Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Apa itu Digital Nomad?

Digital Nomad merupakan istilah bagi orang yang ingin fokus bekerja secara lepas tidak terikat oleh ruang kerja maupun waktu dan sepenuhnya memanfaatkan teknologi dalam pekerjaannya tersebut.

Cirinya terletak pada pemanfaatan teknologi yang digunakan untuk bekerja dan berkarya. Dalam aktivitas sehari-harinya, Digital Nomad bisa bebas bekerja di mana saja dan kapan saja. Ingin mulai bekerja pada siang hari atau hingga malam tidak masalah dan tidak ada aturan yang melarangnya.

Dari segi istilah memang hampir saja dengan freelancer. Hanya freelancer masih tergolong umum dan luas. Jika Digital Nomad hanya berfokus pada pemanfaatan teknologi. Jadi bisa dikatakan Digital Nomad adalah bagian dari pekerjaan Freelance.

Digital Nomad

Seorang Digital Nomad tidak memiliki kantor tetap. Ya meskipun ada yang memiliki kantor pribadi, tetapi mereka bisa bekerja dimana saja. Tidak melulu harus di kantornya. Bisa saja mereka akan bekerja di sebuah cafe, coworking space, hingga di ruang publik sekalipun. Selama masih ada jaringan internet dan perangkat komputer untuk digunakan bekerja.

Biasanya seorang Digital Nomad akan memiliki pekerjaan yang sesuai dengan minat/bakat dan kesukaannya. Jadi mereka bekerja dengan sangat senang tanpa terbebani pekerjaan.

Lantas siapa saja yang bisa disebut sebagai Digital Nomad?

Tentunya yang pertama adalah para Freelancer, hanya saja mereka yang benar-benar bekerja dengan memanfaatkan teknologi, seperti penulis lepas, fulltime blogger, web programmer, designer, admin media sosial, dll.

Kemudian bisa juga seorang Profesional yang memang bekerja secara mandiri. Seorang Entrepreneur pun juga bisa dikatakan Digital Nomad jika dalam pengelolaan tim dan bisnisnya menggunakan perangkat digital.

Dan para YouTuber pun bisa juga disebut sebagai Digital Nomad.

Kelebihan dan Kekurangan Digital Nomad

Di era sekarang ini, banyak sekali Digital Nomad yang bisa kita temui. Tidak hanya di kota-kota besar, bahkan di daerah pun juga sudah banyak yang seperti ini.

Sama halnya dengan pekerjaan lain, menjadi Digital Nomad juga memiliki kelebihan dan kekurangan, diantaranya adalah :

Kelebihan Digital Nomad :

  • Bisa bekerja tanpa terikat oleh waktu. Baik jam kerja maupun hari kerja. Seorang Digital Nomad bisa bekerja saat liburan, dan tentunya bisa liburan kapan saja ketika orang lain sedang bekerja.
  • Memiliki penghasilan yang tidak terbatas. Artinya tidak ada batasan maksimal penghasilan yang didapatkan tiap bulannya.
  • Tidak harus ke kantor tiap hari. Meski ada yang punya kantor pribadi, tetapi mereka bisa bekerja di mana saja, termasuk di rumah.
  • Memiliki kebebasan dalam hal apapun. Bebas bekerja kapan dan dimana saja, bebas bisa bersosialisasi, bebas bisa bertemu keluarga kapan saja, bebas dalam hal finansial.
  • Memiliki koneksi dari berbagai daerah. Meskipun secara pekerjaan kebanyakan bekerja secara mandiri (independen), tetapi Digital Nomad bisa memiliki koneksi dari berbagai daerah bahkan dari negara lain. Hal ini salah satu keuntungan menggunakan internet untuk komunikasinya.
  • dll

Kekurangan Digital Nomad :

  • Tergoda oleh waktu. Karena waktu bekerja sangat fleksibel, sesukanya, jadi kadang ini membuat godaan sendiri. Sehingga kerap tidak bisa mengatur waktu dengan baik.
  • Penghasilan tidak tetap. Kalau menjadi pegawai bisa dapat penghasilan tetap tiap bulannya, maka Digital Nomad tidak. Tetapi bukan berarti penghasilan Digital Nomad sedikit. Kelebihan dalam hal penghasilan yang tidak terbatas, menjadi pelengkap di kekurangan ini.
  • Kendala jaringan internet. Salah satu media yang digunakan oleh Digital Nomad adalah internet. Tanpa internet mereka tidak bisa bekerja. Dan kendala jaringan internet khusus di Indonesia ini masih cukup tinggi. Tidak semua daerah memiliki jaringan internet yang bagus.
  • Pandangan negatif dari masyarakat awam. Bagi masyarakat awam dan memang mayoritas masyarakat sekarang ini masih banyak yang belum bisa menerima profesi seorang Digital Nomad. Sehingga ini kadang menimbulkan pandangan negatif dari masyarakat. Tetapi yang ini tidak perlu diperhatikan, karena juga tidak ada manfaatkan jika diperhatikan. Ini hanya masalah waktu saja.

Seperti itulah sedikit informasi mengenai pengertian Digital Nomad. Kira-kira apakah Anda ingin menjadi Digital Nomad di era digital sekarang ini?



Baca Artikel dari Tags:

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *