Home » TIPS » Etika Jualan Online Yang Perlu Anda Pahami
Etika Jualan Online

Etika Jualan Online Yang Perlu Anda Pahami

Ketika Anda memutuskan untuk berjualan secara online, maka Anda juga harus memahami resiko dan tantangan yang akan Anda hadapi. Berjualan online sebenarnya sama saja dengan jualan secara offline. Tapi, melakukan transaksi jual beli secara online perlu memperhatikan kaidah-kaidah dan etika jualan online.

Karena berjualan online Anda tidak mengetahui secara pasti orang yang akan membeli barang Anda dan mereka juga tidak mengetahui diri Anda, maka etika ini sangatlah penting untuk bisa menumbuhkan rasa percaya (kredibilitas) dari konsumen terhadap bisnis online Anda.

Banyak konsumen yang gagal berbelanja secara online karena tidak percaya dan takut ditipu. Para konsumen sebenarnya tidak terlalu mempermasalahkan barangnya, asal barangnya sesuai dengan keinginan mereka maka akan dibeli. Tapi jika keyakinan dan kepercayaan mereka luntur terhadap penjual online, maka barang sebagus apapun tidak akan menariknya.

Baca juga: Bagaimana Memberikan Pelayanan Terbaik Kepada Pelanggan?

Untuk itu, Anda sebagai penjual online perlu memahami apa-apa saja yang menjadi etika berjualan online. Simak poin-poinnya di bawah ini.

#1 Selalu Ramah Dengan Semua Konsumen

Banyak sekali tipe dan karakter konsumen, sebagai penjual online Anda tidak boleh membeda-bedakan konsumen. Selalu berikan layanan yang ramah kepada semua konsumen. Meskipun pada kenyataannya ada konsumen yang bikin Anda jengkel.

#2 Jangan Berbicara Kotor Kepada Konsumen

Mungkin Anda akan mendapati konsumen yang kerjaannya hanya menawar dan menanyakan barang tapi tidak ingin membelinya. Atau ada konsumen yang menjelek-jelekan jualan Anda tanpa ada alasan tertentu. Jika demikian, sikap Anda harus tetap tenang dan jangan sampai Anda berbicara kotor kepada konsumen.

Sekali Anda berbicara kotor kepada konsumen, terlebih jika menghadapi konsumen yang “keras kepala” maka Anda akan tetap bersalah di matanya. Dan itu akan berdampak pada kredibilitas jualan online Anda.

#3 Tidak Menggunakan Data Pelanggan Untuk Hal Lain

Tidak dipungkiri bahwa dengan berjualan online maka Anda akan mendapatkan data-data pribadi dari pelanggan. Seperti Nama, Alamat, No Telepon, E-mail, dll. Data itu sejatinya diperlukan karena untuk proses transaksi jual beli dan pengiriman barang. Tapi ingat, jangan sampai Anda menggunakan data-data pribadi para pelanggan untuk keperluan lain.

Misalnya saja untuk di jual ke pihak lain, atau untuk kebutuhan di luar jualan online Anda. Privasi pelanggan harus Anda jaga.

#4 Selalu Panggil Dengan “Bapak atau Ibu”

Jika pelanggan Anda pria maka Anda bisa memanggilnya “Bapak”, jika wanita maka bisa dipanggil “Ibu”. Panggilan Bapak/Ibu adalah panggilan untuk menghormati pelanggan. Karena Anda juga tidak tahu usia pelanggan Anda. Namun, jika dalam berkomunikasi pelanggan ingin dipanggil Mas/Mbak, silahkan ikuti saran mereka.

Intinya gunakan sapaan “Bapak/Ibu” untuk menghormati mereka.

#5 Selalu Balas Pertanyaan Konsumen

Membalas pertanyaan konsumen adalah bentuk dari pelayanan dan etika Anda kepada konsumen. Meskipun ada konsumen yang bertanya di luar jam operasional, tetaplah jawab. Namun, Anda juga perlu memberitahu mereka kalau saat ini adalah jam operasional sudah tutup dan untuk transaksi akan diproses pada jam operasional. Dengan demikian Anda tak akan kehilangan konsumen karena komunikasi tetap terjaga.

Kalaupun Anda memang tidak ingin diganggu pada jam di luar operasional, beritahu konsumen dengan ramah jika saat ini pelayanan sudah tutup dan akan kembali buku keesokan harinya di jam operasional.

#6 Jangan Ikut Campur Masalah Pribadi Konsumen

Misalnya Anda mengetahui ada konsumen yang bermasalah dengan urusan pribadinya, jangan pernah untuk mencampurinya.

Etika adalah bagian dari layanan dan profesional kerja. Menjaga etika artinya juga menjaga umur usaha Anda.

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × 1 =