Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

5 Tips Memilih Nama Domain untuk Bisnis Anda

Nama Domain Bisnis

Kita tahu banyak sekali merek-merek besar yang telah berhasil menggunakan namanya untuk menarik minat dan kepercayaan dari konsumennya. Ini dikarenakan nama perusahaan Anda adalah wajah dari merek bisnis Anda.

Merek bisnis adalah hal yang pertama kali akan dilihat dan didengar oleh calon konsumen sebelum mereka benar-benar mengenali produk atau jasa bisnis Anda. Jadi memilih merek atau nama bisnis yang menarik perhatian dan kredibilitas adalah yang paling penting.

Di era sekarang yang sangat kompetitif ini, nama ‘online’ bisnis Anda sama pentingnya di dunia nyata (offline). Sehingga penting bagi Anda untuk meluangkan waktu sejenak untuk melakukan riset sebelum benar-benar memilih nama domain bagi bisnis Anda.

Baca juga : Pengertian Domain & Web Hosting

Pertimbangkan 5 tips berikut ini agar membantu Anda dalam menentukan nama domain untuk bisnis Anda.

1. Pilih nama domain Anda sekarang

Segera pilih domain Anda sekarang, sebelum Anda mendaftarkan bisnis Anda. Karena jika Anda menunda nama domain yang nantinya akan Anda gunakan bisa saja sudah digunakan orang lain. Tidak perlu menunggu beberapa tahun lagi atau ketika akan meluncurkan situs web, daftarkan dulu saja nama domain Anda sebelum ada yang menggunakan.

2. Fleksibel dalam memilih nama

Ada yang bilang kalau domain harusnya berisi kata kunci, padahal tidak. Anda bisa sangat fleksibel dalam memilih nama domain. Ini bisa Anda lakukan seperti dengan menggabungkan lokal bisnis Anda, kata kunci, atau sebuah frasa yang unik.

3. Pikirkan untuk jangka panjang

Jangan memilih nama domain hanya asal-asalan apalagi untuk jangka pendek. Apalagi jika Anda punya pikiran ingin mengubah nama domain setelah nanti bisnis Anda sukses dan berkembang. Jangan seperti itu.

Dalam memilih nama domain pastikan Anda memikirkannya dan memilihnya untuk jangka panjang. Lebih baik saat ini meluangkan waktu sejenak untuk benar-benar mendapatkan nama domain yang tidak terbatas oleh waktu dan tidak membatasi skala bisnis Anda ketika sudah berkembang.

Salah satu contoh dalam memikirkan jangka panjang adalah misalnya tidak menggunakan nama daerah atau negara. Karena itu akan bermasalah ketika Anda nanti ingin membuka cabang di luar daerah atau luar negeri. Itu contoh saja.

4. Hati-hati dalam memilih ekstensi domain Anda

Ekstensi domain itu contohnya .com, .net, .biz, .id, .org, dll. Sekarang ini ekstensi domain sangat beragam, bahkan ada yang menarik-menarik. Akan tetapi apakah Anda yakin ingin menggunakan ekstensi domain yang ngetrend?

Saran kami lebih baik gunakan ekstensi domain TLD (Top Level Domain) yang sudah teruji, seperti .com atau .net. Ini sudah sangat cocok untuk kebutuhan bisnis.

5. Gunakan Layanan Domain Generator

Di internet sudah banyak layanan yang memberikan saran pemilihan nama domain. Coba gunakan itu, salah satunya adalah NameStudio.com. Anda bisa mencoba mengotak-atik nama domain yang sekiranya pas. Lakukan brainstorming untuk mudah mendapatkannya.

Jadi itu saja beberapa tips yang bisa Anda jadikan pertimbangan dalam memilih nama domain bisnis. Jika masih bingung, bisa tulis di kolom komentar.

Baca juga:

WhatsApp
Telegram


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *