Home » INSPIRASI » Mengapa Minimarket “Alfamart” dan “Indomaret” Sering Berdekatan?
Alfamart & Indomaret
sumber gambar www.arrahmah.com

Mengapa Minimarket “Alfamart” dan “Indomaret” Sering Berdekatan?

Apakah Anda pernah melihat ada dua minimarket ini letaknya berdekatan atau bahkan bersebelahan? Saya yakin Anda pernah melihat.

Tapi apakah Anda sadar mengapa kedua minimarket ini letaknya bersebalahannya? Padahal minimarket ini memiliki produk-produk yang sama dan target marketnya pun juga sama. Nah, inilah yang akan kita bahas di artikel kali ini.

Saya sendiri ketika berkendara di jalan raya (lintas kota lintas provinsi) sering mendapati kedua minimarket ini berdekatan satu sama lain, seperti orang lagi PDKT. hehehe.

Awalnya sih saya bertanya-tanya, kenapa kok berdekatan? Apa nggak malah nambah saingan? Kan produk-produk yang jual juga sama.

Tapi, saya mencoba untuk menelitinya menurut pandangan saya sendiri. Dan pada akhirnya saya mendapatkan jawaban yang tidak disengaja karena berawal dari pengalaman saya sendiri.

Jadi seperti ini…

Waktu itu saya sedang menuju ke kota sebelah, dan ingin mampir ke minimarket dulu buat beli air mineral. Sembari jalan, saya mengamati jika ada minimarket di depan saya.

Karena tidak terlalu fokus mengamati, akhirnya saya melewatkan satu minimarket yang pada waktu itu adalah “Alfamart“. Sebenarnya mau berhenti langsung balik arah, tapi karena itu jalan raya lintas kota yang ramai dan saya lihat di depan beberapa meter ada papan bernama “Indomaret“, akhirnya saya lurus saja dan memilih di Indomaret.

Eits, tunggu dulu. Ini bukan promosi Alfamart ataupun Indomaret. Cuma waktu itu kebetulan saja.

Dari pengalaman saya di atas, akhirnya saya mendapatkan satu alasan kenapa kedua minimarket ini bersebelahan. Pasti Anda juga sudah tahu kan salah satu alasannya?

#Faktor “Kesempatan”

Menurut saya, salah satu alasan utamanya adalah karena faktor ‘kesempatan‘. Seperti contoh kasus saya di atas, ternyata banyak orang yang ingin mampir ke minimarket tetapi justru banyak yang melewatkan, karena tidak fokus atau mungkin terjebak macet, atau tidak bisa berhenti pas minimarket pertama.

Nah, kesempatan inilah yang diambil oleh minimarket kedua dengan membangunnya di dekat minimarket pertama, tepatnya setelah minimarket pertama. Harapannya, jika ada pengendara yang melewatkan minimarket pertama maka akan menuju ke minimarket kedua tanpa perlu putar arah karena di depan juga ada minimarket.

Sebenarnya formatnya tidak hanya Alfamart dulu baru Indomaret, tapi saya juga sering mendapati Indomaret dulu baru Alfamart.

Jadi, kalau melihat kasus ini minimarket kedua belum tentu akan ‘sepi‘ begitu juga sebaliknya.

#Faktor “Lokasi Strategis”

Saya meyakini bahwa minimarket yang didirikan terakhir itu meniru minimarket yang didirikan pertama.
Misalnya gini, di pinggir jalan raya awalnya ada Minimarket A saja, lalu didekatnya ikut didirikan Minimarket B.

Nah, kenapa kok Minimarket B mendirikan di dekat Minimarket A?

Karena pemilik minimarket B merasa lokasi tersebut sangat strategis. Ingat, salah satu alasan mendirikan minimarket adalah lokasi harus strategis. Untuk itu, minimarket B tidak ingin kehilangan kesempatan ini. Apalagi mendirikan minimarket di pinggir jalan raya memiliki peluang yang besar.

Dan tentunya posisi minimarket B ini akan didirikan setelah minimarket A, seperti alasan pertama di atas. 😀

#Faktor “Keuntungan”

Bisa jadi alasan lain adalah karena faktor keuntungan. Karena mungkin saja kedua minimarket ini dimiliki oleh satu Franchisee. Sehingga mendirikan secara berdekatan tentunya bisa melipat gandakan keuntungan. 🙂

***
Itulah alasan mengapa kedua minimarket ini sering berdekatan. Dan sekali lagi ini adalah hasil dari opini dan pengamatan saya pribadi. Jika tidak benar dengan kenyataannya ya wajar. 🙂

Karena yang tahu hanyalah sang pemilik minimarket tersebut. Dan mereka memiliki strategi marketing yang sudah diperhitungkan dengan matang. hehe

Yang penting adalah kita bisa mengambil pelajaran dari kasus ini untuk mengembangkan bisnis kita. Tidak hanya bisnis minimarket, tetapi juga bisnis-bisnis yang lainnya. 🙂

Nah, kalau menurut Anda kira-kira apa alasannya kok kedua minimarket ini dibangun berdekatan. Silahkan kirimkan alasan Anda melalui komentar di bawah. 🙂 Terima kasih.

2 Comments

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 − one =