5 Rekomendasi Buku Tentang Saham Buat yang Buta Saham!!

Buku Tentang Saham

Belajar tentang dunia saham bisa didapatkan dari berbagai sumber. Salah satunya dari beberapa buku tentang saham yang banyak membahas investasi saham dari para akhirnya.  

Saham yang merupakan salah satu bentuk investasi ini dianggap bisa memberikan keuntungan yang maksimal, jika kita sudah benar-benar memahami cara mengelolanya. Sebagai orang awam yang sama sekali belum mengerti tentang saham, kita bisa belajar tentang saham dari beberapa buku ini.

Apa Itu Saham?

Saham merupakan salah satu instrumen investasi. Berbicara tentang saham, berarti membahas bukti kepemilikan nilai dari sebuah perusahaan. 

Pemilik saham dalam perusahaan tersebut nantinya berhak mendapatkan dividen (keuntungan) dari jumlah saham yang dimilikinya.

Saham ini ternyata bisa diperjual belikan secara bebas di pasar modal. Kamu yang bersifat individu hingga kamu yang bekerja sama dengan sebuah badan organisasi bisa membeli saham dari perusahaan lainnya. 

Dengan memegang saham, Kamu juga bisa mengajukan klaim kepemilikan dari suatu perusahaan tersebut. Misalnya kamu membeli saham dari PT. Antam (tbk), maka kamu bisa mengklaim kepemilikan saham ini. 

Di zaman modern saat ini, Saham menjadi salah satu bentuk investasi yang mulai diminati oleh kaum milenial. Meskipun begitu, berinvestasi saham ternyata tidak semudah berinvestasi emas loh. Investasi ini perlu dipelajari secara mendalam, Agar kita bisa meraih keuntungan yang maksimal. 

5 Rekomendasi Buku Tentang Saham 

Seperti telah diulas sebelumnya, Bahwa investasi saham perlu dipelajari secara mendalam, maka kita bisa mempelajarinya dari berbagai buku tentang saham. 

Buku Tentang Saham

Buku-buku ini ditulis oleh para ahli investasi, sehingga kamu yang sama sekali gak ngerti saham, bisa mendapatkan pelajaran tentang investasi kekinian ini. 

Lalu apa saja rekomendasi buku terbaik tentang saham? Beberapa buku ini ada yang ditulis oleh penulis Indonesia, dan juga penulis dari internasional yang buku-bukunya sudah menjadi best seller di berbagai negara. Yuk simak ulasannya berikut ini:

Yuk Nabung Saham

Dunia saham di Indonesia mungkin memiliki pergerakan yang berbeda dengan dunia saham asing. Khusus orang Indonesia, Nicky Hogan akan membagikan pengalamannya tentang dunia saham di Indonesia. 

Dalam buku ini akan dibahas mengenai pentingnya memulai investasi khususnya bagi kaum muda yang masih pemula. Setelah membaca buku tentang saham ini, Kabarnya orang awam tidak akan takut lagi berinvestasi.

Who Wants To Be A Smilling Investor 

Buku yang memiliki cover menarik ini membahas tentang saham yang ditulis oleh Lukas Setia Atmaja dan Thomdean. Keunikan buku yang satu ini adalah jauh dari kesan “Boring”. Kamu akan disuguhkan dengan komik-komik berwarna tentang saham. 

Dengan pembawaan Bahasa yang menarik dan ringan, kamu akan dijelaskan mengenai mudahnya berinvestasi saham. 

Investory

Buku tentang saham berikutnya adalah karya Andhika Diskartes. Kamu yang memiliki minat untuk berinvestasi saham dan berkecimpung di dunia pasar modal, Buku tentang saham ini sangat cocok untuk menjadi panduan bagi kamu. 

Rich Dad, Poor Dad

Selanjutnya ada buku tentang saham karya Robert Kiyosaki yang pastinya sudah cukup populer ini. Buku ini juga menggunakan Bahasa yang menarik dan mudah  dimengerti. 

Buku ini akan mengajarkan kamu tentang bagaimana orang miskin kemudian dilatih untuk bekerja, Sedangkan orang Kaya bekerja untuk mendapatkan pengetahuan baru bagi mereka. 

Kamu juga akan belajar tentang mengelola keuangan  agar di masa depan bisa hidup dengan kondisi keuangan yang stabil. 

Pembahasan tentang saham pastinya sudah lengkap di buku tentang saham ini. 

Kamu akan belajar tentang cara investasi yang menguntungkan, dengan mengalokasikan uang kamu ke dalam tiga aset. Aset-aset tersebut adalah bisnis, properti dan saham pastinya.

The Intelligent Investor

Buku tentang saham berikutnya berjudul The Intelligent Investor, yang mana menjadi salah satu buku favoritnya Warren Buffet. Buku karya Benjamin Graham ini ternyata berhasil memotivasi Warren menjadi pengusaha sukses di usianya yang mencapai 90 tahun.

Menurut Warren, Buku tentang saham ini adalah salah satu buku investasi yang bagus untuknya. Salah satu hal yang menarik dibahas dalam buku ini yaitu tentang “Investasi nilai”. Investasi ini bisa melindungi para investor dari resiko besar seperti kehilangan uang. 

Buku ini juga akan mengajarkan kamu tentang cara menjalankan investasi jangka panjang yang menguntungkan. Yang paling penting, buku tentang investasi ini memberikan arahan kepadamu tentang cara membuat analisa dasar, sebelum kamu memutuskan membeli sebuah produk investasi saham.

Baca juga : 42 Istilah – Istilah di Bursa Saham yang Wajib Dipahami Para Pemula

Saham Memiliki Keuntungan dan Risiko

Setelah membaca beberapa rekomendasi buku tentang saham di atas, Kamu juga perlu tahu bahwa investasi saham memang menguntungkan, namun juga penuh risiko. 

Saham bahkan dianggap sebagai bentuk investasi yang risikonya paling tinggi, dibandingkan instrumen lainnya.  

Risiko kerugian yang umumnya sering terjadi adalah harga saham yang menjadi rendah, dibandingkan saat pembeliannya. Investasi ini akan semakin merugikan, ketika harga saham tersebut menurun tajam. 

Dengan membaca buku panduan tentang saham, Kamu bisa mempelajari saham dengan benar dan bisa meminimalisir risiko kerugian dari investasi saham tersebut. Selamat mencoba!

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *