Home » START UP » VIESCOLA, Menghubungkan Perguruan Tinggi di Indonesia
VIESCOLA Jejaring Sosial untuk Perguruan Tinggi

VIESCOLA, Menghubungkan Perguruan Tinggi di Indonesia

Seperti yang kita ketahui saat ini jumlah Perguruan Tinggi sudah berjumlah lebih dari 3000 termasuk negeri dan swasta. Jumlah itu akan terus bertambah seiring bertambahnya tahun dan semakin majunya sistem pendidikan di Indonesia.

Sayangnya belum ada wadah yang menyatukan universitas-universitas tersebut untuk berkomunikasi. Apalagi untuk kampus yang baru berdiri dan kesulitan untuk berbagi informasi dan pengetahuan. Sulitnya mengexplore pengetahuan yang satu rumpun ilmu dari mahasiswa dan dosen dengan kampus yang berbeda.

Sulitnya menghubungi dosen dan menemukan mahasiswa yang satu minat dan bisa saling berbagi. Juga dengan melihat kondisi sosial media yang ada saat ini lebih menonjolkan eksistensi, serta tidak adanya media yang mewadahi mahasiswa dan dosen dalam berinteraksi secara intensif maka terbentuklah Viescola.com.

Viescola merupakan aplikasi jejaring sosial berbasis web dan mobile yang spesifikasinya untuk Perguruan Tinggi. Aplikasi ini merupakan media bagi mahasiswa dan dosen untuk saling berbagi dan bertukar informasi. Fiturnya yang dapat menglasifikasikan Fakultas dan Program Studi semakin memudahkan pengguna untuk berinteraksi antar sesama mahasiswa atau dosen yang satu bidang dan satu jurusan. Dapat dengan mudah saling bertukar pikiran, pengalaman, keterampilan, kegiatan dan pengetahuan dari berbagai Perguruan Tinggi di pelosok negeri.

Viescola ini bukan hanya sekedar pembangun relasi dan asosiasi antar Perguruan Tinggi namun juga menjadi solusi bagi para civitas akademi untuk bersatu membangun tekhnologi dan negeri sesuai bidang dan ahli masing-masing.

Saat ini pengguna yang terdaftar di Viescola sudah mencapai 90 pengguna dari 19 Universitas di Indonesia. Strategi yang digunakan untuk mengundang para mahasiswa dan dosen hingga daftar ke Viescola adalah dengan diadakannya diskusi online yang menghadirkan dosen sebagai pemateri dan juga mahasiswa-mahasiswa sebagai peserta. Juga dengan mempromosikannya di berbagai sosial media dan situs yang berkaitan dengan mahasiswa dan dosen.

Target Viescola dalam waktu 3 bulan kedepan adalah 500 pengguna aktif dari 50 Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia. Strategi yang tim rencanakan yaitu dengan melakukan promosi ke berbagai media kampus baik secara offline maupun online. Diantaranya dengan melakukan edukasi langsung ke beberapa kampus di Jabodetabek, memasukan artikel tentang Viescola ke buletin, majalah dan mading kampus, serta ke website dan situs mahasiswa atau dosen.

Awalnya Viescola dibangun oleh 2 orang mahasiswa semester 5 yaitu Indah Nafidah Hayati dan Vera Ramdhani. Pembagian tugasnya berdasarkan bisnis dan tekhnologi. Namun kini Tim Viescola telah bertambah 2 orang untuk Spesialisasi Pengembangan Website dan Strategi Promosi dan Marketing.

Selama perancangan dan pengembangan tim mengalami kesulitan dalam melakukan riset secara langsung ke dosen-dosen. Untuk itu kami memanfaatkan riset kepada dosen tetap dan dosen sampingan yang mengajar di kampus, dan juga melakukan riset secara online ke beberapa dosen di kampus lain. Dan hambatan yang paling sering dialami oleh tim adalah pembagian waktu dengan projek-projek yang ada di perkuliahan di luar startup, maka sering kali kami merapatkan banyak hal secara online.

Untuk pengembangannya, Viescola juga akan membuka akses untuk Industri agar bisa bekerja sama dalam magang, kerja sampingan, ataupun melamar pekerjaan sebagai fresh graduate. Juga untuk menyalurkan proposal-proposal bisnis dan kegiatan dengan industri yang mau memberikan sponsor.

Selain itu akan disediakan fitur juga bagi para dosen dalam melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, dengan menyediakan sistemnya, partnernya atau tempat yang bisa ia jadikan untuk pengabdikan yang sesuai dengan bidangnya.

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four + seventeen =