Cara Daftar Agen BRILink & Syarat Pendaftarannya

  • Whatsapp

Cara daftar agen BRILink itu mudah, tidak harus membuat badan usaha dulu. Karena untuk bisa menjadi Agen BRILink bisa dilakukan oleh perorangan. Tentu ini bisa dijadikan usaha sampingan atau pelengkap usaha yang sudah Anda miliki.

BRILink adalah kerjasama antara BRI dengan nasabah BRI yang nantinya nasabah bisa menjadi Agen agar bisa melayani transaksi perbankan untuk masyarakat dan dapat dilakukan secara real time. Sistem transaksinya ini memanfaatkan fitur EDC miniATM BRI, dan untuk penghasilannya menggunakan konsep sharing fee.

Siapa yang cocok jadi Agen BRILink?

Agen BRILink

Semua berhak untuk menjadi agen BRILink. Hanya saja memang perlu lokasi yang cocok. Mungkin kalau daerah Anda jauh dari ATM dan cabang BRI, ini lebih bagus. Mengingat masyarakat pedesaan itu biasanya menjadi nasabah BRI, jadi mereka pasti akan ada urusan transaksi yang bermacam-macam.

Kalau kalau ke ATM/kantor cabang BRI kok jauh, nah dengan adanya agen BRILink bisa sangat membantu. Inilah peluang usaha yang menarik untuk Anda.

Tetapi kalau daerah Anda juga sudah ada ATM maupun kantor cabang BRI, tidak ada alasan juga untuk tidak menjadi agen BRILink. Contohnya saja di daerah kecamatan saya. Di sini sudah ada ATM dan Kantor Cabang BRI, dan selang jarak 200 meteran ada agen BRILink.

Mengapa? Karena ATM dan kantor cabang BRI tersebut selalu ramai. Apalagi kalau mau ke ATM, antrinya banyak dan lama. Dan beberapa orang lebih memilih ke agen BRILink untuk transaksi untuk menghindari antri.

Produk dan Layanan BRILink

Ada 3 jenis produk dan layanan dari BRILink ini, yaitu :

  • Laku Pandai. Merupakan program dari OJK yang singkatan dari Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif. Dengan layanan ini memungkinkan setiap orang (nasabah) bisa mengirim atau mengambil uang tanpa harus ke bank. Yang bisa dilakukan dengan layanan ini adalah : Cash In & Out, Melihat Laporan keuangan, menyetor uang, tarik tunai, isi ulang pulsa, belanja di beberapa merchant.
  • T-Bank. Ini merupakan layanan keuangan digital dan produk uang elektronik yang berbasis server milik BRI. Nantinya menggunakan nomor handphone yang telah didaftarkan sebagai nomor rekening. Yang bisa dilakukan dengan layanan ini adalah : Setoran Pinjaman, Setoran Simpanan, Tarik Tunai.
  • Mini ATM BRI. Dengan bermodal mesin EDC (Electronic Data Capture), agen BRILink bisa melayani transaksi non tunai layaknya yang ada di ATM. Yang bisa dilakukan dengan layanan ini adalah : Registrasi Mobile Banking, Registrasi Internet Banking, Informasi Rekening, Transfer, Pembayaran, Isi Ulang Pulsa, dan Setor Pasti.

Nah dengan layanan-layanan di atas, tentu nasabah jika ingin bertransaksi tidak harus datang ke bank atau ATM lagi, apalagi jika lokasinya jauh. Menjadi agen BRILink ini tentu akan jadi pilihan yang solutip.

Baca juga : Bagaimana Cara Mengajukan Mesin EDC ke Bank?

Keuntungan Menjadi Agen BRILink

Apakah menjadi agen BRILink harus keluar modal banyak? Tidak. Anda tidak akan keluar modal banyak, bahkan Tanpa Modal. Karena peralatan seperti mesin EDC dan sistem lainnya sudah disediakan oleh pihak Bank BRI. Anda tinggal menggunakannya saja.

Selain itu juga Bebas Biaya Sewa. Ya, tidak ada biaya sewa sama sekali. Jadi Anda tidak perlu khawatir.

Dan keuntungan lainnya adalah Fee Kompetitif. Anda sebagai agen akan mendapatkan fee yang kompetitif dari setiap transaksi yang dilakukan oleh nasabah. Tentu ini menarik, tidak butuh modal, tapi Anda bisa mendapatkan keuntungan bagi hasil dari setiap transaksi.

Cara & Syarat Daftar Agen BRILink

Persyaratannya mudah jika Anda ingin menjadi Agen BRILink. Cukup siapkan dokumen berikut :

  • Fotokopi Dokumen Identitas Pribadi (KTP Pemilik/Pengurus) atau NPWP pemilik jika berupa badan usaha
  • Fotokopi bukti kepemilikan rekening. Bisa Buku Tabungan atau Rekening Koran.
  • Fotokopi Dokumen Legalitas Usaha. Kalau Anda adalah individu bukan usaha yang berbadan hukum, Bisa berupa Surat Keterangan Usaha dari RT/RW/Desa/Kelurahan. Kalau usaha Anda berbadan hukum, harus melampirkan SIUP, SITU, TDP, dan Akte Pendirian.
  • Dokumen Pengajuan Agen BRILink. Bisa didapatkan di bank BRI terdekat.

Kalau kelengkapan semua dokumen sudah ada, bisa langsung diajukan ke Unit Kerja BRI terdekat.

Baca juga : Syarat KUR BRI (Kredit Usaha Rakyat) yang Wajib Anda Tahu

Seperti itulah caranya. Sangat mudah. Untuk lebih jelaskan silakan langsung tanyakan ke kantor BRI terdekat terkait kerjasama agen BRILink ini. Terutama untuk masalah dokumen perizinan usaha, dll.

sumber : https://bri.co.id/tentang-brilink

Jual Madu Klanceng Trigona Murni, Langsung dari Pembudidaya Lebah Trigona organik. Pesan di sini!
---------------
Join Telegram Channel EtalaseBisnis.com. Dapatkan update artikel bisnis terbaru langsung dari Telegram kamu >> Gabung Telegram Channel

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *