Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Printer DTG, Printer yang Cocok untuk Usaha Sablon Kaos Satuan

“Seiring berkembangnya teknologi, sekarang ini sudah ada teknologi printer yang mampu untuk mencetak atau sablon kaos hanya dalam hitungan menit. Printer DTG adalah solusi bagi para pebisnis yang ingin fokus di bidang usaha sablon kaos satuan.”

Bisnis di bidang fashion khususnya kaos sablon itu sangat luas pasarnya. Ya meskipun kompetitornya juga banyak, akan tetapi tidak perlu khawatir untuk tidak laku. Tinggal Anda menentukan segment pasar yang lebih jelas lagi untuk memudahkan dalam pemasarannya.

Salah satu yang bisa dilakukan adalah membuka usaha sablon kaos satuan. Karena sekarang ini orang ini yang unik dan berbeda, sehingga mereka ingin punya kaos yang di desain sendiri dan tidak sama dengan kaos-kaos yang ada di pasaran.

Sayangnya pihak produsen kaos kadang menolak jika ada konsumen yang ingin memesan kaos satuan. Alasannya adalah tidak mau rugi. Sablon manual kalau hanya untuk menyablon satu kaos saja, jelas rugi. Tapi biasanya pihak produsen mensiasatinya dengan memberikan harga yang lebih tinggi.

Jika umumnya kaos sablon manual dijual dengan range harga kisaran Rp 40ribu – Rp 55ribu (minimal 12pcs pesanan), untuk pesanan satuan akan dikenakan biaya produksi Rp 70ribu ke atas.

Tapi masalahnya adalah dari sisi konsumen merasa terlalu mahal.

Printer DTG adalah Solusi Sablon Kaos Satuan

Printer DTG

Adanya perkembangan teknologi sangat membantu berbagai bidang, termasuk bidang fashion khususnya sablon kaos. Kalau dulu sablon kaos hanya bisa dilakukan secara manual, kini sudah bisa dilakukan dengan menggunakan printer, layaknya kita mencetak dokumen dari laptop ke printer.

Munculah alat yang dinamakan Printer DTG atau Direct To Garment.

Secara sistem kerja, printer ini hampir sama dengan printer-printer pada umumnya. Hanya yang membedakan adalah ukuran, komponen, tinta yang digunakan dan fungsinya.

Printer DTG ini adalah printer yang digunakan untuk sablon kaos secara digital printing.

Baca juga : Pilih Bisnis Kaos Sablon DTG Apa Kaos Sablon Manual?

Keunggulan Printer DTG

Karena menggunakan sistem digital printing, alhasil yang jadi keunggulan paling utama adalah bisa mencetak atau sablon kaos dengan cepat.

Pengguna cukup memasukkan media (kaos polos yang sudah disiapkan sedemikian rupa) kemudian dimasukkan dalam printer, tanpa menunggu waktu lama, proses printing akan bekerja dan kaos sablon pun jadi dengan cepat.

Ini memungkinkan untuk digunakan mencetak satu kaos saja. Jadi printer DTG ini solusi bagi yang ingin memiliki usaha sablon kaos satuan dan tak ingin rugi atau terlalu banyak mekanismenya.

Keunggulan lainnya adalah, karena ini digital printing, jadi bisa mencetak desain dengan kombinasi warna apapun. Bahkan untuk mencetak full color bisa, tak jarang yang ingin mencetak fotonya dikaos sehingga hasilnya seperti realistik.

Sehingga hasil sablonnya pun akan sesuai dengan gambar yang diinginkan.

Jika Anda sudah memiliki printer DTG ini, tak ada lagi jumlah minimal order yang perlu ditetapkan ke konsumen. Konsumen mau order berapa pun bisa saja. Tapi ya memang, dari segi harga produksi tidak bisa semurah yang sablon manual. Karena melihat aspek kecepatan, kualitas, dan lainnya, harga untuk satu kaos yang menggunakan printer DTG ini rata-rata kisaran Rp 70ribu per kaos.

Apakah sablonnya melekat kuat pada kaos?

Proses pencetakannya ini dari printer DTG langsung dicetak ke kaos, tidak ada perantara media apapun. Sehingga kekuatan lekatnya sangat baik. Apalagi setelah dicetak langsung dipanaskan dengan mesin heat press untuk membuat sablonnya benar-benar melekat kuat.

Baca juga : Bisnis Kaos Dengan Brand Sendiri? Coba Pakai Tips Ini

Kekurangan Printer DTG

Meskipun terlihat canggih, tetapi printer DTG ini juga memiliki beberapa kekurangan. Yang pertama dari harga printernya yang mahal. Tapi kalau ini disebut kekurangan ya tidak juga sih. Harga printer DTG saat ini mulai dari Rp 8 jutaan hingga puluhan juta, tergantung kualitas dan teknologinya.

Kalau melihat harga dan kelebihannya, menurut kami ini sih worth it. Ya terserta Anda mau dimasukkan dalam kekurangan atau tidak.

Harga tinta yang masih mahal juga jadi kekurangan. Apalagi tinta warna putih. Soalnya untuk kaos-kaos warna gelap (hitam, merah, biru,dll) itu butuh dasaran tinta warna putih agar hasil sablonnya bisa terlihat maksimal. Sehingga tinta ini harganya masih tinggi.

Jadi wajar kalau masalah harga jual kadang berbeda antara sablon kaos dengan kain warna gelap dan cerah.

Baca juga : 5 Poin Menentukan Harga Jual Kaos Distro

Tapi kami rasa masalah kekurangan dari segi harga ini tidak jadi masalah apabila Anda memiliki segmen pasar yang jelas dan promosi yang baik. Seperti yang sudah kami sebutkan di atas, bahwa sekarang ini banyak orang ingin terlihat berbeda. Dengan memiliki desain kaos yang unik dan berbeda, itu bisa jadi kebanggaan sendiri.

Nah inilah yang bisa Anda sasar. Tinggal bagaimana Anda mengelola bisnis sablon kaos dengan printer DTG ini agar benar-benar bisa ramai. Kalau bicara soal kualitas, printer DTG sekarang sudah bagus-bagus kualitasnya.



Baca Artikel dari Tags:

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *