Home » TIPS » Cara Sehat Jualan Sayur Matang Di Pinggir Jalan

Cara Sehat Jualan Sayur Matang Di Pinggir Jalan

Jualan Sayur Matang
Image via modal-ringan.blogspot.com

Sekarang ini orang yang jualan sayur matang dan makanan kecil semakin banyak. Apalagi di area perumahan yang notabene warganya adalah orang kantoran semua. Karena mereka tak sempat untuk memasak untuk keluarga atau mungkin bisa jadi belum bisa memasak. 🙂 Ini momen yang paling tepat untuk Anda gunakan berjualan sayur matang.

Sayangnya, saya sendiri sering melihat orang berjualan sayur matang dan aneka makanan kecil di pinggir jalan yang tidak menjaga sisi kebersihannya. Menjual makanan, terlebih sayur matang di pinggir jalan harus ekstra memperhatikan kebersihannya. Karena polusi dari asap kendaraan bermotor, bisa menempel di makanan itu. Yang lebih parah lagi, masih banyak konsumen yang tidak menyadari akan hal ini.

Nah, jika saat ini Anda ingin berjualan sayur matang ataupun sudah berjualan, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk jualan sayur matang di pinggir jalan.

1. Pakai Etalase Kaca Yang Tertutup

Taruhlah makanan Anda baik itu sayur atau makanan kecil lain yang tidak dilapisi oleh plastik ke dalam etalase yang tertutup. Dengan ditaruh di etalase yang tertutup, minimal dapat mencegah polusi masuk ke dalam makanan yang Anda jual.

2. Pakai Sarung Tangan dan Masker

Mulai saat ini Anda harus mengedukasi konsumen Anda tentang pentingnya menjaga kebersihan makanan. Pastikan Anda memakai sarung tangan dan masker ketika mengambilkan makanan untuk konsumen Anda. Jangan mengambil makanan pakai tangan kosong. Karena tangan Anda pasti akan digunakan untuk memegang uang, plastik dan lain-lain yang bisa menimbulkan kuman.

3. Konsumen Dilarang Mengambil Makanan Sendiri

Berikan informasi ini dengan jelas di papan informasi, bahwa konsumen tidak boleh mengambil sendiri makanan yang ingin dibelinya. Kalaupun ingin mengambil sendiri, sediakan tempat cuci tangan dan sabun cuci tangan.

4. Edukasi Konsumen Anda Dengan Pentingnya Menjaga Kebersihan Makanan

Anda bisa mencarinya di internet tentang hal ini. Lalu mencetaknya dan menempelkannya di dekat etalase jualan Anda. Sehingga para konsumen bisa lebih mengerti lagi tentang pentingnya menjaga kebersihan makanan.

Cara semacam ini mungkin awalnya akan terlihat aneh dan pasti ada konsumen Anda yang mengatakan sok bersih kepada Anda. Tapi tenang, jika Anda berjualan dan mengedukasi konsumen tentang pentingnya menjaga kebersihan makanan terutama sayur jualan Anda ini, bisa jadi konsep jualan sehat ini sebagai marketing jualan Anda.

Seiring berjalannya waktu, pasti banyak konsumen yang memilih membeli di tempat Anda karena terkenal dengan kebersihannya. Makanan boleh sama, makanan boleh enak, tapi cara penjualan dengan mementingkan aspek kebersihan dan kesehatan akan membuat Anda semakin disukai konsumen. Selamat mencoba!

Bagikan artikel ini :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *