Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

6 Cara Menghasilkan Uang Sebagai Digital Nomad

Dengan keterampilan yang mumpuni dan koneksi internet yang baik, Anda bisa menghasilkan uang di mana saja. Inilah yang menjadi kelebihan dari Digital Nomad. Kebebasan dalam bekerja dan berkarya mampu dilakukan tanpa harus terpaku pada satu ruang dan waktu.

Menjadi Digital Nomad memang menyenangkan. Anda bisa berlibur kapan saja, tanpa harus meminta izin kepada bos Anda. Karena bos Anda ya Anda sendiri. Kantornya adalah perangkat komputer dan internet yang Anda gunakan. Ketika siang hari mengantuk, Anda bisa tidur dan menyelesaikan pekerjaan di malam hari.

Baca juga : Apa itu Digital Nomad?

Sekilas memang sangat menyenangkan sekali menjadi Digital Nomad.

Baru-baru ini sebuah studi dari New York Times menemukan fakta bahwa sebagian besar industri sudah bisa menerima pekerjaan jarak jauh (remote working). Sehingga memungkinkan seseorang untuk bisa bekerja dengan perusahaan tanpa harus datang ke kantor. Anda bisa menjadikan rumah Anda sebagai kantor pribadi.

Namun, sebagian besar Digital Nomad bekerja untuk diri mereka sendiri. Dengan artian tidak berafiliasi secara resmi dengan perusahaan/industri lain. Ya meskipun nanti secara proses memang harus ada kolaborasi dengan pihak lain.

Digital Nomad bekerja secara online untuk menghasilkan uang. Dan banyak sekali bentuk pekerjaan yang bisa dilakukan.

Menjadi Digital Nomad

Bagaimana Anda bisa menghasilkan uang sebagai Digital Nomad ?

Apabila Anda sudah bertekad dan tertarik untuk menjadi Digital Nomad, itu sesuatu yang keren. Akan tetapi, bagaimana Anda melakukannya? Sebelum Anda memutuskan untuk melakukannya, ada dua hal yang perlu ditangani terlebih dulu.

Masalah Hutang & Pengeluaran. Jika saat ini Anda memiliki hutang dan cicilan yang banyak, maka akan sulit menjadi Digital Nomad. Ini hanya akan membuat beban Anda bertambah berat. Karena di awal-awal menjadi Digital Nomad, tidak akan membuat arus penghasilan Anda langsung lancar. Bisa saja Anda mendapatkan penghasilan selama tiga bulan, tetapi bulan berikutnya tidak mendapatkan. Jadi sebaiknya selesaikan dulu masalah hutang ini.

Penghasilan Anda. Menjadi Digital Nomad butuh proses, Anda perlu memikirkan penghasilan Anda. Bayangkan jika Anda sedang tidak mendapatkan penghasilan sementara Anda memiliki kewajiban pengeluaran yang harus dibayarkan. Atau ketika Anda sedang bepergian ke luar daerah, apakah Anda sudah menyiapkan dana cadangan. Penghasilan cadangan ini yang perlu dipersiapkan.

Jika kedua masalah di atas sudah ditangani, maka Anda bisa mulai fokus untuk mendapatkan penghasilan. Anda bisa memulai merencanakan sumber penghasilan dari mana, target berapa dan jangan lupa untuk memiliki penghasilan pasif (passive income). Digital Nomad harus memiliki penghasilan pasif dan sumber penghasilan lebih dari satu.

Dan berikut ini ada 6 cara yang bisa Anda lakukan untuk menghasilkan uang sebagai Digital Nomad.

1. Mulai Membuat Blog

Salah satu sumber penghasilan pasif yang bagus adalah melalui blog. Jika Anda sudah memahami masalah pemasaran online dan sudah bisa melakukannya dengan benar, Anda bisa memulai membuat blog yang di-monetize.

Anda bisa membuat blog, bisa lebih dari satu, dan nantinya akan terus menghasilkan uang meskipun Anda sedang tidak melakukan pekerjaan di blog tersebut. Semakin banyak blog, tentu akan semakin bagus. Meskipun hasilnya per blog sedikit, tetapi jika jumlah blog banyak, itu akan lebih berarti.

Baca juga : Mengintip Bisnis Online Para Blogger

2. Membuat Layanan Profesional

Jika Anda memiliki keterampilan profesional, Anda bisa membuat layanan yang sesuai dengan keterampilan tersebut. Misalnya saja menjadi seorang programmer, content writer, jasa akuntan, pengacara, dll.

Dan semua itu Anda bisa gunakan layanan online seperti Freelancer, Upwork, iWriter, Fiverr, dll untuk memasarkan jasa Anda. Atau membuat situs sendiri.

Baca juga : Beberapa Pengusaha Sukses Dunia ini Memulai Karir sebagai Freelancer

3. Menjadi Pemasar Digital

Kita tahu sekarang ini bisnis online sudah sangat pesat perkembangannya dan ini momen untuk Anda bisa terjun di dunia ini. Anda bisa menawarkan jasa pemasar digital dengan membantu orang-orang yang ingin memasarkan produk/jasanya di media sosial atau mesin pencari. Anda bisa menghasilkan uang dari sini jika Anda memang memiliki keahliannya.

4. Mempublikasikan e-book

Buku digital sekarang juga sudah tidak asing lagi, apalagi sekarang banyak orang menggunakan smartphone untuk banyak hal termasuk membaca. Anda bisa berbagi apapun itu melalui e-book kemudian diterbitkan melalui platform digital profesional, seperti Amazon Kindle Direct Publishing.

E-book ini bisa dijadikan sebagai penghasilan pasif untuk Anda. Karena Anda cukup menulis satu waktu saja, nanti siap menerima royaltinya kapan saja selama buku digital tersebut ada yang membelinya.

5. Membuat Kursus Online

Jika Anda memiliki minat dalam hal pengajaran, Anda bisa mengkolaborasikan status sebagai Digital Nomad dan pendidikan. Salah satunya adalah dengan membuat kursus online. Tentunya dengan bidang yang memang menjadi keahlian Anda.

Anda bisa membuat channel sendiri atau bergabung dengan situs kursus online seperti Udemy. Keuntungannya bergabung dengan Udemy dan sejenisnya adalah Anda tidak perlu memikirkan masalah penjualan dan pemasaran. Anda cukup fokus pada materi kursus yang ingin Anda ajarkan.

6. Jadi YouTuber

Anda bisa membuka channel YouTube dan memulai membuat konten yang unik. Menjadi Digital Nomad ketika membuat karya harus dipastikan untuk jangka panjang. Termasuk jika membuat channel YouTube, pastikan buat konten yang benar-benar profesional, menarik, unik, dan bukan konten sampah.

Karena jika konten video Anda nanti berkualitas, maka itu akan menjadi tayangan yang akan terus ditontoh oleh banyak orang. Dan ini akan bisa jadi penghasil pasif bagi Anda.



Baca Artikel dari Tags:

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *