan memanfaatkan peluang usaha rental kamera, konsumen yang membutuhkan jasa ini akan sangat terbantu. Sedangkan, pihak penyedia usaha rental kamera juga akan mendapatkan keuntungan.

Peluang Usaha Rental Kamera

# Peluang Usaha Rental Kamera

Berbicara mengenai peluang usaha rental kamera, maka kita harus melihat dari 3 poin penting di dalamnya. Point tersebut adalah prospek usahanya, berapa modal dan keuntungan yang bisa didapatkan, serta apa saja hambatan dalam bisnis tersebut.

Prospek Usaha Rental Kamera

Prospek usaha rental kamera di era digital seperti saat ini, tentu sangat menjanjikan. Hal tersebut didukung oleh fakta bahwa di zaman modern sekarang ini, fotografi menjadi lumrah dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya seorang professional yang bisa memegang kamera, orang yang masih amatiran juga bisa menggunakannya saat ini. Melihat fakta tersebut, tentu saja peluang usaha rental kamera ini terbuka luas dan persaingan bisnis ini masih cukup kecil.

Keuntungan dan Biaya Modal Usaha

Mari kita langsung ke logika perhitungannya. Setidaknya, untuk memulai bisnis rental kamera ini, Anda  harus membeli kamera sebanyak lima buah. Misalnya, dalam satu hari bisa mendapatkan 5 orang penyewa dengan harga sewa per hari Rp. 50.000, maka omset yang didapatkan sebesar Rp. 250.000 per hari. Jika dikalikan dalam sebulan Rp. 7.500.000. Lumayan bukan?

Hambatan Bisnis Rental Kamera

Adapun hambatan bisnis dari peluang usaha rental kamera juga harus Anda pertimbangankan. Beberapa hambatan tersebut seperti kehilangan kamera dan kerusakan kamera yang disewakan. Jika kamera yang direntalkan sampai hilang, maka kerugian yang besar akan dialami, sebab harga kamera berkisar hingga puluhan juta rupiah. Namun, untuk hal kehilangan dan kerusakan karena konsumen, maka Anda bisa membebankan kerugian tersebut.

Baca juga : Peluang Usaha Jasa Foto & Video Aerial Dengan Drone

# Tips Bisnis Rental Kamera

Melihat tingginya peluang usaha rental kamera saat ini, tentunya Anda yang berminat untuk menekuni bidang ini ingin mengetahui bagaimana tips bisnisnya agar bisa menghasilkan keuntungan yang maksimal. Berikut ulasannya:

Tentukan Target Pasar

Untuk peluang usaha rental kamera ini, tentunya kita harus menentukan target pasarnya terlebih dulu. Umumnya, kalangan fotografer professional adalah target market yang tepat untuk usaha ini.

Para fotografer ini biasanya sudah mahir menggunakan kamera dan lensanya, sehingga tidak perlu khawatir akan mengalami kerusakan ketika disewakan. Selain itu, pengguna kamera amatiran juga bisa menjadi target peluang usaha rental kamera Anda.

Sediakan Berbagai Jenis Kamera Digital

Sebaiknya, Anda menyediakan berbagai jenis kamera digital untuk disewakan. Mulai dari kamera digital standar, hingga yang bagus yang sering digunakan para fotografer professional. Pilihan tersebut nantinya akan menarik minat calon penyewa rental kamera Anda.

Hindari Resiko Kerugian Semaksimal Mungkin

Membuka peluang usaha rental kamera seperti ini, harus bisa untuk menghindari resiko kerugian yang bisa terjadi, semaksimal mungkin. Caranya, Anda dapat memberlakukan syarat rental kamera kepada penyewa, Syarat tersebut berupa meminta KTP atau Identitas diri lainnya kepada penyewa.

Menerima Resiko Kerugian

Peluang usaha rental kamera memang bagus, Namun saat mengalami kerugian seperti kehilangan atau kerusakan kamera, kita harus sudah mengetahui resiko ini dari awal. Jika konsumen memang menimbulkan resiko ini, maka penggantiaanya dapat dibebankan kepada konsumen. Catat hal ini dalam perjanjian persewaan sebelumnya, agar lebih adil.

Lokasi Usaha yang Strategis

Dimana lokasi yang tepat untuk peluang usaha rental kamera seperti ini ya?  Tentunya, lokasi di pinggir jalan raya, yang ramai dan cukup padat, serta di tengah kota merupakan lokasi yang cocok untuk usaha rental kamera. Pelanggan pun akan lebih mudah menemukan jasa Anda.

Baca juga : Mengintip Bisnis Fotografi Di Sepanjang Jembatan Barelang Batam

Lakukan Promosi

Promosi untuk usaha rental kamera seperti ini dapat dilakukan secara offline maupun online. Dengan melakukan promosi yang maksimal kepada target pasar yang tepat, maka pelanggan akan datang dengan sendirinya.

Membuka Cabang di Kota Lain

Jika usaha rental kamera yang pertama Anda dirikan sudah ramai pelanggan, maka langkah selanjutnya adalah memperluas usaha Anda dengan membuka usaha sejenis di lokasi lainnya.  

Carilah daerah yang memang memiliki peluang usaha rental kamera yang baik. Hindari daerah yang memang sudah banyak mendirikan usaha sejenis, untuk mempekecil persaingan bisnis.

Dalam menjalani usaha di bidang jasa, seperti rental kamera ini, tentunya kita tetap harus semangat dan jangan cepat menyerah. Menjalankan usaha apapun, memerlukan tingkat kegigihan yang tinggi hingga mencapai kesuksesan yang diinginkan.

Dengan mengetahui peluang usaha rental kamera dan tips bisnisnya, semoga Anda bisa menjalankan bisnis ini hingga sukses.



Baca Artikel dari Tags:

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.