Home » BERITA » UKM » Google Luncurkan Program Gapura Digital Untuk UKM
Gapura Digital
Foto via @Google_IDN

Google Luncurkan Program Gapura Digital Untuk UKM

EtalaseBisnis.com – Indonesia masih membutuhkan pengusaha yang lebih banyak lagi dan saat ini tulang punggung bisnis di Indonesia bertumpu pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Perlu diketahu jumlah UKM di Indonesia sudah mencapai lebih dari 55 juta UKM dan akan terus bertambah dari tahun ke tahun.

Namun yang menjadi masalah adalah, masih banyak UKM yang belum melek teknologi dan cara memasarkan dengan benar. Sehingga hal ini membuat kurang bisa berkembangnya UKM yang ada di Indonesia secara maksimal.

Dari kualitas produk sebenarnya UKM di Indonesia sangat bagus, tidak kalah saing. Tetapi masalah-masalah seperti pemasaran, kemasan, dan modal masih menjadi tantangan yang harus dihadapi bersama.

Nah hari ini, Senin (15/5) bertempat di Jakarta, Google Indonesia telah meluncurkan sebuah program pelatihan yang dapat diikuti oleh UKM-UKM di Indonesia. Program ini dinamakan Gapura Digital.

Baca juga : 6 Pilar Membangun UKM Hingga Beromzet Rp 5 Milyar Per Tahun

Program Gapura Digital ini sebagai salah satu jembatan bagi UKM agar dapat memanfaatkan internet untuk mengembangkan usahanya.

Seperti dikutip dari Liputan6.com, menurut Managing Director Google Indonesia Tony Keusgen, mengatakan bahwa program ini tak lepas dari komitmen Google untuk mendukung program pemerintah Indonesia untuk menjadi negara dengan ekonomi digital di Asia Tenggara.

Sebenarnya pihak Google sendiri sudah memulai program pelatihan seperti ini sejak tahun 2014. Akan tetapi dulu masih sebatas program seminar, bukan workshop secara nyata.

Nah di tahun ini Google membuat kembali program ini dengan bentuk pelatihan yang diterbagi di beberapa kota di Indonesia.

Apa itu Gapura Digital?

Gapura Digital merupakan program dari Google untuk mendukung UKM yang ada di Indonesia agar dapat berkembang melalui digital. Akan banyak program pelatihan yang akan diberikan kepada para pelaku UKM, diantaranya mulai dari memahami tren digital terkini, bagaimana membangun sebuah portal usaha, hingga belajar mengenai SEO/SEM yang merupakan salah satu strategi marketing dalam bisnis online.

Menurut Head of SMB Marketing Google Indonesia Fida Heyder, program ini nantinya akan dilakukan di 10 kota di Indonesia untuk tahun ini. Dan sebagai permulaan, sekarang sudah dimulai di Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Sisanya juga akan diselenggarakan di Medan, Denpasar, Yogyakarta, Semarang, Malang, Makassar, dan Pontianak.

Asyiknya, program Gapura Digital ini dapat diikuti secara gratis oleh para pelaku UKM.

EtalaseBisnis sudah mencoba melihat websitenya di https://gapuradigital.withgoogle.com. Di website ini para pelaku UKM bisa melihat informasi seputar program pelatihan ini. Dan di website ini juga dapat mendaftar pelatihan yang diinginkan.

Dari pelatihan ini, nantinya para pelaku UKM juga akan mendapatkan sertifikat. Namun yang lebih penting adalah mendapatkan ilmu dan jaringan bisnis dari berbagai kalangan.

Baca juga : [Infografis] 7 Hal Yang Perlu Ada Pada Kemasan Produk Makanan UMKM

Salah satu peserta yang telah mengikuti program pelatihan dari Google ini adalah Nova Dewi, Pemilik Suwe Ora Jamu (Jakarta). Dia pun memberikan testimoninya dari program pelatihan ini.

“Keinginan untuk merubah jamu menjadi minuman yang disukai generasi muda membuat Nova Dewi memulai Suwe Ora Jamu. Berawal dari kafe, sekarang juga menyediakan ruangan untuk pertunjukan langsung, pemutaran film, dan tempat berjualan pengusaha UKM lainnya. Nova mengandalkan penyimpanan dokumen online Gdrive untuk memantau operasional bisnisnya melalui smartphone. Nova juga mulai menggunakan saluran video online untuk memberi informasi ke pelanggan tentang jamu dan cara menyiapkannya.” – Suwe Ora Jamu // Jakarta

Nah bagi Anda para pelaku UKM di Indonesia, ayo terus belajar agar bisa berkembang dan bersaing dengan dunia luar. Program Gapura Digital dari Google ini bisa Anda manfaatkan sebagai media pembelajaran yang baik dan efektif.

referensi :
– http://tekno.liputan6.com/read/2952092/dorong-ukm-melek-internet-google-buat-program-gapura-digital
– https://gapuradigital.withgoogle.com/

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × three =