Home » BISNIS ONLINE » Bagaimana Agar Konsumen Kembali Ke Toko Online Anda?

Bagaimana Agar Konsumen Kembali Ke Toko Online Anda?

Pelanggan Toko Online
Image from blog.tranyar.co.id

Seberapa sering sih konsumen Anda balik ke toko online Anda dan order produk-produk Anda kembali? Pasti Anda jarang memperhatikan hal ini. Anda hanya fokus pada jualan…jualan…dan jualan.

Padahal membuat konsumen agar bisa kembali ke #toko online Anda itu adalah sebuah prestasi. Itu artinya toko online dan apapun yang ada didalamnya memang sudah sangat bagus dan memuaskan bagi konsumen.

Sehingga konsumen pun tak keberatan untuk menjadikan toko online Anda sebagai salah satu toko favoritnya.

Dampaknya pun juga positif untuk perkembangan toko online Anda. Semakin banyak pelanggan, maka semakin banyak pula datang konsumen baru. Biasanya konsumen yang sudah menjadi pelanggan tetap, akan merekomendasi calon konsumen baru untuk membeli produk di toko online Anda. Karena mereka telah melakukannya.

So, mari buat konsumen kembali ke toko online Anda!

Berikan Kepuasan Kepada Konsumen Dengan Kualitas & Manfaat Produk Anda

Pelanggan Puas

Konsumen membeli produk Anda karena mereka butuh, bukan karena ingin menghambur-hamburkan uang saja. Mereka butuh karena produk tersebut memiliki nilai fungsi dan guna yang memang sedang diperlukannya. Untuk itu, pastikan produk Anda tidak hanya sekedar berkualitas, tetapi juga memiliki nilai guna yang tinggi.

Semua konsumen jika mendapatkan produk yang bagus dan berfungsi dengan baik, pasti akan puas yang tempat belinya. Secara tidak langsung toko online Anda akan diingatnya karena memiliki kualitas produk yang membuat konsumen bangga.

Buat Konsumen Tersenyum Dengan Pelayanan Anda

Pelanggan Senang

Selain produk yang berkualitas, Anda sebagai penjual juga perlu memberikan pelayanan yang baik. Jika Anda memiliki Customer Service, maka berikan pelatihan-pelatihan kepada CS Anda bagaimana melayani konsumen dengan baik dan membuatnya tersenyum.

Pelayanan tidak hanya komunikasi antara penjual dan pembeli saja, tetapi juga terhadap produk Anda. Misalnya Anda memberikan layanan purna jual semacam garansi, atau bisa juga layanan free ongkir.

Memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen akan membuat konsumen ingin bertransaksi lagi di toko online Anda. Karena mereka merasa mudah dan terbantu dengan belanja di toko online Anda.

Baca juga: Bagaimana Memberikan Pelayanan Terbaik Kepada Pelanggan?

Konsumen Suka Barang Murah, Berikan Diskon Meskipun Sedikit

Diskon Pelanggan

Image from kompasiana.com

Saya rasa semua orang ingin membeli produk dengan harga yang murah. Syukur-syukur dapat produk yang berkualitas dengan harga yang murah. Ya, meskipun kadar murah di sini hanya selirih beberapa ribu dari toko sebelah tapi ini membuat kesan ke konsumen.

Berikan saja diskon untuk beberapa produk atau semua produk yang ada di toko online Anda. Tentunya dalam memberikan diskon Anda perlu kalkulasikan terlebih dahulu, agar profit Anda tidak selisih banyak.

Tapi jangan khawatir, dengan memberikan diskon Anda bisa memaksimal faktor kali. Profit per produk sedikit tidak apa, tapi jika order meningkat 100% apa Anda tidak suka?

Masih Banyak Konsumen Yang Bingung Transaksi Online, Permudah Cara Order

Konsumen Order

Image from maxmanroe.com

Perlu disadari juga saat ini masih banyak masyarakat yang masih bingung cara belanja online. Iya, apalagi toko online yang memakai fitur keranjang belanja untuk proses order. Ini perlu diperhatikan. Sebaiknya Anda mulai review kembali proses order di toko online Anda. Buat agar sama-sama memudahkan, Anda sebagai penjual mudah mengelola order, konsumen pun juga mudah dalam melakukan order.

Karena banyak konsumen yang malas berbelanja di toko online karena ordernya rumit. Apalagi dukungan CS hanya sebatas penyedia informasi saja, buka tempat untuk transaksi.

Untuk hal ini, Anda bisa konsultasikan dengan pakar web desain. Bagaimana membuat website toko online dan proses order yang memudahkan konsumen.

Silahturahmi Mendatangkan Rejeki, Jalinlah Komunikasi Dengan Konsumen

Komunikasi Dengan Konsumen

Berjualan itu memang menyibukan, wajar jika tak mampu memperhatikan konsumen setelah melakukan order. Tapi cobalah untuk selalu berkomunikasi dengan konsumen melalui berbagai cara dan media. Ingat, komunikasi ini bukan promo produk terus, tapi berikan wadah untuk para konsumen Anda.

Misalnya saja menggunakan media BBM untuk media komunikasi. Bisa juga membuat grup online di Facebook atau komunikasi online. Di mana nanti benefitnya mereka yang tergabung di grup/komunikasi bisa mendapatkan promo diskon khusus dan lain-lain.

Baca juga: Cara Cerdas Memaksimalkan BBM Marketing Untuk Bisnis Online

Intinya berdayakan konsumen Anda agar database mereka tidak hilang begitu saja. Dan tentunya agar mereka bisa mengingat toko online Anda lagi dan lagi.



Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twelve − eleven =