Home » INSPIRASI » Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Memulai Usaha?
Memulai Usaha

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Memulai Usaha?

Banyak pertanyaan-pertanyaan klasik yang kadang justru menghambat kita untuk memulai usaha. Pertanyaan itu salah satunya adalah, “Kapan ya waktu yang tepat untuk memulai usaha?”

Kalau menurut EtalaseBisnis adalah : “Sekarang!

Ya, sekarang adalah waktu yang tepat untuk memulai usaha.

Lho kan kalau sekarang saya belum punya apa-apa? Modal belum punya, ide usaha juga belum ada? Lalu bagaimana?

Nah, itulah dia mengapa harus dimulai dari sekarang. Justru karena belum punya apa-apa, harus segera dicari dari sekarang.

Kalau memang tak punya modal (uang) ya coba cari sumber modalnya. Gali juga modal-modal yang lain, seperti ketrampilan yang dimiliki, koneksi jaringan pertemanan dan lainnya.

Gabung ke komunitas bisnis untuk bisa sharing bisnis apa yang cocok dengan Anda. Syukur-syukur Anda akan mendapatkan dukungan modal dari salah satu teman Anda.

Kita ambil contoh saja dari pengusaha-pengusaha ternama yang memang dulu ketika memulai usaha hanya modal nekat saja. Pastinya Anda tahu Colonel Sanders, dulu diusianya yang ke 60 tahun, ia pensiun dari tentara. Dan saat itu juga ia memulai usaha ayam gorengnya. Memang, diawal-awal banyak yang menertawakan. Tapi lihatlah sekarang, gerai Kentucky Fried Chicken (KFC) ada dimana-mana. Bayangkan saja jika dulu Sanders tak segera memulainya dan malu karena cibiran orang, pasti KFC tak akan pernah ada sampai detik ini.

Kalau kata Almarhum Bob Sadino, “Orang goblok itu nggak banyak mikir kalau mau usaha.”

Ini bukan masalah menjudge orang pintar dengan orang goblok. Tapi kita lihat dari sisi positifnya, bahwa orang ‘goblok’ saja memiliki pemikiran yang seperti itu ketika mau memulai usaha, masa orang pintar kalah dengan orang ‘goblok’?

Wajar jika memang risiko bisnis jadi masalah. Tapi tidak sepantasnya juga terlalu memikirkan risiko bisnis jika usaha saja belum berdiri.

Untuk itu lebih baik segera jalankan usaha dan belajarlah sambil menikmati arus bisnis yang ada. Tantangan itu wajar, sekarang tinggal mau atau tidak menerima tantangan itu.

Karena kalau terlalu banyak mikir, nanti yang ada malah hanya jalan ditempat dan usaha tidak akan berdiri. Akhirnya hanya jadi mimpi.

Sekarang tinggal menata mindset Anda saja.

Dan ketahuilah bahwa jika risiko usaha Anda besar, maka itu artinya keuntungan yang akan Anda dapatkan juga semakin besar. Jadi jangan sampai menunda-nunda untuk memulai bisnis sebelum Anda menyesal karena telah keduluan orang lain. Lalukan sekarang juga!

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × two =