Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Belanja di Tokopedia Bayar di Tempat (COD)

Agak kaget ketika Tokopedia ternyata juga memiliki fitur layanan Bayar di Tempat atau Cash On Delivery. Mengingat beberapa waktu yang lalu, dalam sebuah event, pihak Tokopedia mengatakan kalau tidak akan menggunakan sistem Bayar di Tempat. Lalu mengapa sekarang malah membuka layanan ini?

Baca juga : Tokopedia Berkomitmen Tidak Menyediakan Layanan COD

Ternyata, sistem Tokopedia Bayar di Tempat ini hanya berlaku bagi pengguna baru saja. Yakni pengguna yang belum pernah melakukan transaksi pembelian barang di situs atau aplikasi Tokopedia.

Jadi layanan Bayar di tempat ini tidak bisa didapatkan oleh pengguna lama atau yang sudah pernah bertransaksi di Tokopedia sebelumnya.

Hal ini mengacu pada Syarat dan Ketentuan dari fitur Tokopedia Bayar di Tempat :

Pengguna yang belum pernah atau yang baru pertama kali melakukan pembelian Barang melalui Situs/Aplikasi diberikan kesempatan sebanyak maksimal 6 (enam) kali untuk menggunakan fitur Bayar Di Tempat.

Dengan adanya fitur Bayar di Tempat ini, memungkinkan pengguna baru Tokopedia bisa berbelanja barang dan membayarnya nanti setelah barang di terima.

Lalu bagaimana caranya?

Berikut langkah-langkah menggunakan Fitur Bayar di Tempat Tokopedia :

1. Cari produknya

Langkah pertama adalah mencari produk yang mendukung bayar di tempat. Karena tidak semua produk yang dijual di Tokopedia mendukung fitur ini.

Jadi Anda cukup cari saja produknya melalui kolom pencarian di Tokopedia, kemudian gunakan fitur Filter untuk mencari produk yang memiliki fitur Bayar di tempat.

Melalui menu Filter, silakan di bagian Penawaran pilih Bayar di tempat. Kemudian klik Tampilkan Produk.

Tokopedia Bayar di Tempat

Nah nantinya akan muncul hasilnya dan produk yang bisa dibayar dengan sistem Bayar di tempat, akan memiliki logo Bayar di tempat seperti ini.

2. Beli Produknya

Kalau produk yang dicari sudah ketemu dan memiliki fitur Bayar di tempat, langsung saja lakukan pembelian pada produk tersebut.

Lakukan prosesnya sesuai alur yang diminta, dan ketika Anda sudah masuk dalam tahap Checkout, fokus pada bagian Durasi pengiriman. Nah di sini Anda silakan pilih Ubah Durasi, kemudian pilih kurir yang memiliki keterangan (Tersedia Bayar di tempat).

Tokopedia Bayar di Tempat

3. Bayar Produknya

Kalau sudah dipilih yang ada keterangan Bayar di tempat, pastikan produk yang Anda beli semuanya mendukung bayar di tempat.

Kemudian lanjut ke tahap pembayaran. Saat konfirmasi pembayaran, silakan klik Bayar di tempat.

Tokopedia Bayar di Tempat

Dan proses transaksi Anda selesai.

Sampai di sini transaksi Anda sudah masuk ke penjual, dan tinggal menunggu penjual mengirim pesanan Anda saja.

Nanti kalau sudah sampai di alamat tujuan, Anda bisa bayar total biaya yang tertera kepada kurir.


Baca juga :

Perlu Anda tahu, maksimal jumlah pembelian yang bisa dilakukan menggunakan fitur Bayar di tempat ini adalah Rp 1 juta.

Kan di syarat tadi bagi pengguna baru akan mendapatkan 6x kesempatan fitur Bayar di tempat, nah ketika nanti sudah mencapai transaksi yang keempat, maka di transaksi keempat sampai keenam ini akan dikenakan biaya layanan sebesar 2.5% dari total transaksi.

Jadi kesimpulannya, fitur Tokopedia Bayar di tempat ini tidak sepenuhnya bisa dinikmati oleh semua pengguna. Hanya pengguna baru saja yang bisa menikmatinya. Itupun di transaksi pertama sampai ketiga gratis biaya layanan, sedangkan transaksi berikutnya hingga keenam akan dikenakan biaya layanan seperti yang sudah disebutkan tadi.

Untuk Anda yang belum pernah transaksi di Tokopedia, cara ini bisa dicoba untuk mendapatkan fitur Bayar di tempat.




One Comment

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.