Home » BISNIS ONLINE » Bagaimana Membuat Blog Untuk Pemasaran Bisnis Online?

Bagaimana Membuat Blog Untuk Pemasaran Bisnis Online?

Blog Pemasaran

Saya sangat merekomendasikan bagi para pelaku bisnis online baik itu yang menjual dalam bentuk produk barang maupun jasa agar membuat blog untuk pemasaran.

Mengapa harus membuat blog?

Blog sama seperti media sosial Facebook, Twitter, Instagram dan lainnya, yaitu sama-sama sebagai media. Nah, di dalam bisnis online kita akan mendapatkan kemudahan dalam mendapatkan jaringan pasar yang lebih luas dan beragam.

Baca juga: Pentingkah Perusahaan Memiliki Blog?

Dengan memanfaatkan berbagai media online yang ada termasuk blog, maka kita akan bisa menjaring pasar dari berbagai segmen. Ingat, pengguna Facebook, Twitter, Instagram, Blog masing-masing memiliki karakter yang berbeda-beda. Untuk itu, Anda wajib mengaktifkan media online tersebut agar bisa mendapatkan pasar yang lebih luas.

Kali ini saya akan sedikit menjelaskan bagaimana membuat blog yang ditujukan sebagai pemasaran bisnis online.

Sebenarnya secara teknik sama seperti membuat blog pada umumnya, tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar blog tersebut nanti bisa menjadi media yang tepat untuk membantu pemasaran bisnis online Anda.

Yang pertama adalah…

#Domain Blog

Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk membuat domain blog.

  • Anda bisa menaruh blog dalam satu domain utama atau dijadikan Sub Domain. Sehingga jika Anda sudah memiliki website utama untuk bisnis online, blog bisa ditaruh pada sub domain http://blog.domainutama.com.
    Dengan alamat seperti ini juga akan memudahkan orang dalam mengingat blog Anda. Selain itu, jika Anda orang yang datang ke blog Anda, secara tidak langsung juga akan melihat domain utama Anda www.domainutama.com, dan mereka bisa saja mengunjungi domain utama tersebut.
  • Membuat Fitur Blog pada website utama. Anda juga bisa menambahkan fitur blog pada website utama Anda. Sehingga nanti domain blog Anda tetap mengarah ke website utama, tetapi dalam path berbeda misalnya www.DomainUtama.com/blog. Model seperti juga baik untuk branding website utama.
  • Membuat Domain Sendiri. Anda juga bisa membuat domain sendiri khusus untuk blog Anda. Namun, dengan model sepert ini, tentu Anda juga harus melakukan update artikel secara rutin agar blog tersebut memberikan dampak positif untuk website utama Anda. Di dalam blog ini nanti, Anda juga menyisipkan banner, link, yang mengarah ke website utama Anda.

Yang kedua adalah …

#Konten Blog

Yang paling penting dalam blog pemasaran adalah isi atau kontennya. Konten harus selaras dan berhubungan dengan bisnis Anda. Misal bisnis Anda berjualan madu melalui toko online, berarti blog Anda juga harus berisi tentang madu, kesehatan, dan tips-tipsnya.

Konten artikel di blog inilah yang nanti akan menggiring para audience yang sebenarnya hanya ingin mencari informasi tetapi tertarik untuk membeli.

Jadi, jangan sampai membuat konten khususnya artikel yang asal-asalan untuk sebuah blog pemasaran.

Yang ketiga adalah…

#Cara Menulis Artikel

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa membuat artikel jangan asal-asalan maka cara menulis artikel juga harus diperhatikan. Ingat, blog pemasaran tidak hanya sekedar memberikan informasi tetapi juga konversi ke pembelian.

Anda bisa mempelajari tentang Copywriting, Blog Marketing, dan dan tentunya SEO.

Nah, menulis artikel yang SEO juga akan membantu dalam mendapatkan lebih banyak lagi calon konsumen. Apalagi jika website utama Anda hanya berupa Website Company Profile, tentu untuk memaksimalkan kata kunci sangat terbatas pada jumlah halaman. Keberadaan blog inilah yang bisa menarik banyak kata kunci yang berhubungan dengan bisnis Anda.

Yang keempat adalah…

#Jangan Lupa Dioptimasi

Blog untuk pemasaran harus dioptimasi khususnya dari sisi mesin pencari atau SEO. Jika website utama Anda hanya bisa ditargetkan untuk satu atau dua kata kunci saja, maka melalui blog pemasaran ini Anda bisa menargetkan banyak kata kunci yang relevan dengan website utama Anda. Sehingga blog ini juga benar-benar membantu dari sisi pemasarannya.

Jadi kesimpulannya adalah, membuat Blog untuk Pemasaran harus diperhatikan sejak awal pembuatan. Anda bisa memilih menempatkan blog dimanapun, entah itu sub domain, satu domain utama atau domain berbeda. Yang terpenting menurut saya adalah bagaimana konten artikel bisa Anda kelola dengan rutin dan tepat.

Di sini Anda bisa menyewa jasa penulis artikel untuk membantu dalam distribusi artikel blog pemasaran Anda. Sehingga pekerjaan utama Anda tidak terganggu. Karena blog untuk pemasaran juga perlu dikelola secara serius jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk mengembangkan bisnis online Anda.

Bagikan artikel ini :


One Comment

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *