Home » TIPS » Cara Cerdas Memaksimalkan BBM Marketing Untuk Bisnis Online

Cara Cerdas Memaksimalkan BBM Marketing Untuk Bisnis Online

BBM Marketing

Pastinya di smartphone Anda sudah terinstall Blackberry Messenger (BBM). Tapi sudahkah Anda memaksimalkan BBM untuk media marketing bisnis online Anda? Jika belum, maka Anda berada dibacaan yang tepat.

EtalaseBisnis.com kali ini akan memberikan tips bagi Anda dalam memaksimalkan BBM Marketing secara cerdas. Namun perlu diingat, cara ini bukanlah cara satu-satunya dan tidak 100% menjamin keberhasilan usaha Anda. Karena semua itu kembali lagi kepada Anda mengimplementasikan cara ini sesuai dengan keadaan bisnis online Anda.

Baiklah, saya harap Anda sudah tahu bagaimana mengoperasikan BBM dan fitur-fitur apa saja yang ada didalamnya. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

#1 Invite Kontak Yang Tertarget

Buat apa punya kontak BBM yang banyak tapi mereka tidak sesuai dengan pasar Anda. Untuk itu invite saja kontak yang memang sesuai dengan target market Anda dan suka dengan produk Anda. Lalu bagaimana caranya?

Caranya dengan mempromosikan PIN BBM Anda di toko online atau lapak jualan online Anda. Berikan informasi jika konsumen akan mendapatkan promo-promo spesial melalui BBM. Dengan seperti itu mereka akan tertarik untuk menambahkan PIN BBM Anda.

#2 Ganti Display Picture BBM Secara Rutin

Ketika Anda mengganti Display Picture BBM, maka akan secara otomatis tampil di kolom update. Itu artinya teman-teman BBM Anda akan melihat update DP BBM Anda. Untuk itu, cara ini bisa digunakan untuk promosi tanpa mengganggu mereka.

Baca juga: 3 Metode Internet Marketing Untuk Bisnis Online Anda!

Buatlah Display Picture yang menarik dan berisi promo produk Anda. Dengan memberikan promo maka teman-teman BBM Anda akan tertarik dan bisa jadi memesannya hanya melalui update DP BBM itu.

#3 Update Status Yang Berkualitas

Selain Display Picture, Anda juga bisa memanfaatkan fitur update status untuk mempromosikan produk Anda. Di sini Anda harus belajar kata-kata promosi agar update status BBM Anda terkonversi dalam penjualan. Ini penting.

Misalnya saja Anda memberikan promo diskon 40%. Kata-kata promosinya bisa seperti ini.

Diskon 40% Untuk Anda yang order sampai pukul 12.00 WIB. Telat 1 Menit saja promo hangus!

#4 Kirim Broadcast Message

Fitur broadcast bisa Anda manfaatkan untuk mempromosikan produk Anda. Tapi ingat, untuk broadcast ini Anda tidak boleh terlalu sering. Anda perlu mengatur waktu dan momen yang tepat. Karena jika terlalu sering, bisa saja Anda akan di Delete Contact karena mengganggu.

Untuk itu broadcast ini sebaiknya digunakan untuk media informasi yang penting saja. Misalnya ketika Anda sudah memiliki toko online sendiri, Anda bisa melakukan broadcast kepada teman-teman BBM. Atau ketika Anda akan off di BBM untuk sementara waktu.

Intinya jangan gunakan Broadcast secara terus-menerus apalagi hanya untuk promo jualan.

#5 Buat Group dan Channel

Buatlah group dan channel untuk pelanggan Anda. Ingat, jangan asal memasukkan teman-teman BBM Anda ke group. Sebelumnya Anda perlu melakukan broadcast jika Anda memiliki group yang fungsinya untuk ini dan itu. Jelaskan secara jelas fungsi keberadaan group itu.Dan jika ada yang tertarik gabung diharap untuk menghubungi Anda.

Dengan demikian maka orang-orang yang ada di Group dan Channel Anda adalah orang-orang yang memang berniat untuk gabung. Sehingga ke depannya tidak ada yang merasa risih dengan keberadaan group.

Saran saya adalah buat group sebagai media komunikasi dengan pelanggan, bukan jualan. Kesampingkan dulu jualan secara terbuka melalui group. Misalnya saja Anda berjualan fashion wanita, buat group yang isinya untuk media sharing tips berbusana atau share trend mode terbaru. Yang seperti ini justru akan berdampak positif untuk bisnis Anda.

#6 Tingkatkan Kredibilitas dan Kepercayaan

Anda bisa berkomunikasi dengan pelanggan Anda di BBM tapi bukan untuk jualan. Komunikasi dengan membahas hal umum akan meningkatkan kepercayaan pelanggan. Dan Anda pun juga akan diingat oleh pelanggan.

Anda juga bisa memposting status dan display picture dari testimonial pelanggan Anda yang lain. Dengan seperti itu maka akan membuat pelanggan lain akan semakin percaya.

Itu beberapa poin bagaimana memaksimalkan BBM Marketing untuk bisnis online Anda. Ingat, marketing tidak tidak harus jualan secara terbuka. Menjalin komunikasi dengan pelanggan adalah bagian dari marketing. Untuk itu jagalah komunikasi yang baik dengan pelanggan-pelanggan Anda.

Bagikan artikel ini :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *