Home » PERBANKAN » Nasabah BRI Dihimbau Untuk Waspada Ketika Transaksi Via Internet Banking

Nasabah BRI Dihimbau Untuk Waspada Ketika Transaksi Via Internet Banking

Internet Banking BRI
Image via jombloati.wordpress.com

EtalaseBisnis.com – Maraknya aksi pembobolan rekening yang dilakukan melalui internet banking seperti yang dialami beberapa nasabah Bank BCA dan Mandiri, membuat pihak PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk juga turut mengimbau kepada para nasabahnya untuk selalu waspada.

Internet Banking memang celah yang paling mudah digunakan oleh oknum tidak bertanggung jawab untuk mencuri dana para nasabah.

Pertumbuhan teknologi informasi yang semakin pesat selain bisa dijadikan sarana yang mudah untuk para nasabah, dilain sisi juga bisa dimanfaatkan oleh pelaku-pelaku kejahatan di ranah dunia maya.

Seperti dilansir dari Bisnis.com, Rabu (22/4), Corporate Secretary BRI Budi Satria mengatakan modus yang biasa ditemui adalah bentuk kejahatan yang mana pelaku membuat sebuah website replika yang seperti website internet banking sebuah bank.

Sehingga bagi orang awam, modus kehajatan seperti ini banyak sekali luput dari pandangan jika tidak teliti dalam mengamati URL situs website internet banking maupun tampilannya.

Tindakan phishing seperti ini memang kerap terjadi dan akhir-akhir ini muncul tindakan phising berapa permintaan ‘Additional Verification’ di halaman setelah user login. Bagi masyarakat awam yang tidak mengerti tentu akan mengikuti perintah tersebut dan melakukan verifikasi melalui tokennya. Dan setelah dimasukkan maka seluruh saldo yang ada lenyap begitu saja.

“Pada tahap tersebut, nasabah perlu berhati-hati. Jangan melanjutkan transaksi apabila muncul kolom permintaan ‘additional verification’ atau muncul halaman yang tidak seperti biasanya,” saran Budi untuk para nasabahnya.

Untuk mencegah dan menindak hal-hal yang tidak diinginkan, kini pihaknya telah bekerjasama dengan Kepolisian RI untuk terus membantu mensosialisasikan kepada masyarakat tentang transaksi yang aman khususnya melalui internet banking.

Budi juga menjelaskan jika ada nasabahnya yang ingin mendapatkan informasi yang lebih akurat atau melaporkan kejanggalan yang ada bisa menghubungi call center BRI di 14017.

Bagikan artikel ini :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *